Cara Menghitung Sel Dengan Teks di Excel

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsDevice Missing?
Spreadsheet Excel adalah cara yang bagus untuk menyimpan dan menganalisis data. Spreadsheet biasanya terdiri dari sel dengan kombinasi angka dan teks. Untuk lebih memahami data Anda, Anda perlu membedakan sel dengan teks. Artikel ini menjelaskan bagaimana Anda dapat memilih rentang sel lalu menggunakan fungsi “COUNTIF” untuk menghitung sel yang berisi teks. Selain itu, Anda dapat mempelajari cara menemukan teks tertentu, duplikat, dan berwarna di spreadsheet.

Cara Menghitung Sel Dengan Teks di Excel di PC Windows

Untuk menghitung sel yang berisi teks di dalam spreadsheet di komputer Windows, lakukan hal berikut:
Klik pada “sel kosong” pada spreadsheet Anda untuk menyisipkan rumus. Ketik atau tempelkan fungsi “=COUNTIF (rentang, kriteria)” tanpa tanda kutip untuk menghitung jumlah sel yang berisi teks dalam rentang sel tertentu.Untuk “rentang”, masukkan rentang sel yang ingin Anda periksa. Ketikkan sel pertama dan terakhir yang dipisahkan oleh titik dua. Misalnya, untuk menghitung sel A2 hingga A9, Anda akan memasukkan “A2:A9.” Untuk “kriteria”, ketik “”“” dengan tanda kutip. Ini menghitung jumlah sel yang berisi teks dalam rentang yang ditentukan. Rumus lengkap akan terlihat mirip dengan “=COUNTIF (A2:A9, “”).” Sekarang, tekan “enter” untuk menerapkan rumus. Hasilnya akan ditampilkan di sel rumus.
Cara Menghitung Sel Dengan Teks di Excel di Mac

Langkah-langkah menghitung sel yang berisi teks di dalam spreadsheet Anda melalui macOS sama dengan Excel untuk Windows:
Luncurkan “Excel”, lalu buka spreadsheet yang ingin Anda analisis. Anda juga dapat hanya “mengklik dua kali” file jika memiliki Excel sebagai program default. Pilih “sel kosong” pada spreadsheet Anda untuk memasukkan rumus. Di sel kosong, ketik “= COUNTIF (rentang, kriteria).” Rumus ini menghitung jumlah sel dalam rentang yang ditentukan dengan teks di dalamnya. Untuk “rentang”, ketik rentang sel yang ingin Anda lihat. Masukkan sel pertama dan terakhir, dibagi dengan titik dua. Misalnya, untuk menghitung sel B2 hingga B10, Anda akan memasukkan “B2:B10.” Untuk bagian “kriteria”, ketik “”” dengan tanda kutip. Ini menghitung jumlah sel dengan teks dalam rentang yang Anda ketik. Misalnya, rumus lengkap Anda akan terlihat mirip dengan “=COUNTIF (B2:B10, “”).” Pada keyboard Anda, tekan “enter” untuk menerapkan rumus. Hasilnya muncul di sel yang dipilih.
Cara Menghitung Sel Dengan Teks di Excel 365

Untuk menghitung sel yang berisi teks di spreadsheet Anda menggunakan Excel 365, Anda menerapkan fungsi “COUNTIF” yang sama yang digunakan di Excel untuk Windows dan macOS. Begini caranya:
Buka “Spreadsheet Excel” yang ingin Anda periksa. Klik pada “sel kosong” untuk mengetikkan rumus. Di sel kosong, ketik: “=COUNTIF (rentang, kriteria).” Rumus ini menghitung jumlah sel dengan teks di dalamnya dari dalam rentang sel yang Anda tentukan. Untuk bagian “rentang”, ketikkan rentang sel yang ingin Anda lihat. Masukkan sel pertama dan terakhir yang dipisahkan oleh titik dua. Misalnya, untuk menghitung sel C2 hingga C11, masukkan “C2:C1.” Untuk “kriteria”, ketik atau tempel “”” dengan tanda kutip. Ini menghitung jumlah sel (dalam rentang Anda yang dipercepat) yang memiliki teks di dalamnya. Misalnya, rumus lengkap Anda akan terlihat seperti “=COUNTIF (C2:C11, “”).” Sekarang tekan “enter” untuk menerapkan rumus yang baru saja Anda buat. Hasilnya akan ditampilkan di sel rumus.
Cara Menghitung Sel Dengan Teks di Excel di Aplikasi iPhone

Untuk menghitung jumlah sel yang berisi teks di dalam spreadsheet Anda menggunakan aplikasi Excel di iPhone, lakukan hal berikut:
Luncurkan “iPhone Excel App. ”Ketuk “Buka” untuk melihat spreadsheet yang Anda simpan, lalu pilih “file Excel” tertentu untuk membukanya.“Ketuk dua kali” pada “sel kosong” di spreadsheet untuk memasukkan rumus “COUNTIF”, atau Anda dapat “ tekan lama “sel kosong” lalu ketuk “Edit” dari menu pop-up. Di sel kosong, ketik “= COUNTIF (rentang, kriteria).” Rumus ini menghitung jumlah sel yang berisi teks di dalam rentang sel Anda. Untuk bagian “rentang”, ketikkan “rentang sel” yang ingin Anda hitung. Masukkan sel pertama dan terakhir yang dipisahkan oleh titik dua. Untuk menghitung sel D2 hingga D12 masukkan “D2:D12”. Untuk “kriteria” ketik “”. Ini menghitung jumlah sel dengan teks dalam rentang. Rumus lengkapnya akan terlihat seperti: “=COUNTIF (D2:D12, “”)”. Sekarang ketuk tombol enter atau kembali untuk menerapkan rumus. Hasilnya akan ditampilkan dalam rumus cell.
Cara Menghitung Sel Dengan Teks di Excel di Aplikasi Android

Untuk menghitung jumlah sel dengan teks di spreadsheet Anda menggunakan aplikasi Excel melalui perangkat Android Anda:
Buka spreadsheet yang ingin Anda periksa dengan mengetuk “Buka” untuk melihat spreadsheet yang Anda simpan, lalu ketuk file untuk membukanya. Ketuk dua kali pada sel kosong untuk memasukkan rumus COUNTIF. Atau, tekan lama sel kosong lalu ketuk “Edit” dari menu pop-up. Di sel kosong masukkan “= COUNTIF (rentang, kriteria)”. Rumus ini menghitung jumlah sel dengan teks di dalam rentang sel. Dalam “rentang” masukkan rentang sel yang ingin Anda hitung. Masukkan sel pertama dan terakhir yang dipisahkan oleh titik dua. Untuk menghitung sel E2 hingga E12 masukkan “E2: E12”. Untuk “kriteria” ketik “”. Ini menghitung jumlah sel dengan teks dalam rentang yang ditentukan. Rumus lengkap Anda akan terlihat seperti: “=COUNTIF (A2:E12, “”)”. Sekarang ketuk tombol enter atau kembali untuk menerapkan rumus. Hasilnya akan ditampilkan dalam rumus cell.
Cara Menghitung Sel Dengan Teks Tertentu di Excel

Dengan menggunakan fungsi “COUNTIF” kita dapat menghitung jumlah sel dengan teks tertentu. Dalam contoh ini, kita akan mencari berapa kali kata “Excel” muncul dalam rentang sel tertentu:
Buka spreadsheet di Excel yang ingin Anda periksa.Klik sel kosong untuk mengetikkan rumus.Dalam tipe sel kosong “=COUNTIF (rentang, kriteria)”. Rumus ini akan menghitung jumlah sel yang berisi teks tertentu dalam rentang sel. Untuk “rentang” masukkan rentang sel yang ingin Anda hitung. Masukkan sel pertama dan terakhir yang dipisahkan oleh titik dua. Untuk menghitung sel A2 hingga A20 masukkan “A2: A20”. Untuk “kriteria” ketik “Excel.” Ini menghitung jumlah sel dengan “Excel” dalam rentang yang ditentukan. Rumus Anda akan terlihat mirip dengan “=COUNTIF (A2:A20, “Excel”)”.
Cara Menghitung Sel Dengan Teks Duplikat di Excel

Dalam contoh berikut, kami mencari nilai siswa duplikat. Spreadsheet kami diatur sebagai berikut:
Column A – daftar siswa kami A2:A10Column B – daftar nilai setiap siswa (A, B, atau C)Kolom D –daftar nilai yang tersedia. D2 untuk “As”, D3 untuk “Bs”, dan D4 untuk “Cs.” Kolom E – mencantumkan jumlah setiap grade.
Menghitung Sel Dengan Teks Duplikat Termasuk First Instance

Untuk menghitung jumlah sel di spreadsheet Anda dengan instance grade “ A”, “B”, atau “C” – termasuk instans pertama – masukkan rumus berikut:
Untuk instance grade “A”, klik sel E2 dan ketik rumus “=COUNTIF (B2 : B10, D2)”. dari grade “B”, klik sel E3 dan ketik rumus “=COUNTIF (B2 : B10, D3)”. Untuk instance grade “C”, klik sel E4 dan ketik rumus “=COUNTIF (B2 : B10, D4)”.
Sekarang Anda memiliki hitungan untuk nilai duplikat termasuk instans pertama yang terdaftar di kolom “E.”

Hitung Sel Dengan Teks Duplikat Tidak Termasuk Instance Pertama

Untuk menghitung jumlah sel di spreadsheet Anda dengan instans grade “A,” “B,” atau “C ” – mengecualikan instance pertama – masukkan rumus berikut:
Untuk instance grade “A” kecuali instance pertama, klik sel E2 dan ketik rumus “=COUNTIF ($B$2 : $B$10, D2)-1”.Untuk instance grade “B” tidak termasuk instance pertama, klik sel E3 dan ketik rumus “=COUNTIF ($B$2 : $B$10, D3)-1”. Untuk instance grade “C” tidak termasuk contoh pertama, klik sel E4 dan ketik rumus “=COUNTIF ($B$2 : $B$10, D4)-1”.
Sekarang Anda memiliki hitungan untuk nilai duplikat tidak termasuk contoh pertama yang terdaftar di kolom “E.”

Cara Menghitung Sel Dengan Teks Berwarna di Excel

Excel tidak memiliki rumus untuk menghitung sel berdasarkan warna teksnya. Untuk menyiasatinya, filter hasilnya lalu hitung. Begini caranya:
Buka spreadsheet yang ingin Anda analisis.Klik kanan sel dengan teks warna yang ingin Anda hitung.Pilih “Filter,” lalu “Filter menurut Warna Font Sel yang Dipilih” untuk memfilter sel dengan warna teks yang dipilih .Selanjutnya, beri tahu Excel untuk menghitung rentang data Anda. Jika teks Anda terdaftar dari sel B2 hingga B20 masukkan rumus berikut: “=SUBTOTAL (B2 : B20)”.
Setelah Anda menekan “Enter” untuk menerapkan filter, Excel hanya akan menampilkan sel yang berisi warna tersebut dan menyembunyikan nilai yang tersisa .

Fungsi “SUBTOTAL” akan mengecualikan nilai di baris tersembunyi, oleh karena itu, mengembalikan hitungan hanya untuk warna teks yang dipilih.

Menemukan Sel Dengan Teks

Aplikasi Excel melakukan pekerjaan yang baik dalam menyimpan data Anda dan memfasilitasi analisis. Ini menangani teks serta angka.

Lebih dari empat ratus fungsi termasuk fungsi “COUNTIF”. Fungsi ini berguna untuk menemukan total sel yang berisi informasi spesifik seperti sel dengan teks, dan jumlah kemunculan untuk teks tertentu.

Apakah Anda dapat mengetahui apa yang perlu Anda ketahui tentang data spreadsheet Anda? Seberapa berguna menurut Anda Excel secara umum? Bagikan pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: