Cara Menghapus Semua Pemformatan di Microsoft Word

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghapus pemformatan dalam dokumen Microsoft Word. Bukan hal yang aneh untuk sedikit berlebihan dalam penyesuaian saat membuat dokumen Word. Jika Anda memiliki terlalu banyak perubahan pemformatan yang diterapkan yang tidak berfungsi, untuk menghindari memulai dari awal, mungkin jauh lebih mudah untuk menghapus semua pemformatan dari teks yang dipilih. Cara melakukannya dapat bervariasi bergantung pada versi Microsoft Word yang Anda jalankan.

Saat menggunakan Microsoft Word, ada gaya utama yang dilampirkan pada setiap paragraf, sehingga perubahan format paragraf apa pun yang dibuat juga perlu dilakukan perubahan pada gaya terkait.

Menghapus Semua Pemformatan Pada Microsoft Word 2010

Anda dapat dengan mudah menghapus semua pemformatan dan menghemat waktu Anda sendiri tanpa secara manual menumbuk opsi batal dengan mengikuti.
Buka dokumen yang diformat. Sorot semua teks yang ingin Anda hapus dengan menahan klik kiri dan menyeretnya melintasi teks yang diformat. Atau, jika Anda mengalami masalah saat menggunakan mouse, Anda dapat menahan tombol Shift sambil mengetuk tombol Panah Kanan untuk menyorot teks. Untuk memilih semua teks, tekan CTRL + A di mana saja pada dokumen. Dari pita menu, klik tab Beranda yang terletak di sebelah kanan tab File. Dalam tab Beranda, di bagian “Font”, cari dan klik tombol Hapus Tombol pemformatan yang merupakan ikon yang muncul dengan Aa dan penghapus diagonal.
Semua teks yang Anda pilih sebelumnya sekarang akan menjadi gaya default yang standar dengan Word 2010. Jika Anda tidak puas dengan tampilan format default, Anda dapat menekan Ctrl + Z untuk kembali ke opsi teks berformat.

Menghapus Gaya Header Tanpa Kehilangan Format

Terkadang Anda tidak masalah dengan pemformatan saat ini tetapi header tidak cocok. Untuk mengubah tajuk sambil mempertahankan pemformatan saat ini di Word 2010:
Sorot teksnya. Klik kanan untuk membuka menu dan pilih Paragraf. Temukan “Level Garis Besar” dan ubah ke “Teks Badan”.
Sesederhana itu .

Sekali lagi, bagi mereka yang memiliki masalah mouse, cara alternatif untuk melakukannya adalah dengan:
Buka kotak dialog Paragraph dengan menekan ALT + O + P. Di bawah tab Indents and Spacing, TAB ke kotak drop-down Outline Level dan pilih Body Text.Tekan Enter (atau TAB untuk OK dan tekan Enter).
Menghapus Semua Pemformatan Pada Microsoft Word 2013+

Menyingkirkan format yang tidak diinginkan di dokumen Word 2013/16 Anda sangat mirip dengan versi 2010 . Satu-satunya perbedaan utama adalah tampilan ikon pemformatan yang jelas. Sekarang akan memiliki satu A bersama dengan penghapus merah muda yang berjalan secara diagonal ke arah yang berlawanan.

Namun, jika Anda melompat ke bagian ini dan melewati run through 2010, berikut adalah rekap singkatnya.
Buka dokumen pilihan Anda dan klik Beranda tab yang terletak di sebelah kanan tab File di kiri atas. Selanjutnya, sorot teks yang ingin Anda format menggunakan opsi seret klik kiri dengan mouse, tahan Shift sambil mengetuk Panah Kanan, atau pilih semua teks dengan CTRL + A saat di dalam dokumen. Di dalam bagian Font pada pita, klik ikon untuk menghapus pemformatan, itu terlihat seperti A dengan penghapus di sebagiannya.
Semua pemformatan yang Anda soroti sekarang disetel ke gaya default untuk Microsoft Word 2013/16.

Menghapus Semua Pemformatan Menggunakan Panel Gaya
Pilih dan sorot teks yang pemformatannya ingin Anda hapus. Buka tab Beranda dan klik panah kecil pada bagian Styles. Panel Styles harus ditampilkan. Pilih opsi Hapus Semua yang terletak di bagian atas daftar. Semua gaya untuk konten yang dipilih akan default ke gaya Normal.
Perlu diingat bahwa meskipun menggunakan Ctrl + A untuk menyorot konten dalam dokumen Word Anda, semua konten dalam kotak teks , header, dan footer perlu dibersihkan dari pemformatan secara terpisah.

Jika Anda dicegah menghapus pemformatan apa pun pada dokumen tertentu, maka dokumen tersebut mungkin dilindungi dari setiap dan semua perubahan pemformatan. Jika ini masalahnya, pertama-tama Anda harus mendapatkan kata sandi sebelum diizinkan untuk memformat ulang salah satu konten.

Cara Alternatif untuk Menghapus Semua Pemformatan Tidak Peduli Versi Word

Ketika bekerja dengan dokumen berformat tinggi tetapi informasi di atas masih berupa agak terlalu membingungkan bagi Anda, berikut adalah cara cepat dan pasti untuk menghilangkannya:
Sorot teks yang ingin Anda format. Baik memotong (Shift + Del) atau menyalin (CTRL + C) teks. Anda juga dapat mengeklik kanan teks yang disorot dan memilih untuk memotong atau menyalin dari menu tarik-turun yang tersedia. Saat berada di Windows, buka aplikasi Notepad. Tempel (CTRL + V) teks yang disorot yang terletak di papan klip Anda ke dalam Notepad. Notepad hanya dapat bekerja dengan teks yang tidak diformat dan oleh karena itu akan menghapus semua format dan gaya saat ini yang terkait dengan teks yang ditempel. Cukup salin atau potong teks di Notepad dan tempel kembali ke dokumen Word Anda. Format sekarang akan menjadi versi default.
Mudah-mudahan, metode yang disebutkan di atas terbukti berhasil menghapus format yang tidak diinginkan. Jika tidak berhasil atau Anda mengetahui metode lain, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: