Cara Menghapus semua Bookmark di Chrome

bookmark yang sama, riwayat penelusuran, data isi otomatis, dan berbagai log lainnya di beberapa perangkat.

Fitur sinkronisasi ini nyaman dan berguna; namun,  ini dapat menyebabkan profil akun menjadi berantakan dengan begitu banyak bookmark sehingga Anda berhenti menggunakan fitur bookmark. Ketika itu terjadi, terkadang yang terbaik adalah menghapus semua yang berantakan dan memulai yang baru.

Untungnya, Chrome menawarkan beberapa cara untuk menghapus bookmark Anda.

Cara Menghapus Bookmark di Chrome

Peramban Chrome Google memudahkan untuk memoderasi dan mengelola bookmark Anda. Apa pun tujuan akhir Anda, Anda dapat dengan mudah mengatur, merapikan, dan menghapus semua bookmark.
Menghapus Bookmark Satu-per-Satu dari Bilah Bookmark

Terkadang Anda hanya ingin menghapus beberapa bookmark dari bilah bookmark. Jika Anda hanya memiliki satu atau dua bookmark yang ingin dihapus, ikuti langkah berikut:
Klik kanan bookmark pada bilah bookmark.Pilih Hapus dari menu konteks.
Perhatikan bahwa metode ini tidak memerlukan konfirmasi apa pun, jadi setelah Anda memilih Hapus, bookmark akan hilang.
Gunakan Pengelola Bookmark

Pengelola bookmark adalah fitur Chrome yang memungkinkan Anda melihat dan mengatur semua bookmark Anda. Anda dapat menghapus satu bookmark pada satu waktu atau menggunakan perintah Shift+Klik untuk menyorot semua bookmark Anda dan menghapusnya. Begini caranya. Di Chrome, klik tiga titik vertikal di sudut kanan. Kemudian, buka menu pull-down Bookmark dan pilih Pengelola Bookmark, Anda juga dapat mengetik Ctrl + Shift + O. Klik pada tiga titik vertikal di sebelah kanan bookmark yang ingin Anda hapus. Klik Hapus. Catatan: Tidak ada dialog konfirmasi jadi pastikan Anda menghapus yang tidak Anda perlukan.
Atau, Anda juga bisa mengetik “chrome://bookmarks.” Itu akan membuka pengelola bookmark di tab Anda saat ini. Jika Anda mengklik bookmark pertama, lalu tahan tombol Shift, dan klik bookmark terakhir, Anda dapat menghapus semuanya dengan cepat dengan mengikuti langkah yang sama.
Cara Menghapus Semua Bookmark di Akun Google Anda

Jika Anda telah menyinkronkan perangkat dan mengakses Chrome dengan akun Google Anda, Anda akan dapat menelusuri semua bookmark yang dibuat di perangkat Anda yang lain. Juga, jika Anda memutuskan untuk menggunakan pengelola bookmark, Anda dapat menghapus seluruh folder. Ini membuat penghapusan daftar Anda jauh lebih mudah.

Buka pengelola bookmark seperti yang kami lakukan di atas. Kemudian, lakukan ini:
Klik ikon profil di sudut kanan atas Chrome. Masuk ke akun Google Anda dan pastikan Sinkronisasi diaktifkan. Setelah masuk, Anda akan melihat semua folder bookmark di sebelah kiri. Klik kanan folder dan klik Hapus untuk menghapus semua bookmark di folder itu.
Atau, Anda dapat mengklik setiap folder dan mengikuti langkah yang sama di atas untuk menghapus bookmark yang dipilih daripada seluruh folder.

Dari halaman pengelola bookmark, Anda juga dapat menggunakan kata kunci untuk mencari bookmark tertentu. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian yang sangat akurat dan menghapus hanya entri yang Anda yakini.

Menghapus Riwayat Penjelajahan atau Semua Data Tersimpan?

Jika Anda ingin menghapus riwayat penelusuran dan semua informasi yang disimpan di akun Google Anda, ketahuilah bahwa Anda tidak dapat menghapus bookmark Anda menggunakan metode yang sama. Menggunakan fitur Hapus Data Penjelajahan hanya menghilangkan cookie, riwayat penelusuran dan unduhan, pengisian otomatis data, kata sandi, file cache, dll.

Chrome tidak memiliki folder Profil, jadi menghapus semua bookmark sekaligus adalah proses yang berbeda.

Cara Menghapus Folder Bookmark di Windows
Buka kotak dialog Run atau Search box, Anda dapat menekan tombol Windows + r atau ketik run ke menu Start Anda. Ketik “%LocalAppData%GoogleChromeUser DataDefault” dan tekan Enter. File bookmark, Anda mungkin harus menggulir ke bawah sampai Anda melihatnya. Klik kanan dan pilih Hapus.
Ini akan menghapus semua bookmark yang pernah dibuat sejak Anda menginstal Chrome di perangkat Anda. Namun, itu tidak akan menghapus bookmark yang disimpan di perangkat lain, bahkan jika mereka disinkronkan di bawah akun yang sama. Juga, perhatikan bahwa agar ini berfungsi, Anda harus menutup semua instance Chrome.

Jika Anda hanya ingin menghapus bookmark dari akun tertentu dan menghapus sesuatu yang penting secara tidak sengaja, Anda dapat menggunakan jalur folder yang sama untuk memulihkannya. Terkadang, Chrome melakukan pencadangan. Cadangan ini termasuk bookmark data.

Data itu ditemukan di file bookmarks.bak di bawah User DataDefault. Jika Anda mengubah ekstensi file .bak menjadi .old, Anda mungkin dapat memulihkan bookmark yang baru saja dihapus.

Cara Menghapus Folder Bookmark di macOS

Jika Anda merasa nyaman dengan baris perintah, Anda dapat memanggil Terminal dan pergi ke direktori berikut di akun pengguna Anda.

$ cd ~/Library/Application Support/Google/Chrome/Default/

Kemudian hapus file Bookmark dengan perintah ini:

$ rm Bookmarks

Lalu lain kali Anda membuka Chrome, tidak akan ada bookmark, dan Anda bisa mulai segar. Tambahkan bookmark pertama Anda untuk memulai. Jika Anda kembali ke ~/Library/Application Support/Google/Chrome/Default/ Anda akan melihat bahwa file Bookmark telah dibuat ulang. Anda dapat menghapusnya lagi di masa mendatang jika bookmark Anda terlalu berantakan dan Anda ingin memulai yang baru.

Pertanyaan Umum

Jika kami tidak membahas semua yang ingin Anda ketahui, berikut ini beberapa informasi lebih lanjut tentang bookmark Chrome.
Saya tidak sengaja menghapus bookmark; bagaimana cara membatalkannya?

Pada suatu waktu, hampir tidak mungkin untuk memulihkan bookmark di Chrome. Untungnya, sekarang Anda dapat melakukan pintasan keyboard sederhana untuk membatalkan kesalahan Anda.

Jika Anda menghapus bookmark secara tidak sengaja, gunakan pintasan keyboard Ctrl+Z (Windows) atau Cmd+Z untuk memulihkan bookmark Anda.
Bagaimana cara menghapus bookmark dari aplikasi seluler?

Jika Anda pengguna Chrome seluler, ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus bookmark Anda:

1. Buka aplikasi Chrome dan ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas.

2. Ketuk Bookmarks.

3. Ketuk folder yang berisi bookmark yang ingin Anda hapus.

4. Tekan lama salah satu bookmark untuk membuka opsi untuk memilih multiples.

5. Ketuk ikon tempat sampah.

Jika Anda hanya ingin menghapus satu atau dua bookmark di versi seluler Chrome, cukup ketuk tiga titik vertikal di sebelah bookmark yang ingin Anda hapus. Kemudian, ketuk Delete.

A Final Thought

Menghapus file bookmark adalah tindakan yang agak drastis. Jika Anda khawatir daftar bookmark Anda menjadi terlalu besar untuk dikelola, menghapus semuanya mungkin tidak selalu merupakan ide yang baik. Anda juga dapat kehilangan pintasan penting ke halaman yang mungkin membutuhkan waktu lama untuk ditemukan di masa mendatang.

Terkadang menghapus bookmark satu per satu lebih baik, meskipun perlu waktu lebih lama. Ingat bahwa daftar bookmark yang panjang tidak menghabiskan banyak sumber daya seperti menyimpan terlalu banyak file video dan cookie yang disimpan dalam cache di akun Anda.

Tentu saja, jika Anda ingin menjadi yang paling efisien, akan ideal untuk mengatur semua bookmark Anda ke dalam folder tertentu dan lakukan dengan semua bookmark baru segera setelah Anda menyimpannya.

Jika Anda memiliki tip dan trik untuk menghapus atau mengatur bookmark, silakan tinggalkan kami komentar di bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: