Cara Menghentikan Panggilan Robo

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
Robocalls adalah jenis panggilan telepon yang dibuat dengan auto-dialer dan terdiri dari beberapa jenis pesan yang direkam sebelumnya. Mereka dapat dibuat di mana saja di dunia, dan meskipun tidak semuanya ilegal, mereka sama-sama menjengkelkan. Terlebih lagi, mereka bahkan bisa menjadi alat penipu yang disukai. Salah satu cara terbaik untuk menghentikan robocall adalah dengan memblokir nomor yang tidak diinginkan dan panggilan spam.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara menghentikan robocall di berbagai jenis ponsel dan telepon rumah. Kami juga akan membahas aplikasi pihak ketiga terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memblokir robocalls.

Cara Menghentikan Robocalls di iPhone

Robocalls dapat berupa beberapa hal. Ini bisa berupa kelompok politik yang meminta dukungan Anda, badan amal yang meminta sumbangan, atau telemarketer yang ingin menjual barang, scam, atau lainnya. Karena robocall cenderung berisi pesan yang direkam sebelumnya atau suara buatan, mudah untuk membedakannya dari jenis panggilan lainnya. Meskipun banyak robocall legal, Anda mungkin ingin menghindarinya sama sekali.

Jika Anda terus mendapatkan robocall di iPhone, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memblokirnya. Dengan memblokir panggilan yang tidak diinginkan di ponsel Anda, Anda dapat memastikan panggilan spam dan robocall ilegal bahkan tidak pernah mencapai nomor Anda. Meskipun ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda unduh di ponsel Anda, iPhone memiliki fitur bawaan untuk memblokir nomor telepon.

Untuk memblokir nomor tertentu di iPhone Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka aplikasi Telepon di iPhone Anda. Buka tab “Terbaru” di menu bawah. Temukan panggilan robot yang ingin Anda blokir. Ketuk ikon “i” di sisi kanan tab. Buka bagian bawah layar dan pilih “Blokir Penelepon ini.” Konfirmasikan bahwa Anda ingin memblokir nomor ini.
Namun, metode ini hanya berfungsi untuk robocall yang telah mencoba menghubungi Anda. Pilihan lain yang Anda miliki adalah untuk membungkam penelepon yang tidak dikenal, meskipun ini tidak hanya akan membungkam robocall tetapi semua panggilan lain dari nomor yang tidak dikenal. Jika ini adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan, beginilah caranya:
Buka Pengaturan.Turun ke “Telepon” pada menu. Ketuk tab “Diam Penelepon Tidak Dikenal”. Alihkan sakelar untuk mengaktifkan fitur ini.
Jika Anda memilih untuk lakukan ini, semua panggilan tidak dikenal akan dibungkam, dikirim ke pesan suara, dan direkam pada daftar “Terbaru” di log panggilan Anda.

Cara Menghentikan Panggilan Robo di Ponsel Android

Untuk memblokir nomor di perangkat Android Anda, ini yang Anda lakukan:
Buka aplikasi Telepon di Android Anda. Buka tab “Terbaru”. Di sebelah bilah “Cari kontak & tempat”, ketuk tiga titik di sudut kanan atas. Pilih “Pengaturan.” Lanjutkan ke “Nomor yang Diblokir” option.Pilih tombol “Add a Number”.Masukkan nomor robocall pada menu pop-up.Ketuk tombol “Block”.
Sama seperti iPhone, metode ini hanya berfungsi untuk robocall tertentu yang telah memanggil nomor Anda. Ponsel Android memberi Anda opsi untuk memblokir semua nomor yang tidak dikenal. Begini caranya:
Buka aplikasi Telepon di perangkat Android Anda. Ketuk “Terbaru.” Arahkan ke bilah pencarian di bagian atas layar, dan pilih tiga titik di sisi kanan. Pilih “Pengaturan” dari menu .Temukan tab “Blocked Numbers”. Geser tombol “Unknown” di bagian atas layar.
Melakukan ini akan memblokir panggilan dari penelepon tak dikenal. Anda juga tidak akan dapat menerima panggilan atau SMS dari nomor yang diblokir.

Meskipun kedua metode ini tidak mengizinkan nomor yang diblokir untuk menghubungi Anda lagi, keduanya tidak melindungi Anda dari robocall di masa mendatang. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi anti-robocall yang berguna, yang akan kita bahas nanti.

Cara Menghentikan Robocall di Telepon Rumah

Meskipun ponsel lebih rentan terhadap robocall, mereka memiliki lebih banyak opsi untuk perlindungan. Telepon rumah, di sisi lain, tidak dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau fitur bawaan untuk memblokir robocalls.

Jika Anda terus mendapatkan robocall di telepon rumah, hal terbaik yang harus dilakukan adalah beralih ke Do Not Call List nasional, yaitu dibuat untuk melindungi sambungan telepon rumah dan nomor telepon nirkabel. Setelah Anda mendaftar, telemarketer tidak akan dapat menghubungi nomor Anda.

Anda dapat mendaftar dengan dua cara. Anda dapat menghubungi salah satu dari dua nomor ini: 1-888-382-1222 (suara) atau 1-866-290-4236 (TTY). Jika Anda memilih untuk menelepon, pastikan itu dari nomor yang ingin Anda daftarkan. Pilihan lain adalah mendaftar di situs web pemerintah. Layanan ini sepenuhnya gratis dan tidak kedaluwarsa. Anda mungkin masih mendapatkan telepon dari politisi atau badan amal, karena itu tidak ilegal. Jika Anda masih menerima robocall bahkan setelah Anda mendaftar, Anda dapat melaporkannya.

Cara Menghentikan Robocalls dengan Verizon

Ada berbagai aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memblokir robocalls. Verizon Wireless menawarkan aplikasi gratis bernama Verizon Call Filter. Ini kompatibel dengan perangkat seluler dan telepon rumah nirkabel. Versi gratis dari aplikasi ini mencakup fitur-fitur berikut: deteksi spam, filter spam, spam & log panggilan yang diblokir, filter spoofing lingkungan, dan opsi untuk melaporkan spam. Call Filter Plus, di sisi lain, juga memungkinkan Anda mengidentifikasi ID Penelepon, mencari spam, membuat daftar blokir pribadi, dan menggunakan pengukur risiko spam.

Setelah Anda menginstal aplikasi ini dan mengaktifkannya, aplikasi ini akan memblokir spam dan robocall secara otomatis. Bahkan memungkinkan Anda untuk membatalkan robocall terlebih dahulu. Fitur filter spam menunjukkan kepada Anda panggilan spam berisiko sedang dan tinggi. Anda dapat mengirim panggilan spam langsung ke pesan suara Anda atau memblokirnya langsung dari aplikasi. Yang terpenting, ini memberi Anda opsi untuk melaporkan panggilan spam untuk memastikan panggilan tersebut tidak mengganggu Anda atau orang lain lagi.

Cara Menghentikan Panggilan Robo dengan AT&T

AT&T Call Protect adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memblokir panggilan spam dan penelepon yang tidak dikenal. Berkat sistem analitik AT&T, aplikasi ini memiliki rekam jejak yang baik dalam memblokir miliaran panggilan robot yang tidak diinginkan. Anda dapat menemukan aplikasi ini di App Store atau Google Play, meskipun hanya gratis untuk pelanggan AT&T Mobility.

Selain memblokir panggilan spam, Anda juga dapat menggunakan AT&T Call Protect untuk mengelola panggilan yang tidak diinginkan, memblokir spam dengan Siri, dan mengidentifikasi panggilan spam bahkan sebelum Anda menjawab. Dengan aplikasi terinstal, buka Pengaturan ponsel Anda dan aktifkan AT&T Call Protect untuk membuat perubahan pada panggilan telepon Anda.

Untuk menambahkan robocall ke daftar blokir pribadi Anda di AT&T, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Luncurkan AT&T di perangkat seluler Anda.Buka ” Blokir” tab.Lanjutkan ke “Daftar Blokir Saya.” Ketuk ikon “+”.
Dari titik ini, Anda dapat memasukkan nomor atau memilih nomor tertentu dari kontak atau log panggilan Anda. Anda juga dapat memblokir panggilan berisiko spam. Jika robocall potensial memanggil nomor Anda, aplikasi akan memberi tahu Anda dengan melabelinya dengan “Potensi Penipuan” atau “Risiko Spam”. Misalnya, jika Anda ingin memblokir nomor dengan ID Penelepon tersembunyi, Anda hanya dapat melakukannya dengan AT&T Call Protect Plus.

FAQ Tambahan
Apakah Pemerintah Akan Melakukan Apa Pun Tentang Robocall Ini?

Meskipun Undang-Undang Anti-Robocall dengan diperluas peraturan robocalls mulai berlaku pada tahun 2019, robocalls terus menjadi gangguan di seluruh dunia. Faktanya, 48 juta robocall dibuat pada tahun 2018 saja. Namun, sejak disahkannya Undang-Undang Anti-Robocall, pelanggaran robocall ilegal dapat dikenai denda hingga $10.000.

Sebagai badan penegak hukum, FCC telah mendedikasikan sumber daya untuk memerangi robocall ilegal. Anda dapat melaporkan robocall ke FCC di sini.

Untuk menghindari penipuan robocall, hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai individu adalah menghindari menjawab panggilan dari nomor yang tidak dikenal dan jangan pernah mengungkapkan informasi pribadi Anda melalui telepon.

Jangan Tertipu Robocalls

Robocalls adalah fenomena dunia. Untuk menghentikannya, Anda dapat memblokir panggilan spam yang diketahui dan atau semua nomor yang tidak dikenal, mungkin dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat melakukannya untuk Anda.

Robocall jenis apa yang paling sering Anda terima? Apa pendapatmu? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: