Cara Menghapus Scratch Disk di Photoshop

Jika Anda menggunakan Photoshop untuk bekerja, atau mungkin hanya hobi, Anda mungkin cukup berpengalaman di dalamnya. Namun, Anda mungkin menemukan kesalahan di mana Anda tidak dapat membuka Photoshop karena disk awal Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda tentang disk awal Anda, cara menghapusnya, dan opsi lain yang dapat Anda coba dengannya .

Selengkapnya Tentang Scratch Disk

Seperti yang Anda ketahui, disk awal adalah drive penyimpanan lokal yang digunakan Photoshop saat dijalankan. Hard disk virtual ini menggunakan penyimpanan komputer Anda (HDD atau SSD) untuk menyimpan file yang tidak dapat masuk atau tidak perlu berada di RAM Anda.

Secara default, Photoshop akan menggunakan drive boot Anda sebagai disk awal. Seiring waktu, drive boot Anda dapat mengakumulasi file-file sementara dari banyak program di PC Anda, karena sebagian besar dari program ini akan menggunakannya dengan satu atau lain cara.

Itu dapat menyebabkan kesalahan disk awal.

Cara Menghapus Disk Goresan di Photoshop

Untuk menemukan tempat goresan disk, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:
Di Photoshop, buka tab Edit. Pilih opsi Preferences di bagian bawah dropdown. Sekarang, pilih opsi Scratch Disks… dari menu samping. Di sini, Anda akan melihat daftar drive dan tanda centang di sebelahnya. Setiap tanda centang berarti Photoshop menggunakan drive tersebut sebagai disk awal. Jika Anda ingin membuat disk awal baru, centang kotak di sebelah drive yang ingin Anda gunakan. Photoshop kemudian akan mengalokasikan data ke lebih banyak lokasi, menurunkan beban pada boot drive.
Jika Anda ingin menghapus disk awal dari data sebelumnya sekaligus, Anda harus menemukan file yang akan dihapus secara manual.

Jika Photoshop menggunakan drive boot Anda, maka folder berikut adalah tempat Anda akan menemukan file-file sementaranya:
C:UsersYOUR USERNAMEAppDataLocalTemp

Sesampai di sana, temukan file bernama Photoshop Temp diikuti dengan serangkaian angka. Ini adalah file yang berisi semua data sementara yang digunakan Photoshop saat boot. Hapus file ini untuk menghapusnya.

Perhatikan bahwa menghapus file sementara juga akan menghapus kemajuan apa pun pada proyek yang belum Anda simpan, jadi pastikan Anda telah mencadangkan semuanya terlebih dahulu.

Jika Anda tidak dapat menghapus file, maka Adobe mungkin sedang menggunakannya. Pastikan Photoshop dan program Adobe lainnya ditutup dengan benar.

Atau, Anda membersihkan cache Photoshop saat ini untuk proyek:
Sekali lagi, buka tab Edit.Sekarang, pilih Purge.Selanjutnya, pilih All.
Menghapus seluruh cache Photoshop akan menghapus semua masa lalu versi proyek saat ini, hanya menyisakan versi saat ini dalam memorinya. Jika Anda telah membuat banyak perubahan menyeluruh, ini dapat menghemat banyak memori, tetapi Anda tidak dapat kembali ke versi sebelumnya.

Cara Menghapus Disk Scratch Tanpa Membuka Photoshop

Jika Anda menerima pesan kesalahan bahwa disk awal Anda penuh dan Photoshop tidak bisa terbuka, ikuti langkah berikut:
Coba buka Photoshop. Saat aplikasi terbuka, tekan Ctrl + Alt (di Windows) atau Cmd + Options (di Mac). Perintah ini akan memunculkan menu disk awal, seperti yang disebutkan di atas. Tambahkan drive lain ke disk awal Anda untuk menambahkan beberapa ruang. Atau, cari File Sementara di drive yang digunakan untuk disk awal dan hapus mereka.
Menghapus Disk Awal Anda

Jika Photoshop adalah tidak menggunakan banyak memori sendiri, atau Anda telah mengosongkan disk awal dan Anda terus menerima pesan kesalahan bahwa disk sudah penuh, Anda harus menghapus file tambahan di drive.

Opsi pertama Anda untuk mengosongkan beberapa ruang menggunakan Disk Defragmenter bawaan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Start Menu/Search bar. Ketik “Defrag.” Disk Defragmenter akan muncul sebagai hasilnya. Klik untuk membukanya. Di menu, pilih drive yang ingin Anda hapus. Kemudian, tekan Analyze.
Disk Defragmenter tidak menghapus file, hanya mengalokasikannya kembali, sehingga Anda memiliki lebih banyak ruang kosong yang tersedia yang ditautkan. Memiliki lebih banyak memori bebas yang terhubung sangat penting untuk file yang lebih besar. Misalnya, Photoshop dapat memiliki file besar untuk cache-nya, yang tidak akan muat di drive jika ruang terbuka tersegmentasi.

Menghapus Scratch Disk di Premiere Pro

Jika Anda menggunakan Premiere Pro untuk memproses video, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghapus disk awal juga. Premiere Pro menggunakan sistem cache untuk menyimpan file-file sementara. Untuk mencari dan menghapusnya, ikuti langkah berikut:
Buka tab Edit.Buka Preferensi, di bagian bawah menu tarik-turun.Pilih Cache Media… dari menu Preferensi.Di sana, Anda akan menemukan jalur lokal untuk cache. Anda dapat memilih jalur baru, bahkan pada drive yang berbeda, jika Anda ingin mengubahnya. Jika Anda ingin menghapus isi cache, tekan Delete. Anda juga dapat mengatur Premiere Pro untuk menghapus file cache secara otomatis. Ada dua opsi untuk itu. Jika Anda ingin menghapus file lama, pilih opsi Hapus file cache yang lebih lama secara otomatis, lalu masukkan jumlah hari. Sistem Anda akan menghapus file apa pun yang lebih lama dari jumlah hari tersebut. Jika Anda ingin menyimpan cache di bawah jumlah penggunaan memori tertentu, pilih opsi Hapus file cache terlama secara otomatis saat cache melebihi, lalu masukkan jumlah GB maksimum yang Anda inginkan untuk menetapkan ke cache Anda. Jika cache Anda melebihi itu, itu akan menghapus file terlama hingga mencapai di bawah batas.
Premiere Pro dapat menggunakan beberapa disk awal untuk komponen proyeknya. Untuk mengaksesnya, ikuti langkah berikut:
Buka tab Edit. Kemudian, klik Preferences.Open Scratch Disks.
Premiere Pro akan mencantumkan semua disk awal tergantung pada bagian proyek saat ini. Anda dapat mengubah tempat disk awal ini dengan memilih drive mana yang akan digunakan di menu yang sesuai. Secara default, disk awal sama dengan penyimpanan proyek, tetapi Anda juga dapat menggunakan folder “Dokumen Saya” atau jalur kustom pilihan Anda.

FAQ Tambahan
Dapatkah Saya Menambahkan Lebih Banyak Ruang ke Disk Awal Saya di Photoshop?

Cara termudah untuk menambahkan lebih banyak ruang ke disk awal adalah dengan mendistribusikannya ke beberapa drive. Anda dapat memilih sejumlah disk drive yang dimiliki perangkat Anda untuk disk awal. Untuk membuat disk awal baru, akses menu Disk Awal dan periksa drive yang ingin Anda gunakan. Photoshop dapat menggunakan empat disk drive sebagai disk awal dan penyimpanan 64 miliar GB untuk melakukannya, tetapi sepertinya Anda tidak akan pernah menggunakan atau membutuhkan sebanyak itu.u003cbru003eu003cbru003eAtau, Anda dapat menambahkan disk drive baru ke perangkat Anda dan mendedikasikannya sebagai disk awal utama untuk Photoshop. Kami merekomendasikan penggunaan SSD, karena mereka membaca dan menulis data lebih cepat. Disk awal tidak akan dengan mudah mencapai terabyte penggunaan data, jadi Anda akan aman menggunakan SSD biasa. Disk RAID, atau susunan disk, adalah opsi yang bagus untuk digunakan untuk disk awal, tetapi ini akan membutuhkan sedikit Googling dan mengutak-atik bagian Anda.u003cbru003eu003cbru003eSelain itu, Anda ingin secara konsisten membersihkan file sementara lainnya di perangkat Anda untuk mencegah disk awal Anda dari pengisian.
Apa yang Harus Anda Lakukan Ketika Disk Awal Anda Penuh?

Jika drive Anda penuh, Anda memiliki beberapa opsi.u003cbru003eu003cbru003ePertama, Anda dapat menghapus apa pun yang tidak Anda gunakan. Anda dapat menyimpan proyek dan data sebelumnya di drive eksternal, misalnya, agar tidak menggunakan ruang aktif. Pastikan Anda mendefrag drive setelah mengosongkan ruang untuk memungkinkan Photoshop mengakses keseluruhannya.u003cbru003eu003cbru003eKedua, Anda dapat menghapus file sementara Photoshop. Ini akan menghapus sisa proyek sebelumnya yang tidak ingin Anda simpan dan memungkinkan Anda untuk memulai dari awal. Atau, bersihkan cache Photoshop untuk proyek saat ini.u003cbru003eu003cbru003eSebagai opsi terakhir, Anda dapat menginstal drive disk tambahan, lalu meletakkan disk awal di sana.

Cara Menggunakan Lebih Banyak RAM

Jika Anda menggunakan perangkat hanya untuk Photoshop, akan bermanfaat untuk meningkatkannya pertunjukan. Salah satu cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan meningkatkan penggunaan RAM-nya. Secara default, Photoshop akan menggunakan 70% dari RAM yang tersedia. Untuk mengubahnya, ikuti langkah berikut:
Ke Edit, lalu ke Preferences.Open Performance.Sebuah slider akan menunjukkan berapa banyak RAM yang dapat digunakan Photoshop. Anda dapat menyesuaikan penggeser atau memasukkan angka yang diinginkan secara langsung.
Kami tidak menyarankan untuk mengalokasikan lebih dari 85% RAM Anda ke Photoshop, karena ini dapat memperlambat proses Anda secara signifikan.

Disk Anda, Sejelas Hari

Photoshop adalah alat yang sangat baik untuk artis dan, jika Anda menggunakannya sebagai bagian dari pekerjaan Anda, bisa menjadi asisten yang sangat berharga. Sangat penting bagi Anda untuk menjaga memori yang diperlukan agar Anda tidak mengalami saat-saat yang paling tidak menguntungkan. Jika Anda mengikuti saran kami, itu seharusnya tidak menjadi masalah. Kami harap Anda bersenang-senang dalam membuat proyek yang hebat.

Pernahkah Anda memiliki disk awal yang penuh? Manakah dari solusi ini yang berhasil untuk Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: