Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google di Android, iPhone dan Chrome

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
Tidak apa-apa jika ingin menyimpan riwayat penelusuran Anda dari Google.

Google telah cukup banyak berada di bagian berita keamanan data—dan tidak selalu dalam cara yang baik. Orang-orang belajar untuk waspada terhadap cara data digunakan oleh Google, mulai dari membocorkan produknya sendiri hingga membocorkan data pelanggan dan bahkan mengumpulkan informasi pribadi orang yang menggunakan aplikasi Google.

Bahkan jika Anda tidak memiliki ponsel Android, Anda mungkin menggunakan tiga atau empat layanan Google setiap hari, sehingga perusahaan tahu banyak tentang Anda. Ini termasuk perjalanan kerja dan kebiasaan belanja Anda, bahkan jika Anda menggunakan layanan offline.

Ini tidak berarti Google mencoba menguntit Anda secara pribadi karena informasi tersebut disimpan secara anonim, tetapi informasi itu melekat pada Anda. Fungsi utamanya adalah agar pengiklan memahami demografi dan minat Anda agar dapat menargetkan iklan dengan lebih baik. Namun jika Anda telah melakukan sesuatu untuk pekerjaan, melihat hal-hal yang tidak seharusnya, atau hanya tidak ingin situs dapat mengekstrak informasi pribadi Anda, ada cara untuk menghapus riwayat Google yang tersimpan di perangkat Anda.

Ada juga sejumlah metode alternatif untuk tetap anonim saat online, yang tercantum di bagian bawah artikel. Ini termasuk beralih ke DuckDuckGo atau bahkan mendapatkan akses ke web gelap dan situs web gelap.

Cara Menghapus Riwayat Google

Di masa lalu, melacak apa yang diketahui Google tentang Anda cukup rumit. Namun, sekarang, Google memiliki layanan keikutsertaan yang dikenal sebagai “Aktivitas Saya”, halaman tempat Anda dapat melihat semua yang telah dipelajari Google tentang Anda. Ini pada dasarnya seperti riwayat browser web, kecuali kali ini, itu dipanggil hingga 11.

Anda tentu saja dapat menghapus data riwayat Google melalui browser Anda, tetapi “Aktivitas Saya” menunjukkan tampilan yang jauh lebih luas dan informatif, ditambah membuatnya mudah untuk menghapus elemen individual dalam riwayat Google Anda dengan beberapa klik.

Setelah Anda memilih “Aktivitas Saya”, Anda dapat menghapus data Google sebanyak atau sesedikit yang Anda suka, dan relatif mudah untuk do.
Gunakan Browser Web untuk Menghapus Riwayat Pencarian Google di MyActivity

Perhatikan bahwa menghapus riwayat pencarian akan menghapusnya dari akun Google Anda, bukan perangkat tertentu. Oleh karena itu, menghapus riwayat apa pun akan menghapusnya dari semua perangkat.

Untuk menghapus riwayat Google menggunakan iPhone, ponsel Android, tablet, MacBook, Chromebook, PC desktop, atau laptop, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka laman Aktivitas Saya menggunakan browser. JANGAN KLIK DROPDOWN “HAPUS” saat ini. Tindakan ini memiliki filter waktu (hanya sebelum menambahkan filter lain seperti waktu atau produk), tetapi menghapus semua Riwayat Google (bukan hanya Google Penelusuran) segera setelah mengkliknya. Jika filter sudah ditambahkan, Anda akan menerima konfirmasi terlebih dahulu. Klik “Filter menurut tanggal & produk”, lalu pilih “Cari” dari daftar produk Google di bagian bawah. Hasil filter baru ditampilkan yang hanya menampilkan riwayat pencarian Google Anda. Untuk memfilter/menemukan riwayat Google Penelusuran Anda pada kata atau frasa tertentu, ketikkan di kotak “Telusuri aktivitas Anda”. Untuk memfilter/menemukan riwayat Google Penelusuran Anda berdasarkan tanggal , klik atau ketuk “Filter menurut tanggal & produk” sekali lagi, lalu pilih data filter waktu Anda. Anda mungkin ingin mengonfirmasi bahwa “Penelusuran” masih dipilih dalam daftar produk Google. Sekarang setelah Anda memiliki daftar yang difilter (atau tidak difilter), Anda dapat mengubah “Tampilan bundel” default menjadi “Tampilan daftar” jika diinginkan, yang mencantumkan pencarian aktivitas satu per satu. Klik/ketuk “elipsis vertikal” (tiga titik) di sebelah kotak pencarian, lalu pilih “Tampilan daftar.” Untuk menghapus hasil yang ditampilkan setelah menerapkan filter khusus dan opsi tampilan, ketuk atau klik “X” di sebelah kanan dari setiap entri, maka Anda selesai. Untuk opsi penghapusan massal, lanjutkan ke langkah berikutnya. Untuk menghapus daftar filter Anda secara massal, ketuk/klik tombol “Hapus”. Konfirmasi konfirmasi muncul dengan pratinjau hasil yang Anda filter. Ini hanya pratinjau, bahkan ketika Anda mengklik tombol “Pratinjau lainnya”. Ketuk atau klik “Hapus” sekali lagi untuk menghapus semua item yang difilter secara permanen.
Menggunakan langkah-langkah di atas memungkinkan Anda menghapus riwayat pencarian Google dengan mudah menggunakan tanggal dan kata kunci tertentu jika diinginkan. Setelah Anda memilih “Telusuri” dari daftar produk, Anda dapat menambahkan filter lain untuk menemukan apa yang ingin Anda hapus, tetapi tidak sebaliknya.
Hapus Semua Riwayat Penelusuran Google Sepenuhnya menggunakan Google Chrome

Jika Anda ingin cara cepat dan mudah untuk hapus massal semua riwayat pencarian Google, ditambah riwayat penjelajahan opsional, kata sandi yang disimpan, cache, dan cookie di Chrome, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Luncurkan Chrome dan pastikan Anda masuk.Klik “elipsis vertikal” (tiga titik vertikal) di bagian atas pojok kanan browser Anda untuk membuka menu Chrome. Sekarang, pilih “Pengaturan” dari opsi. Selanjutnya, klik “Hapus data penelusuran”, yang terletak di bagian “Privasi dan keamanan”. Tab baru akan terbuka di mana Anda dapat memilih dari alat “Dasar” atau “Lanjutan”. “Dasar” adalah cara untuk menghapus riwayat Google dengan cepat sementara “Lanjutan” memberi Anda kontrol lebih besar atas elemen individual, seperti kata sandi. Hapus Riwayat Google di Android

Di perangkat Android Anda, buka Google Chrome dan ikuti langkah-langkah berikut:
Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
2. Sekarang, ketuk History.

3. Selanjutnya, ketuk Hapus data penjelajahan… di jendela baru.

4. Konfirmasikan ketika selesai.

Semua riwayat pencarian Google dan riwayat situs web Anda akan hilang setelah melakukan langkah-langkah ini, jadi pastikan Anda menyimpan situs, data, dll. di tempat lain.
Hapus Riwayat Google di iPhone

Untuk pengguna iPhone, buka riwayat Google dan ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus riwayat Anda:
Tap ikon menu “elipsis horizontal” (tiga titik horizontal) di pojok kanan bawah.
2. Selanjutnya, ketuk “Riwayat.”

3. Kemudian, ketuk “Hapus Data Penjelajahan…” pada Cookie dan Riwayat Pencarian iMessage.

Semua riwayat penjelajahan Chrome di iPhone Anda sekarang dihapus setelah melakukan langkah-langkah yang ditunjukkan di atas.
Menyiapkan Hapus Otomatis

Google memang menawarkan opsi untuk membuang data Anda secara otomatis. Jika Anda lebih suka menyimpan beberapa data, sebaiknya hindari fungsi ini. Namun, jika Anda ingin menghapus data pencarian Google secara manual, ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur fungsi hapus otomatis:
Kunjungi halaman Aktivitas Google Anda, tetapi pastikan Anda masuk ke akun yang benar. Di menu navigasi kiri, klik “Kontrol aktivitas.” Gulir ke bawah dan klik “Hapus otomatis (Nonaktif)”Pilih untuk menghapus otomatis aktivitas yang lebih lama dari “3 bulan”, “18 bulan”, atau “36 bulan”, lalu klik “Berikutnya”. opsi hapus otomatis aktivitas dengan mengklik “Konfirmasi.” Ingatlah bahwa pratinjau hanya itu.
Tetap Anonim Online

Jika Anda sangat ingin melindungi privasi Anda atau ingin menjamin tingkat anonimitas online yang lebih tinggi, Anda dapat melakukan hal berikut:

Gunakan Mode Penyamaran Google

Di Google, buka File > Jendela Penyamaran Baru, Anda juga dapat mengetik Ctrl + Shift + N. Ini akan membuka jendela baru yang akan muncul abu-abu gelap dan menampilkan ikon mata-mata. Semua yang Anda lakukan di Penyamaran tidak disimpan di riwayat Anda dan segera setelah Anda menutup jendela, pencarian Anda menghilang.

Catatan, metode ini hanya mengirimkan tanda jangan lacak ke situs web dan pelacak pihak ketiga, jadi terserah mereka untuk menghormati Permintaan.

Meskipun ini cara yang bagus untuk menjaga riwayat pencarian Anda tetap jelas, menggunakan mode penyamaran atau pribadi apa pun di browser tidak menutupi alamat IP Anda, itu hanya membuat data tertentu tidak disimpan dalam jangka panjang pada perangkat yang digunakan.

Gunakan DuckDuckGo

Jika Anda mau untuk membuang Google sepenuhnya, beralihlah ke DuckDuckGo yang disebut sebagai “mesin pencari yang sadar privasi”. Data Anda juga tidak dikumpulkan untuk tujuan periklanan karena DuckDuckGo menghasilkan uang berdasarkan kata kunci yang ditelusuri pengguna, bukan detail orangnya.

Alternatif hebat lainnya adalah StartPage, mereka juga merupakan mesin telusur berbasis privasi yang menganonimkan kueri penelusuran dan menawarkan opsi tampilan anonim yang membantu melawan pelacakan, eksekusi kode berbahaya, dan banyak lagi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa jawaban lainnya untuk pertanyaan Anda tentang Aktivitas Google dan privasi online Anda.
Saya ingin menyimpan kata sandi saya tetapi menghapus yang lainnya. Bagaimana saya bisa melakukan ini?

Jika Anda menghapus semua data Google Anda, dimungkinkan untuk tidak memilih opsi di bawah Hapus Data Penjelajahan untuk menghapus kata sandi. Namun, jika Anda menginginkan keamanan lebih, Anda dapat menggunakan ekstensi browser seperti Last Pass untuk menyimpan semua kata sandi Anda di lokasi yang aman.

Mirip dengan Google atau Chrome yang menyimpan kata sandi ini untuk Anda, Last Pass akan otomatis mengisi kata sandi untuk Anda.
Dapatkah saya menutup akun Google saya secara permanen?

Ya. Jika Anda tidak lagi tertarik menggunakan akun Google Anda saat ini, Anda dapat menghapusnya secara permanen. Kami memiliki artikel di sini yang menjelaskan seluruh proses.

Jika Anda mengunjungi halaman web Akun Google, Anda dapat mengeklik opsi untuk mengunduh semua data Anda dan kemudian menghapus seluruh akun Google Anda dan semua yang menyertainya.

Perlu diingat, melakukan tindakan ini akan menghapus seluruh akun Google Anda -informasi terkait Ini termasuk Google Documents, email, kontak, dan lainnya. Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda harus membuat atau menggunakan akun Google lain untuk mengakses banyak fitur dan mencadangkan perangkat Anda.

Menghapus Riwayat Pencarian Anda dari Google

Proses yang cukup mudah, menghapus riwayat pencarian Google Anda melalui MyActivity atau hanya menggunakan alat Google Chrome bawaan membutuhkan waktu paling lama dua menit.

Apakah Anda mengalami masalah peramban yang tidak teratasi hingga Anda menghapus riwayat peramban? Apakah Anda memiliki kekhawatiran tentang data yang disimpan oleh Google? Jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di bawah ini.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: