Cara Menghapus Semua Catatan Kaki di Microsoft Word

Footnotes dan endnotes bisa sangat berguna jika Anda ingin menambahkan komentar, penjelasan, dan referensi ke sebuah dokumen. Mereka memudahkan untuk memisahkan catatan tambahan dari isi teks.

Namun, terkadang Anda akan mendapatkannya secara default, yang mungkin tidak Anda perlukan. Anda mungkin menerima dokumen berisi catatan kaki yang menurut Anda tidak berguna. Jika Anda ingin menghapusnya, Word menawarkan beberapa cara untuk melakukannya.

Jika terlalu banyak untuk dihapus secara manual, ada 3 cara untuk menghapus semuanya sekaligus. Kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui dalam artikel ini.

Menghapus Catatan Kaki dan Catatan Akhir dengan Menggunakan Opsi Temukan dan Ganti

Ini adalah metode yang paling banyak digunakan, juga salah satu yang termudah. Hanya dalam beberapa klik, Anda dapat menghapus semua catatan kaki. Berikut cara melakukannya.
Dalam dokumen yang sedang Anda edit, buka kotak dialog Temukan dan Ganti: Di ​​Mac, buka Edit > Temukan, lalu pilih Temukan dan Ganti Tingkat Lanjut. Jika Anda menggunakan Word 2013 atau 2016, Anda dapat melakukannya dengan menekan Ctrl + H. Setelah Anda membuka kotak dialog, klik Ganti. Di kotak Temukan apa, masukkan ^f untuk catatan kaki dan ^e untuk catatan akhir . Anda juga dapat melakukannya dengan memilih Lainnya > Khusus > Tanda Catatan Kaki atau Tanda Catatan Akhir. Biarkan kotak Ganti dengan kosong, lalu buka Ganti Semua.

Ini adalah cara termudah dari tiga cara menghapus catatan kaki dan catatan akhir. Jika Anda sedikit lebih paham teknologi dan ingin bereksperimen dengan pengkodean, ada dua opsi tambahan.

Merekam Makro

Jika Anda harus berurusan dengan banyak dokumen yang memiliki banyak catatan kaki, merekam makro adalah cara terbaik untuk menghapusnya semua. Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat menetapkan makro ke tombol di keyboard atau opsi di Word. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakannya setiap kali Anda perlu menghapus semua catatan kaki dari dokumen.

Untuk merekam makro yang akan melakukannya, gunakan kode berikut:

Sub DeleteFootnotes()Selection.Find.ClearFormattingSelection.Find.Replacement.ClearFormattingWith Selection. Find.Text = “^f”.Replacement.Text = “”.Forward = True.Wrap = wdFindContinue.Format = False.MatchCase = False.MatchWholeWord = False.MatchWildcards = False.MatchSoundsLike = False.MatchAllWordForms = FalseEnd WithSelection.Find .Execute Replace:=wdReplaceAllEnd Sub

Anda dapat menghapus catatan akhir dengan cara yang sama, cukup ganti ^f dengan ^e. Tetapkan makro ke tombol atau kunci, dan Anda akan dapat menghapus semua catatan kaki yang ditemukan dalam dokumen dalam waktu singkat.

Menggunakan Kode VBA

Ini adalah metode yang Anda tidak memerlukan pengetahuan pengkodean apa pun, karena sangat sederhana. Itu tidak memungkinkan banyak penggunaan seperti makro, tetapi ini adalah cara cepat kilat untuk menghapus catatan kaki dan catatan akhir dari dokumen. Inilah yang harus Anda lakukan.
Hit Alt + F11 untuk menjalankan Editor VBA. Buka Sisipkan > Modul. Klik dua kali untuk membuka modul, lalu tempel kode berikut untuk menghapus semua catatan kaki:
Sub DeleteAllfootnotes()Dim objFootnote As FootnoteUntuk Setiap objFootnote Di ActiveDocument.FootnotesobjFootnote.DeleteNextEnd Sub

Untuk menghapus catatan akhir, rekatkan kode ini:
nnotesSubNoteForDeleteAllEndj Setiap objEndnote Di ActiveDocument.EndnotesobjEndnote.DeleteNextEnd Sub
Jika sudah siap, pilih Run.

Metode ini memungkinkan Anda untuk menghapus semua catatan kaki dan catatan akhir yang mungkin tidak dapat Anda hapus secara manual, karena tidak semua tanda dapat dihapus tanpa kode. Ini termasuk tanda khusus yang memerlukan makro.

Menghapus Catatan Kaki Secara Manual

Terakhir, Anda mungkin hanya ingin menghapus beberapa di antaranya. Jika ini masalahnya, satu-satunya cara untuk melakukannya adalah secara manual. Setiap catatan kaki memiliki nomor yang sesuai di badan teks.
Untuk menghapus catatan kaki, yang harus Anda lakukan adalah menghapus nomor dari isi dan akan hilang secara otomatis. Anda juga dapat mengklik kanan pada catatan kaki itu sendiri, pilih Pergi ke Catatan kaki, lalu hapus nomornya dari sana.
Kata Akhir

Tergantung situasinya, Anda dapat menggunakan salah satu metode di atas untuk menghilangkan catatan kaki dan catatan akhir. Jika Anda tahu Anda harus berurusan dengan mereka berulang kali, merekam makro dan menetapkannya ke tombol pada keyboard adalah pilihan terbaik Anda.

Untuk penggunaan tunggal, Anda dapat pergi ke rute editor VBA, atau menggunakan metode pertama jika pengkodean bukan hal Anda. Ke mana pun Anda memutuskan untuk pergi, Anda akan dapat menangani catatan kaki dalam waktu singkat.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: