Cara Mengidentifikasi Lagu dari Video YouTube

“Apa nama lagu ini?” adalah pertanyaan yang telah ditanyakan selama musik ada. Anda mendengar sesuatu yang Anda sukai, dan lebih dari segalanya, Anda ingin tahu cara mendengarkannya lagi.

Jika Anda menonton aliran musik atau video dengan musik latar di YouTube dan Anda beruntung, pengunggah mungkin telah menambahkan daftar lagu yang diberi stempel waktu. Jika belum, bagaimana cara mengidentifikasi lagu dari video YouTube?

Mengidentifikasi Lagu dari Video YouTube

Tidak mudah mengidentifikasi lagu dari video YouTube, namun ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Semuanya membutuhkan keterampilan detektif, jadi bersihkan kaca pembesar Anda dan mulai bekerja!

1. Periksa Deskripsi Video

Pembuat konten paling berpengalaman akan menambahkan daftar lagu atau kredit musik ke deskripsi videonya. Jika Anda beruntung dan menonton video yang tepat, Anda mungkin juga menemukan stempel waktu hyperlink sehingga Anda dapat langsung melompat di sekitar video untuk menemukan tag yang tepat. Anda juga akan memiliki stempel waktu hyperlink sehingga Anda dapat langsung membuka lagu dan melihat apakah itu lagu yang benar.

2. Cek Komentar

Jika tidak ada tracklist atau informasi lagu di deskripsi, cek komentar. Anda mungkin bukan satu-satunya yang ingin tahu apa lagu tertentu dalam video YouTube. Baca komentar dan lihat apakah orang lain bertanya tentang lagu tertentu. Bahkan jika pengunggah tidak menjawab, terkadang penggemar yang membantu memberikan jawaban.

3. Cari Lirik

Jika Anda ingat beberapa lirik (jika ada), masukkan ke mesin pencari untuk melihat apa yang muncul. Ada situs web tertentu yang menawarkan daftar lirik termasuk, Lyrics.com, Lyricsworld.com atau Find Music By Lyrics. Google sedikit campur aduk saat mengembalikan hasil untuk lirik. Kadang-kadang itu membuat mereka tepat dan di lain waktu, itu membawa kembali hasil yang tampaknya acak, jadi beberapa pencarian mungkin diperlukan.

4. Gunakan aplikasi untuk mengidentifikasi lagu dari YouTube

Jika tidak ada opsi mudah yang berfungsi, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu Anda mengidentifikasi lagu. Jika Anda menggunakan ponsel, Shazam adalah aplikasi masuk untuk mengidentifikasi musik yang Anda dengar.
Cara Menemukan Lirik menggunakan ShazamInstal Shazam jika Anda belum memilikinya. Putar lagu di latar belakang dengan mendengarkan Shazam dan itu harus dapat mengidentifikasinya.
Jika Anda pengguna Chrome, ada add-on bernama AHA Music – Music Identifier yang tampaknya sangat bagus dalam melakukan pekerjaan serupa dengan Shazam dari browser Anda. Ada aplikasi lain yang tersedia di browser lain atau sebagai layanan online.

5. Gunakan Audiotag.info dan Direct Youtube Link

Opsi aplikasi web lainnya adalah layanan yang disebut Audiotag.info. Ini adalah layanan gratis yang telah ada selama hampir satu dekade.

Untuk menggunakan Audiotag.info, ikuti langkah-langkah berikut:
Salin URL video dari YouTube, lalu tempel ke “kotak URL”. Salin stempel waktu tempat audio berada dan tempelkan ke “kotak waktu” kecil di sebelah kanan. Pilih “Analisis URL” dan biarkan Audiotag menjalani prosesnya. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda mendapatkan lagu yang diidentifikasi dengan benar. Ada situs web lain seperti ini, jadi jika Anda tidak menyukai tampilan yang satu ini, coba yang lain.
6. Ask Random People

Jika semuanya gagal, situs seperti “Wat Zat Song?” adalah tempat yang berguna untuk dikunjungi jika Anda benar-benar perlu mengidentifikasi lagu dari video YouTube. Ini adalah situs yang dikuratori manusia tempat Anda mengunggah klip lagu dan orang lain mencoba mengidentifikasinya. Patut dicoba jika tidak ada yang berhasil!

Sebagai penutup, mengidentifikasi lagu yang digunakan di YouTube dapat menjadi tantangan, tetapi ada banyak cara dan opsi untuk melakukannya. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak langsung mendapatkan jawaban, tetapi kemungkinan besar Anda akan mendapatkannya. Opsi di atas adalah beberapa cara yang baik untuk mengidentifikasi lagu dari video YouTube untuk membantu Anda memulai petualangan lirik Anda!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: