Cara Menghapus Zoom dari PC atau Perangkat Seluler

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookLinuxMacWindowsPerangkat Hilang?
Meskipun Zoom adalah alat konferensi yang sangat populer yang membantu penggunanya berkomunikasi dengan mudah setiap kali pertemuan fisik tidak nyaman, itu tidak untuk semua orang. Entah itu karena Anda merasa aplikasi ini berat, atau khawatir tentang data pribadi, ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin menghapus Zoom. Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara mencopot pemasangan Zoom untuk salah satu platform yang tersedia, baca terus. Kami akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara melakukannya.

Cara Menghapus Zoom di Windows

Zoom untuk platform Windows dapat dihapus dari menu Pengaturan Sistem, dari Panel Kontrol atau langsung dari folder Zoom itu sendiri. Petunjuk untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Dari Folder Instalasi Zoom
Lokasi default instalasi Zoom pada Windows berada di bawah direktori Start Menu. Ini biasanya terletak di bawah C:/Users/username/AppData/Roaming/Microsoft/Windows/Start Menu/Programs/Zoom. Jika Anda tidak dapat menemukan folder Zoom Anda, ketik Zoom pada bilah pencarian Anda. Di folder Zoom, klik Uninstall Zoom. Setelah proses uninstall selesai, buka direktori berikut C:/Users/username/App Data/RoamingLook untuk Folder Zoom dan hapus. Ini harus menghapus aplikasi sepenuhnya di PC Anda.
Menggunakan Menu Pengaturan Sistem
Klik Mulai di sudut kiri bawah layar.Klik Pengaturan. Ini harus menjadi ikon roda gigi. Dari layar Pengaturan Windows, klik ikon Aplikasi. Gulir ke bawah pada daftar program yang diinstal, atau ketik Zoom pada bilah pencarian. Klik Zoom, lalu klik Uninstall. Buka C:/Users /username/App Data/RoamingTemukan folder Zoom lalu hapus. Zoom sekarang harus benar-benar dihapus dari komputer Anda.
Menggunakan Control Panel
Pada Search Bar Anda, ketik Control Panel. Jika Anda tidak memiliki Pencarian yang terlihat, klik kanan pada bagian bebas dari Taskbar, arahkan kursor ke Pencarian pada menu dan pilih Tampilkan Ikon pencarian atau Tampilkan kotak pencarian.Klik pada Panel Kontrol untuk membuka Aplikasi Panel Kontrol.Pada layar, klik pada ikon Program. Dari daftar program yang diinstal, gulir ke bawah hingga Anda menemukan Zoom. Klik kanan pada Zoom lalu klik Uninstall. Buka direktori berikut C:/Users/username/App Data/RoamingTemukan dan hapus folder Zoom . Ini harus benar-benar menghapusnya dari sistem Anda.
Cara Menghapus Instalasi Zoom di Mac

Ada juga beberapa cara untuk menghapus instalasi aplikasi Zoom saat Anda menggunakan platform Mac. Di bawah ini adalah berbagai cara untuk melakukannya:

Untuk macOS versi 4.4.53932.0709 dan yang lebih baru, Anda dapat menghapus Zoom melalui aplikasi itu sendiri dengan melakukan hal berikut:
Buka Aplikasi Zoom Anda. Di menu atas, klik zoom.us. Ini harus tepat di samping ikon Apple. Pada menu tarik-turun, pilih dan klik Uninstall Zoom. Sebuah jendela akan muncul meminta konfirmasi. Klik OK.Setelah proses selesai, ketik Zoom pada Finder.Hapus folder atau file Zoom yang tersisa.Aplikasi Zoom seharusnya sudah dihapus dari sistem Anda.
Untuk Mac yang memiliki macOS 4.4.53909.0617 dan versi lebih lama, Anda akan perlu menggunakan fungsi Finder untuk menghapus aplikasi. Ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka aplikasi Finder Anda. Pada menu atas, klik Go. Gulir menu dropdown ke bawah dan klik Go to Folder. Pada kotak teks yang muncul, ketik ~/.zoomus/ lalu klik Go.Dari jendela, drag dan drop ZoomOpener ke tempat sampah.Kembali ke menu Go dan ulangi langkah empat dan lima untuk folder dan file berikut:a. Buka folder /Applications/ dan pindahkan file zoom.us.app ke Trash.b. Buka folder ~/Applications/ dan hapus zoom.us.app.c. Buka folder /System/Library/Extensions/ dan drag ZoomAudioDevice.kext ke tempat sampah.d. Buka folder ~/Library/Applications/Support/ dan hapus zoom.us. Setelah dihapus, Zoom sekarang harus dihapus dari komputer Anda. Perhatikan bahwa jika Anda menginstal Zoom di direktori lain, Anda harus menemukan semua file yang ditunjukkan pada folder tersebut. direktori sebagai gantinya. Anda dapat menggunakan Finder untuk mencari file individual daripada membuka folder tertentu.

Cara Menghapus Zoom di Chromebook

Jika Anda menginstal Zoom di Chromebook, Anda dapat menghapus instalan program dengan menggunakan pencopot pemasangan asli. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk berikut:
Klik Ikon Peluncur di Chromebook Anda, atau klik Tombol Penelusuran di keyboard. Ikon Peluncur adalah lingkaran yang terletak di sudut kiri bawah layar Beranda Anda. Pada daftar aplikasi yang muncul, gulir ke bawah hingga Anda menemukan Zoom. Klik kanan pada ikon Zoom. Pada menu popup, pilih Uninstall atau Hapus dari Chrome.Pada jendela popup, pilih Hapus.
Aplikasi sekarang harus dihapus dari sistem Anda.

Cara Menghapus Plugin Zoom Outlook

Jika Anda menggunakan versi plugin Zoom untuk Microsoft Outlook Anda, maka Anda mungkin bingung, karena Anda tidak akan menemukan Zoom pada daftar aplikasi yang akan dihapus. Plugin Outlook memiliki folder dan jenis file terpisah, dan dapat dihapus dengan melakukan hal berikut:
Buka Outlook di PC Anda.Di menu atas, klik File.Temukan Add-in di menu, lalu klik di atasnya.Di bawah dari jendela yang muncul, klik Kelola. Pada menu tarik-turun, klik Add-in COM. Klik Go. Dari jendela Add-in COM, hapus centang semua kotak kecuali Plugin Zoom Outlook. Pastikan tidak ada plug-in lain yang memiliki tanda centang sebelum Anda melanjutkan.Klik tombol Hapus.Pada jendela konfirmasi, klik OK.Plugin sekarang harus dihapus dari Microsoft Outlook.
Perhatikan bahwa jika Anda menggunakan Outlook di Mac, mungkin ada bug yang menyebabkan plugin Zoom tidak muncul di plugin yang tersedia untuk dihapus. Untuk mengatasinya, lakukan hal berikut:
Buka Finder.Temukan folder Aplikasi dan buka.Cari folder bernama plugin Zoom untuk Outlook dan buka.Klik ikon uninstall di dalam folder atau klik kanan dan pindah ke tempat sampah.Buka Outlook untuk memeriksa apakah plugin telah dihapus.
Cara Menghapus Instalasi Zoom di Linux

Jika Anda menggunakan Zoom di mesin Linux, maka ada beberapa cara untuk menghapus instalasi aplikasi tergantung pada versi Linux yang Anda jalankan. Ini adalah:

Bagi mereka yang menggunakan Devian, Linux Mint, atau Ubuntu
Buka jendela Terminal. Ketik perintah: sudo apt remove zoom lalu tekan Enter.Tutup jendela Terminal.Aplikasi sekarang harus dihapus dari komputer Anda.
Bagi mereka yang menggunakan openSUSE
Buka Jendela terminal.Ketik: sudo zypper remove zoom lalu tekan Enter.Tutup layar Terminal Anda.Aplikasi Zoom seharusnya sudah dicopot pemasangannya.
Bagi mereka yang menggunakan CentOS, Fedora, Oracle Linux, atau Red Hat
Buka jendela Terminal. Ketik perintah: sudo yum hapus zoom lalu tekan Enter.Tutup jendela Terminal.Zoom sekarang harus dicopot dari perangkat Anda.
Cara Menghapus Zoom untuk Android

Jika Anda menggunakan Zoom di perangkat Android, maka Anda dapat menghapus instalan program dengan melakukan hal berikut:

Mencopot pemasangan dari Play Store
Buka aplikasi Google Play Store.Pada bilah teks pencarian, ketik Zoom Cloud Meetings.Ketuk hasilnya.Pada jendela Zoom Cloud Meetings, ketuk Uninstall.Pada konfirmasi jendela yang muncul, ketuk Ok.Zoom sekarang harus dicopot pemasangannya.
Dari Pengaturan Perangkat
Buka menu Pengaturan perangkat Anda dari direktori utama.Pilih Aplikasi.Temukan aplikasi Zoom dari daftar aplikasi.Ketuk di uninstall.Ketika diminta untuk konfirmasi, ketuk pada OK.
Perhatikan bahwa aplikasi dan menu Pengaturan dapat berubah tergantung pada pabrikan perangkat Android Anda.

Cara Menghapus Zoom dari iPhone atau iPad

Jika Anda menggunakan aplikasi Zoom versi iOS, maka Anda dapat menghapus instalannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Tap pada Aplikasi Pengaturan dari layar Beranda. Ketuk Umum. Dari menu di sebelah kanan, ketuk Penyimpanan iPad atau Penyimpanan iPhone. Pada daftar aplikasi yang tersedia, ketuk Zoom. Ketuk Hapus Aplikasi. Sebuah jendela akan muncul meminta Anda untuk mengkonfirmasi pilihan Anda. Ketuk Hapus Aplikasi. Anda sekarang dapat menavigasi keluar dari jendela ini. Zoom sekarang harus dihapus dari perangkat iOS Anda.
Tanya Jawab Tambahan

Di bawah ini adalah pertanyaan umum yang muncul dalam diskusi tentang menghapus aplikasi Zoom.
Apakah menghapus instalan akan menghentikannya membuka saat startup?

Saat menghapus aplikasi sepenuhnya menghapus program, maka ini seharusnya juga menghentikannya dari pembukaan setiap kali Anda memulai perangkat Anda. Bahkan jika instruksi untuk membuka Zoom tertinggal di registri atau menu start up, tidak akan ada program untuk dijalankan. Jadi ya, menghapus instalan Zoom akan mencegahnya membuka saat startup.

A Proses Sederhana

Mencopot pemasangan Zoom adalah proses yang agak sederhana jika Anda benar-benar tahu cara melakukannya. Meskipun Zoom dapat menjadi alat yang berguna bagi mereka yang ingin menghindari ketidaknyamanan pertemuan tatap muka, itu tidak sempurna. Mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk menghapusnya untuk setiap platform adalah informasi yang cukup berguna untuk dimiliki.

Apakah Anda tahu cara lain untuk menghapus zoom pada perangkat tertentu? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: