Cara Menghapus Semua Email yang Belum Dibaca di Outlook

Meskipun banyak orang menganggap Outlook sedikit lebih kuno daripada klien email lainnya, masih ada jutaan yang menggunakannya setiap hari. Hal ini terutama berlaku untuk bisnis karena Outlook menawarkan berbagai fitur yang membantu karyawan tetap teratur.

Apakah Anda menggunakan Outlook untuk alasan pribadi atau profesional, ada kemungkinan besar Anda tidak membaca setiap email yang datang kepada Anda. Seiring waktu, Anda mungkin telah mengumpulkan ratusan dan ribuan promosi, spam, dan email tidak penting lainnya.

Microsoft telah merancang Outlook sedemikian rupa sehingga sangat mudah digunakan, jadi membersihkan folder Anda dari banyak email yang belum dibaca tidaklah sulit melakukan. Ada beberapa cara untuk menghilangkannya, jadi mari kita lihat apa itu.

Menggunakan Fungsi Pencarian untuk Menghapus Email yang Belum Dibaca

Kegunaan fungsi Pencarian di Outlook tidak hanya sekedar mencari email tertentu. Ini dapat membantu Anda menghapus semua email di folder tertentu yang termasuk dalam kategori pencarian. Begini cara kerjanya:
Dari tampilan Mail utama, navigasikan ke folder tempat Anda ingin menghapus semua email yang belum dibaca. Ini dapat berupa folder apa saja, bukan hanya kotak masuk Anda. Setelah Anda memasukkan folder tersebut, tekan Ctrl + E untuk membuka Alat Pencarian baru. Anda akan melihat beberapa opsi pencarian, di antaranya adalah Belum Dibaca, klik untuk memfilter keluar semua email lainnya. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan fungsi Lingkup untuk lebih mempersempit pencarian Anda jika diperlukan. Daftar email Anda sekarang hanya akan berisi email yang belum dibaca, sehingga Anda dapat memilih semuanya tanpa khawatir akan mempengaruhi kategori email lainnya. Untuk melakukannya, sorot email pertama pada daftar, lalu tekan Ctrl + Shift + End untuk menandai semua email. Tekan Hapus untuk menghapus semua email yang dipilih.
Menggunakan Fitur Filter untuk Menghapus Email yang Belum Dibaca

Cara lain untuk mengakses semua email Anda yang belum dibaca adalah dengan menggunakan fitur Filter. Ini bekerja mirip dengan fungsi Pencarian. Berikut cara memfilter dan menghapus semua email yang belum dibaca:
Dari tampilan Mail, buka folder yang berisi email yang melanggar, dalam hal ini, email yang belum dibaca. Buka Beranda > Filter Email > Belum Dibaca, semua email lainnya akan difilter , dan Anda juga dapat menggunakan fitur Lingkup di sini. Setelah Anda memiliki daftar email yang belum dibaca, pilih yang pertama dan tekan Ctrl + Shift + End untuk memilih yang lainnya, lalu tekan tombol Hapus. Semua email yang tercakup dalam cakupan penyaringan akan dihapus.
Menggunakan Fitur Folder Pencarian untuk Menghapus Email yang Belum Dibaca

Fitur Folder Pencarian adalah cara yang sangat mudah untuk mengumpulkan semua email yang belum dibaca di beberapa folder ke dalam satu tempat, di mana Anda dapat menghapusnya. Berikut cara menggunakannya:
Dari layar utama, buka Folder Klik pada tombol Folder Pencarian Baru di sudut kiri atas jendela. Kotak dialog baru akan terbuka dengan beberapa opsi folder pencarian untuk dipilih. Klik Email yang belum dibaca untuk membuat folder yang akan mengumpulkan semua email Anda yang belum dibaca. Panel navigasi di sebelah kiri sekarang memiliki kategori Folder Pencarian baru, di mana Anda dapat melihat folder Email Belum Dibaca yang baru saja Anda buat. Buka folder dan gunakan salah satu dari dua cara berikut untuk memilih semua email Anda: Sorot semua email pada daftar, lalu tekan Ctrl + A untuk memilih semuanya. Sorot email pertama, lalu gunakan kombinasi Ctrl + Shift + End. Tekan Delete untuk menghapus semua yang belum dibaca emails.
Ini mungkin opsi yang paling nyaman, mengingat Anda tidak perlu memasukkan setiap folder terpisah seperti yang dipersyaratkan oleh dua metode pertama. Sebagai gantinya, Folder Pencarian akan mengumpulkan semua email Anda yang belum dibaca dan Anda dapat menghapusnya dalam hitungan detik.

Kata Akhir

Seperti yang Anda lihat, Outlook hadir dengan beberapa opsi penghapusan massal asli. Ada juga beberapa solusi pihak ke-3, tetapi sebenarnya tidak ada gunanya untuk menghapus email secara massal. Meskipun demikian, mereka memang menawarkan berbagai opsi lain untuk mengelola email, jadi jika Anda memerlukan solusi seperti itu, Anda dapat menemukan yang terbaik secara online.

Saat menghapus email yang belum dibaca, fitur yang ditawarkan di Outlook lebih banyak dari cukup mampu. Tidakkah menurutmu?

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: