Cara Mengirim Faks Langsung dari Gmail

Banyak orang menganggap faks sudah usang. Siapa yang perlu mengirim informasi menggunakan kertas di zaman sekarang ini? Nah, ada beberapa contoh di mana Anda ingin menerima atau mengirim hard copy sesuatu. Misalnya, jika penerima perlu menandatangani dokumen atau memerlukan formulir yang telah diisi.

Meskipun saat ini tidak terlalu banyak perusahaan dan rumah tangga yang memiliki mesin faks, ada cara untuk mengirim faks dengan cara modern. Misalnya, Anda dapat menggunakan Gmail untuk mengirim faks ke seseorang secara langsung.

Dapatkah Anda Mengirim Faks menggunakan Gmail?

Sayangnya, mengirim faks langsung dari Gmail pada setelan standar tidak dapat dilakukan. Google belum memiliki fitur seperti itu. Namun, Anda BISA menggunakan layanan online untuk membantu Anda mengirim faks melalui email.

Mendaftar untuk Layanan Email-ke-Faks

Untungnya, ada layanan email-ke-faks yang memungkinkan Anda mengirim faks di Gmail. Setelah Anda mendaftar untuk layanan tersebut dan telah mengatur semuanya dengan benar, Anda dapat memasukkan nomor telepon di dalam pesan Gmail dan mengirim konten melalui faks ke mesin faks.

Anda dapat menemukan salah satu layanan ini di Google, seperti eFaks. Kebanyakan dari mereka cukup mudah. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini tidak sepenuhnya gratis. Tentu, sebagian besar dari mereka akan memungkinkan Anda mengirim beberapa faks secara gratis, tetapi setelah beberapa saat, Anda akan diminta untuk membayar langganan atau untuk membeli kredit atau token. Di sisi lain, beberapa mungkin menawarkan faks gratis tetapi menyertakan surat lamaran perusahaan atau menambahkan tanda air kecuali Anda membayar untuk layanan premium.

Beberapa Aplikasi Email-ke-Faks yang Dapat Anda Gunakan
eFax®RingCentralmyfax®
Catatan penting lainnya: Terlepas dari email-ke -fax yang Anda pilih, Anda harus menggunakan alamat email yang telah Anda daftarkan untuk mengirim faks dari Gmail. Dengan kata lain, Anda hanya dapat mengirim faks dari alamat yang Anda gunakan saat mendaftar ke layanan.

Mengirim Faks Langsung dari Gmail

Asalkan Anda telah mendaftar dengan benar, inilah saatnya untuk mengirim faks pertama Anda. Masalah dengan banyak layanan faks email adalah bahwa mereka tidak sering menawarkan panduan lengkap tentang cara mengirim faks dari Gmail. Untungnya, Anda telah menemukan petunjuk yang benar tentang cara melakukannya. Begini caranya.
1. Buat Akun Email Baru di Gmail

Berikut cara membuat email baru, untuk yang belum tahu. Buka beranda Gmail dan masuk menggunakan kredensial Anda. Kemudian, di halaman utama dan arahkan ke sudut kiri atas layar. Pilih Tulis. Jendela seperti obrolan baru akan terbuka di sudut kanan bawah layar. Bagian ini adalah tempat Anda memasukkan semua informasi pengiriman dan isi pesan faks.
2. Masukkan informasi

Saat Anda mengetik email lain, Anda akan melakukannya di sini sama saja. Namun, di bidang Penerima, Anda akan memasukkan informasi yang lebih spesifik yang berisi “nomor faks” penerima, termasuk kode area (tanpa tanda hubung).

Anda harus memasukkan lebih banyak informasi setelah itu. Setelah nomor faks, tanpa spasi, masukkan “domain” penyedia faks. Penyedia email-ke-faks Anda harus menyediakan info ini.

Bidang Penerima akan terlihat seperti ini: [email protected]
3. Tambahkan Konten

Mari kita mulai dengan isi email yang khas. Bagian ini adalah tempat Anda akan memasukkan surat lamaran Anda. Itu berarti apa saja. Masukkan informasi apa pun yang Anda inginkan. Ini bisa berupa surat biasa.

Isi sebenarnya dari email-ke-faks modern ada dalam file terlampir. Sebagian besar penyedia mengizinkan pengiriman file DOC, PDF, JPG, dan TXT. Anda akan menemukan banyak ekstensi lain yang tersedia dari penyedia ke penyedia. Untuk melampirkan file ini, pilih dan seret ke badan email. Atau, pilih Lampirkan file dan pilih file yang ingin Anda kirim di jendela yang muncul.
4. Kirim Email

Setelah selesai menambahkan semua konten, diketik atau dilampirkan, saatnya mengirim pesan. Pastikan Anda telah memasukkan semua informasi yang benar dan semua lampiran ada di sana. Jangan ragu untuk menambahkan informasi ke bidang Subjek di email. Anda tidak perlu melakukannya.

Setelah Anda memeriksa ulang semuanya, yang perlu Anda lakukan untuk mengirim email ke mesin faks seseorang adalah dengan menekan tombol “Kirim”, seperti mengirim email biasa.

Manfaat dari Email-ke-Fax

Hasil utama menggunakan email untuk mengirim faks, jelas, tidak harus mendapatkan mesin faks atau mengemudi ke suatu tempat untuk menggunakannya. Satu-satunya plus besar untuk menggunakan layanan email-ke-faks adalah aksesibilitas. Dengan cara ini, Anda dapat mengirim konten ke mesin faks orang lain menggunakan ponsel cerdas atau perangkat tablet Anda.

Selama Anda menggunakan Gmail yang digunakan untuk mendaftar layanan email-ke-faks, Anda dapat menggunakan perangkat apa pun untuk mengirim faks. Itu adalah jembatan yang signifikan dari kesenjangan antara metode faks yang baru dan yang agak kuno.

Mengirim Faks dari Gmail

Seperti yang Anda lihat, menggunakan Gmail Anda untuk mengirim faks sebenarnya adalah mungkin. Tentu, Anda tidak akan dapat melakukannya secara asli dari akun Gmail Anda, tetapi banyak layanan email-ke-faks akan memungkinkan Anda melakukannya. Proses pembuatan faks sebenarnya semudah mengirim email lain.

Apakah Anda berhasil mengirim faks ke seseorang menggunakan Gmail?

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: