Cara Menghapus Perlindungan Tulis dari USB

stik memori
USB dan perangkat penyimpanan data serupa yang dapat ditransfer sangat nyaman jika Anda ingin foto, media, atau file kerja Anda siap digunakan. Sudah cukup lama sejak perangkat penyimpanan ini menjadi metode paling umum untuk menyimpan data digital. Namun, terkadang Anda tidak dapat mentransfer file ke USB karena proteksi penulisan diaktifkan.

Upaya penulisan yang gagal bisa sangat merepotkan pada stik USB. Untungnya, ada metode cepat dan mudah untuk menyelesaikan masalah perlindungan penulisan, baik Anda menggunakan PC Windows atau Mac. Bahkan ada solusi jika Anda menggunakan Chromebook.

A Universal Solution

Sebelum kita membahas detail tentang penghapusan perlindungan tulis di sistem operasi yang berbeda, ada satu hal yang harus diperiksa terlebih dahulu. Beberapa unit penyimpanan data memiliki sakelar fisik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan proteksi penulisan.

Ambil stik USB yang Anda coba tulis dan cari sakelar itu, biasanya terletak di samping, dan mungkin juga diberi label sebagai “Kunci” atau “Perlindungan Tulis.” Pindahkan ke posisi lain, masukkan kembali, lalu transfer data ke memory stick lagi.

Jika berhasil, masalah Anda terpecahkan, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah memastikan sakelar tidak secara tidak sengaja dipindahkan ke posisi yang salah lagi . Jika tidak ada sakelar (paling umum), atau Anda masih tidak dapat menulis ke USB, Anda harus menggunakan metode lain. Mari kita mulai!

Hapus Proteksi Tulis USB menggunakan Windows

Ada beberapa cara untuk menghapus proteksi tulis dari stik USB jika Anda memiliki PC Windows. Mari kita lihat beberapa di antaranya sekarang.

Nonaktifkan Bitlocker untuk Menonaktifkan Perlindungan Penulis

Sejak Windows 7, BitLocker telah diintegrasikan ke dalam OS untuk melindungi data Anda dengan enkripsi. Perangkat lunak ini terutama digunakan untuk drive internal, tetapi juga dapat mengenkripsi stik/drive USB. Bitlocker dimatikan secara default, tetapi Anda mungkin telah mengaktifkannya sebelumnya dan melupakannya, atau orang lain yang melakukannya.
Cara Mematikan BitLocker pada USB StickBuka “File Explorer” dan cari perangkat penyimpanan yang Anda pikirkan. Jika ikon memiliki gembok, BitLocker telah diaktifkan untuk perangkat. Klik kanan pada ikon dan buka “Kelola BitLocker.” Langkah ini membawa Anda ke jendela BitLocker Drive Encryption, di mana daftar semua unit penyimpanan dan status enkripsinya ditampilkan. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mengklik drive USB yang dilindungi dan pilih “Turn Off BitLocker.” Status menunjukkan bahwa perangkat sedang didekripsi dan, setelah selesai, BitLocker dimatikan.
Setelah Anda menonaktifkan BitLocker, coba salin sesuatu di stik USB lagi dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

Gunakan Diskpart untuk Menonaktifkan Perlindungan Tulis

Diskpart is alat perintah yang memungkinkan Anda mengelola semua unit penyimpanan yang terdeteksi oleh komputer. Untuk menghapus proteksi penulisan menggunakan Diskpart, ikuti langkah-langkah berikut:
Pertama-tama, periksa dan ingat (atau tulis) kapasitas penyimpanan perangkat USB. Saran ini berguna nanti. Setelah Anda mengkonfirmasi batas ruang, colokkan stik USB ke port komputer. Luncurkan “Command Prompt.” Anda dapat melakukan ini dengan menekan “tombol Windows + R” dan mengetik “CMD” atau mencari Command Prompt dari “Start Menu.” Jika Anda melihat pesan “Akses ditolak”, klik kanan pada Command Prompt dan pilih “Run as Administrator.” Di Command Prompt, ketik “diskpart” dan tekan “enter.” Kemudian, ketik “List disk” dan tekan “enter” lagi. Anda akan melihat daftar semua disk penyimpanan memori, bernama Disk 0, Disk 1, dan seterusnya. Langkah ini adalah di mana Anda akan memerlukan informasi kapasitas untuk mengidentifikasi perangkat USB Anda. Bandingkan dengan kolom “Ukuran”, dan Anda akan menemukan nomor disk. Ketik “Pilih disk #”, di mana “#” adalah nomor disk. Misalnya, jika USB Anda adalah Disk 1, ketik “select disk 1” tanpa tanda kutip, lalu tekan “enter.” Ketik “Attributes disk clear readonly” dan tekan “enter.” Ya, “atribut” memiliki “s” dan “readonly” adalah satu kata. Akhirnya, tunggu penghapusan proteksi penulisan selesai, ketik “Exit”, lalu tekan “enter” untuk menutup jendela command prompt. Restart PC Anda dan coba tulis lagi di stik USB setelah sistem di-boot ulang.
Gunakan Registry Windows untuk Menonaktifkan Write Protect

Jika Anda bukan pengguna berpengalaman, masuk ke Registry tidak disarankan. Masukan yang salah di sini dapat sangat memengaruhi kinerja sistem Anda atau bahkan membuatnya tidak responsif. Jangan khawatir. Bahkan jika Anda tidak terbiasa dengan fitur tersembunyi, Anda akan dapat menghapus perlindungan penulisan jika Anda mengikuti metode kami dengan sangat hati-hati. Pastikan untuk tidak melakukan tindakan apa pun selain langkah-langkah yang ditentukan di bawah ini.
Hubungkan perangkat penyimpanan yang dapat dilepas ke PC Anda, ketik “regedit” di Bilah Pencarian Cortana, lalu pilih aplikasi “Registry Editor” dan klik “Buka.” Klik simbol “chevron menghadap ke kanan” (kurung siku) di sebelah “HKEY_LOCAL_MACHINE” di bilah sisi kiri untuk memperluas struktur direktori folder itu. Ulangi prosedur “Langkah 1” untuk folder “SYSTEM” untuk memperluasnya, lalu lakukan hal yang sama untuk “CurrentControlSet.” Jalur lengkap sejauh ini seharusnya “HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM -> CurrentControlSet.” Ulangi prosedur “Langkah 1” lagi untuk memperluas folder “Kontrol”, lalu konfirmasikan apakah “StorageDevicePolicies” ada. Jika tidak, lanjutkan ke “Langkah 5” untuk membuatnya sendiri. Jika tidak, lewati ke “Langkah 7.” Klik kanan folder “Kontrol”. Pilih “Baru” dan pilih “Kunci”. Langkah ini akan membuat subfolder baru di bawah “Kontrol.” Ubah nama folder yang baru dibuat menjadi “StorageDevicePolicies.” Sekarang, klik kanan pada “StorageDevicePolicies,” pilih “Baru,” lalu pilih “Nilai DWORD (32-bit).” Beri nama entri baru “WriteProtect” tanpa tanda kutip atau spasi. Klik dua kali pada “WriteProtect” dan ubah “Value Data” menjadi “0” dan “Base” menjadi “Hexadecimal.” Klik “OK,” keluar dari Registry, dan mulai ulang komputer Anda.
Setelah reboot, periksa apakah USB sekarang beroperasi sebagaimana mestinya. Metode ini menonaktifkan proteksi penulisan pada semua drive Anda, jadi ini akan membuat USB Anda dapat ditulis kembali. Berhati-hatilah karena mengedit Registry Windows sendiri dapat mengacaukan komputer Anda, jadi setelah Anda mengikuti petunjuk kami, sebaiknya jangan mengunjunginya kembali.

Menghapus Perlindungan Tulis di Mac

Fleksibilitas yang jauh lebih sedikit saat menyelesaikan masalah perlindungan tulis di Mac versus di jendela. Anda hanya memiliki dua opsi yang tersedia—satu untuk unit penyimpanan yang tidak dapat ditulisi karena kesalahan pada perangkat, sementara yang lain melibatkan pemformatan drive.

Opsi 1: Perbaiki Izin

Izin untuk drive USB Anda mungkin salah, menyebabkannya menjadi write-protected. Jika itu masalahnya, Anda harus mencoba memperbaiki kesalahan menggunakan “Disk Utility.” Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah sederhana ini:
Setelah mencolokkan perangkat USB, buka “Utilitas” dan pilih “Utilitas Disk.” Temukan drive yang ingin Anda perbaiki di bilah sisi kiri dan pilih. Klik “Pertolongan Pertama” ”, tunggu hingga pemindaian selesai, lalu pilih “Perbaiki Izin Disk.”
Jika kesalahan ada pada pengaturan izin, langkah-langkah di atas akan menghapus perlindungan penulisan USB.

Pilihan 2: Format Drive

Salah satu cara pasti untuk menghapus penulisan perlindungan pada macOS adalah memformat drive. Berhati-hatilah karena proses ini menghapus semua data pada perangkat USB, jadi pastikan Anda menyalin file penting ke lokasi lain sebelum melanjutkan.
Untuk memformat USB, temukan drive menggunakan “Disk Utility” dan klik di atasnyaBuka tab “Hapus”, pilih “format,” ganti nama drive USB jika Anda mau, lalu klik “Hapus.” Konfirmasikan tindakan di jendela pop-up untuk memulai proses pemformatan.
Setelah drive diformat, perlindungan penulisan akan hilang. Saat memilih format, perhatikan bahwa beberapa opsi eksklusif untuk Mac, sementara yang lain, seperti “exFat”, dapat digunakan secara universal dengan komputer Mac dan Windows.

Menghapus Perlindungan Tulis di Chromebook

Jika Anda menggunakan USB dengan Chromebook dan curigai itu dilindungi penulisan, memformat drive adalah satu-satunya pilihan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka “Aplikasi” dan klik “File.” Atau, tekan “Alt + Shift + M” pada keyboard. Klik kanan pada drive dan pilih “Format Device.” Konfirmasikan tindakan dengan mengklik “OK” di prompt pop-up, lalu tunggu prosesnya selesai.
Sayangnya, ini adalah satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk menghapus perlindungan penulisan dari USB di Chromebook. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, memformat drive akan menghapus semua data, jadi pastikan untuk mencadangkannya terlebih dahulu.

Hapus Perlindungan Tulis Dari USB di Linux

Bagi mereka yang cenderung menggunakan Linux, bagian ini mungkin menarik bagi Anda.
Pertama, luncurkan “Menu Aplikasi () ,” lalu cari dan klik “Terminal” atau ketik “istilah” di bilah pencarian di bagian atas untuk menemukannya dan meluncurkannya. Anda juga dapat menggunakan hotkey untuk meluncurkan Terminal secara langsung. Pada beberapa distro Linux, “Shift + Ctrl + T” atau “Ctrl + Alt + T” luncurkan Terminal. Selanjutnya, ketik “lsblk” dan tekan “enter” untuk mendapatkan daftar semua perangkat yang terpasang. Sekarang, ketik “Sudo hdparm -r0 /dev/sdb” tanpa tanda kutip dan tekan “enter.” Dalam contoh ini, USB dipasang di “/ dev/sdb.” Sesuaikan perintah Anda. Catatan, Anda mungkin perlu meng-unmount dan memasang kembali drive USB melalui terminal dengan write-protect off.
Sebagai penutup, proteksi tulis dapat menjadi gangguan, terutama jika Anda tidak mengetahui bagaimana hal itu terjadi pada perangkat penyimpanan Anda. Untungnya, Anda telah mempelajari cara menghapus perlindungan tulis dari USB di komputer Windows, Mac, Linux, dan Chromebook. Masalahnya seharusnya tidak lagi membuat Anda lengah, tetapi tidak ada jaminan. Dengan semua metode yang dijelaskan di sini, setidaknya satu metode memungkinkan Anda untuk mengedit, menyalin, memindahkan, atau menghapus file di USB atau kartu SD Anda dalam waktu singkat!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: