Cara Menghapus Semua Satu Warna di Photoshop

Menguasai Photoshop bukanlah tugas yang mudah. Program ini menawarkan banyak fitur yang mungkin membutuhkan waktu dan upaya untuk memahaminya. Jika Anda seorang pemula, Anda mungkin harus menempuh jalan panjang sebelum Anda dapat merasakan potensi penuh Photoshop. Manajemen warna adalah contoh sempurna. Aspek ini saja memiliki spektrum fitur yang luas yang akan memakan waktu lama untuk dilalui.

Pada pandangan pertama, menghilangkan warna tampaknya tidak terlalu rumit. Yang harus Anda lakukan adalah menggunakan alat Tongkat Sihir, pilih warna yang ingin Anda hapus dan tekan hapus, kan?

Salah. Coba lakukan ini dan lihat apa yang terjadi. Ada kemungkinan besar Anda akan ditinggalkan dengan sedikit dan tambalan warna di beberapa elemen gambar yang kompleks.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan?

Nah, ada fitur kecil yang rapi yang akan sangat membantu Anda – alat Rentang Warna.

Menghapus Semua Satu Warna dengan Alat Rentang Warna

Alat Rentang Warna memungkinkan Anda memilih dan memanipulasi subset warna dalam gambar. Setelah Anda menentukan pilihan Anda, Anda dapat mengganti atau menghapusnya hanya dalam beberapa langkah.

Ini bukan fitur yang paling mudah digunakan, tetapi nyaman dan Anda dapat memahami cara kerjanya hanya setelah beberapa pengulangan.

To mulai, buka gambar Anda di Photoshop. Yang Anda lihat di bawah ini adalah contoh yang bagus, karena memiliki banyak tepi tajam, yang merupakan musuh terbesar alat Tongkat Sihir, karena biasanya berakhir dengan warna yang ingin Anda hapus.

Setelah Anda mendapatkan gambar Anda , sebaiknya Anda menduplikasi layer, karena ini akan memungkinkan Anda membalikkan kesalahan dengan mudah. Selain itu, sebaiknya perbesar bagian tertentu dari gambar sehingga Anda dapat memilih warna dengan lebih mudah.

Setelah melakukannya, buka Select > Color Range.

Dari sini, Anda akan mendapatkan variasi pilihan yang dapat Anda atur untuk menghapus warna tertentu secara efektif.

Yang ingin Anda lakukan di sini adalah memilih alat pipet (yang biasa) dan klik pada warna yang ingin Anda hapus. Kemudian, sesuaikan Fuzziness agar sesuai dengan akurasi pemilihan. Apa yang dilakukan adalah menyesuaikan rentang warna dan mengubah jumlah piksel tertentu yang akan dihapus. Ini mungkin memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan, jadi silakan bereksperimen sedikit.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan opsi Cluster Warna Lokal. Ini mengatur ruang antara titik sampel dan semua warna yang akan dihapus. Ini berguna ketika Anda memiliki beberapa elemen dengan warna yang sama dan Anda ingin memasukkan/mengecualikannya dari pilihan.

Setelah Anda menyesuaikan semua parameter, Anda dapat menekan Hapus untuk menghapus semua satu warna itu.

Jika Anda memperbesarnya dengan cermat, Anda dapat melihat bahwa bukan hanya warna putih polos yang telah dihapus tetapi juga semua area abu-abu dan bayangan. Tidak masalah jika Anda ingin menghapus warna dari latar depan atau latar belakang, prosesnya sama.

Setelah ini, Anda dapat memilih warna lain untuk menggantikan yang dihapus. Yang harus Anda lakukan adalah membuat layer baru dan menambahkan warna baru. Jika Anda telah berhasil menghapus seluruh rentang warna yang dipilih, warna baru Anda akan muncul tanpa bintik atau tambalan.

Masalah yang mungkin Anda temui adalah bahwa beberapa area hitam atau putih besar tampak semi-transparan setelah Anda menghapus warna tertentu. warna. Ini tidak berarti Anda telah melakukan kesalahan, dan Anda dapat memperbaikinya dengan mudah.

Dengan rentang warna yang dipilih, tekan Ctrl + Shift + I (Command + Shift + I jika Anda pengguna Mac) dan buat layer baru yang berada di bawah area semi-transparan. Isi layer dengan warna objek yang kehilangan transparansi, lalu gabungkan layer dengan menekan Ctrl + Shift + E (Command + Shift + E untuk Mac). Ini akan mengembalikan gambar kembali normal, dan Anda dapat melanjutkan pengeditan.

Kata Terakhir

Ini bukan hal yang paling mudah untuk dilakukan, tetapi menghapus semua warna yang sama dari sebuah gambar tentu bisa dilakukan, dan Anda dapat terbiasa dengan fungsi ini dengan cukup mudah. Setelah melakukan ini beberapa kali, itu akan menjadi intuitif dan Anda akan dapat melakukannya dalam waktu singkat.

Seperti yang disebutkan, ada banyak fitur Photoshop yang mungkin dihadapi oleh pengguna yang lebih berpengalaman. Jika ada lagi yang ingin Anda pelajari tentang program ini, bagikan pertanyaan Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: