Cara Menghapus Recycle Bin dari Desktop Windows 10

Recycle Bin telah menjadi perlengkapan desktop Windows sejak peluncuran Windows 95 lebih dari 20 tahun yang lalu. Bagi banyak pengguna, keberadaan Recycle Bin di desktop menyediakan cara cepat untuk melihat dan memulihkan file yang terhapus, atau mengirim file ke kehancuran mereka dengan mengosongkannya.

Tetapi tidak setiap pengguna menginginkan atau membutuhkan Recycle Bin di desktop mereka, mungkin karena mereka telah menonaktifkan fungsinya di Windows, atau karena mereka lebih memilih desktop yang bersih dengan ikon minimal atau tanpa ikon. Jika Anda berada dalam kategori pengguna yang terakhir ini, berikut cara menghapus ikon Recycle Bin dari desktop di Windows 10.

Menghapus Recycle Bin dari Desktop Windows 10
Untuk memulai, klik kanan pada desktop dan pilih Personalize. Kemudian, pilih Tema dari daftar subbagian di sebelah kiri. Selanjutnya, klik Setelan ikon Desktop di sisi kanan jendela. Jendela baru lainnya, berlabel Setelan Ikon Desktop, akan muncul. Di bagian Ikon Desktop di bagian atas jendela, Anda akan melihat kotak centang untuk semua ikon sistem Windows yang sudah dikenal. Pada penginstalan Windows 10 biasa, hanya Recycle Bin yang akan dicentang. Lanjutkan dan hapus centang pada kotak di samping Recycle Bin, lalu klik Apply di bagian bawah jendela untuk menyembunyikan Recycle Bin dari desktop Windows 10 Anda. Anda akan melihat bahwa ikon Recycle Bin langsung menghilang.
Perhatikan bahwa menyembunyikan ikon Recycle Bin tidak menonaktifkan atau mengubah fungsionalitas Recycle Bin di Windows 10. Recycle Bin akan tetap ada di latar belakang dan menangkap file yang terhapus sesuai dengan preferensi ukuran dan durasi Anda.

Mengakses Recycle Bin

Sekarang Anda’ telah menghapusnya dari desktop Anda, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat mengaksesnya. Mari kita bahas sekarang.
Untuk mengakses atau mengosongkan Recycle Bin setelah menyembunyikan ikonnya di desktop Anda, luncurkan jendela File Explorer baru, lalu ketik “Recycle Bin” ke dalam bilah alamat File Explorer. Ini akan membawa Anda langsung ke Recycle Bin dan menunjukkan file apa pun di dalamnya.
Atau, Anda dapat membalikkan langkah-langkah di atas untuk memulihkan sementara ikon Keranjang Sampah, lalu klik kanan ikon tersebut dan pilih Sematkan ke Mulai. Ini akan membuat ubin Recycle Bin di Start Menu Windows 10 Anda.

Penghapusan Ikon Desktop

Seperti yang telah Anda lihat sekarang, menghapus Recycle Bin dari desktop Windows 10 Anda cukup mudah.

Apakah Anda mengalami masalah saat menghapus Recycle Bin? Apakah Anda tahu solusi lain? Bagikan pemikiran Anda di bawah ini.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: