Cara Menghapus Semua Kolom Kosong di Microsoft Excel

Ada beberapa cara untuk menghapus kolom kosong dalam file Microsoft Excel. Mengapa Anda perlu melakukan ini? – Simple.

Kadang-kadang, data yang Anda impor dari halaman web dapat menghasilkan sejumlah besar kolom yang muncul meskipun tidak digunakan. Anda sering melihat hal ini terjadi pada file CSV dan file .txt.

Ketika hal ini terjadi, menghapus kolom secara manual mungkin tidak selalu mudah. Tentu, jika Anda hanya memiliki dua atau tiga kolom kosong, tidak apa-apa untuk menghapusnya secara manual. Tetapi bagaimana jika proyek yang Anda impor membuat 57 kolom kosong dan tidak berkelanjutan? – Untuk itu, Anda memerlukan proses otomatis.

Menggunakan VBA Macro

Metode pertama melibatkan penggunaan makro VBA.
Buka file Excel Anda. Tahan Alt dan F11 bersama-sama. Tunggu hingga jendela Microsoft Visual Basic for Applications muncul. Klik Sisipkan. Pilih Modul. Rekatkan baris kode berikut di jendela.Sub DeleteEmptyColumns() ‘Updateby20140317 Dim rng As Range Dim InputRng As Range xTitleId = “KutoolsforExcel” Set InputRng = Application.Selection Set InputRng = Application.InputBox(“Range :”, xTitleId, InputRng .Address,Type:=8) Application.ScreenUpdating = False For i = InputRng.Columns.Count To 1 Step -1 Set rng = InputRng.Cells(1, i).SeluruhColumn If Application.WorksheetFunction.CountA(rng) = 0 Kemudian rng.Delete End If Next Application.ScreenUpdating = True End Sub Tekan F5 untuk mengkompilasi dan mengeksekusi makro. Masukkan rentang kerja yang sesuai di jendela dialog. Rentang kerja atau rentang data adalah interval tertentu antara kolom yang ingin Anda targetkan. Formatnya adalah $A$1:$J$12. Huruf sesuai dengan kolom dan angka sesuai dengan baris. Jika Anda menyeret ini keluar dengan mouse Anda atau dengan menahan Shift dan menggunakan tombol panah, Anda akan melihat bahwa: $A$1 – Sudut atas$J$12 – Sudut bawahAnda tidak dapat memilih rentang data sebelum Anda mulai mengunggah makro karena tidak akan tetap dipilih. Tekan OK.
Setelah itu, semua kolom kosong harus dihapus dan semua kolom yang terisi harus bersebelahan.

Menggunakan Excel Tools

Jelas, Excel tidak akan menjadi pembangkit tenaga listrik seperti itu jika tidak memiliki kemampuan menyortir yang hebat. Anda dapat menggunakan menu tarik-turun Hapus untuk menghapus seluruh baris, kolom, atau sel kosong.
Pertama pilih rentang data Tekan F5 Klik Khusus Pilih opsi Kosong Klik OK (Pilihan ini akan memastikan bahwa semua sel kosong dipilih dalam rentang yang ditargetkan) Buka ke tab Beranda Pilih menu tarik-turun Hapus di bawah grup alat Sel Pilih Hapus Sel Pilih Shift Sel Kiri untuk menghapus dan mengatur ulang kolom Klik OK
Sekarang sel kosong dari kolom kosong seharusnya sudah menghilang dan semua baris lainnya akan dipindahkan lebih dekat bersama-sama.

Anda dapat menggunakan pendekatan yang sama untuk menghapus seluruh baris. Namun, alih-alih memindahkan sel ke kiri, Anda memilih opsi lain.
Pilih Geser sel ke atas untuk menghapus dan menyusun ulang bariss
Tergantung pada versi Excel yang Anda jalankan, Anda mungkin mendapatkan susunan kata yang berbeda. Tetapi bagaimanapun juga, dua opsi teratas dalam menu Hapus Sel selalu sama.

Metode ini tidak lagi menghapus semua sel kosong dalam pilihan. Sebelum Excel 2013, ini secara tidak sengaja akan menghapus bahkan baris kosong yang umumnya akan mengacaukan penyortiran.

Sekarang masalahnya tidak lagi terjadi. Oleh karena itu, jika Anda juga ingin menghilangkan baris, Anda dapat melakukannya dengan memilih kembali rentang data dan mengikuti langkah sebelumnya. Kemudian cukup pilih untuk menggeser atau menghapus sel ke atas alih-alih ke kiri.

Lainnya Tugas Penyortiran yang Mudah Dilakukan

Meskipun secara teknis menggunakan bilah alat Excel untuk menghapus kolom dan baris kosong tampaknya lebih mudah, metode makro VBA sangat mudah, yang berarti Anda dapat menggunakannya bahkan di Microsoft yang lebih lama Versi Excel.

Menggunakan modul VBA yang sama atau menu fungsi Ke, Anda dapat melakukan lebih banyak hal di Excel. Apakah Anda memiliki formula tertentu yang tidak lagi relevan? – Anda juga dapat menghapusnya atau mengaturnya kembali.

Anda juga dapat menghapus komentar yang tidak perlu atau semua komentar dari proyek Anda jika Anda tidak ingin komentar tersebut muncul selama presentasi Anda. Lihatlah ke VBA jika Anda ingin menjadi pengguna kekuatan Excel.

A Pemikiran Akhir

Selama bertahun-tahun, berbagai macam add-on telah muncul secara online. Beberapa di antaranya memungkinkan Anda mengambil lebih banyak pintasan saat menyortir spreadsheet besar. Namun, aplikasi ini jarang gratis dan tidak sebanding dengan masalah untuk tugas sederhana seperti menghapus baris, sel, dan kolom kosong.

Selain itu, jika sulit, Microsoft akan menyederhanakan prosesnya sekarang atau membuat panduan yang lebih ekstensif pada pengurutan Excel.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: