Cara Mengirim Pesan di Google Documents

Google Documents menawarkan kepada tim dan kolega di seluruh dunia, kemampuan untuk berkolaborasi dalam proyek online dengan lancar dan efisien. Bekerja sendiri atau secara bersamaan kapan saja sepanjang hari terlepas dari zona waktu.

“Itu sangat keren. Bagaimana dengan kemampuan berkomunikasi satu sama lain? Apakah Anda harus meninggalkan komentar?”

Itu salah satu cara untuk melakukannya. Bukan cara yang sangat baik sekalipun. Anda selalu dapat mengobrol menggunakan aplikasi atau platform media sosial seperti Slack atau Facebook Messenger. Mereka berfungsi dan sangat mungkin bahwa setiap orang memiliki akun Facebook. Namun, Anda dapat menghindari semua pihak ketiga itu, melompat-lompat dan mengobrol langsung di Google Doc.

“Google Documents juga memiliki fungsi obrolan?”

Ya! Buka saja dan mulai mengetik. Lebih suka ucapan-ke-teks daripada suara klik-klik dari keyboard Anda? Selama Anda memiliki pengaturan mikrofon di PC, hanya beberapa langkah mudah untuk memulai.

Teruskan membaca untuk mengetahui bagaimana Anda dapat mengobrol di dalam Google Dokumen.

Berkomunikasi di dalam Google Documents

Komunikasi di dalam Google Documents sangat mudah dilakukan tanpa menggunakan sumber atau aplikasi luar. Saat bekerja secara bersamaan dengan rekan kerja Anda, Anda dapat membuka kotak obrolan, mengetik pesan, dan mengirimkannya. Siapa pun yang saat ini bekerja di dalam Dokumen akan menerima pesan yang sama dengan fungsi obrolan yang digunakan untuk komunikasi terbuka.

Untuk mulai menggunakan fungsi obrolan:
Buka Google Dokumen di depan Anda.Anda juga memerlukan orang lain yang sedang mengerjakan Dokumen pada saat yang sama atau fungsi tersebut tidak akan ada untuk digunakan. Pemirsa anonim tidak akan dihitung karena obrolan hanya tersedia untuk dokumen yang secara khusus dibagikan.Terletak di kanan atas jendela, klik Obrolan.Masukkan pesan apa pun yang Anda inginkan dan tekan tombol Kirim atau cukup tekan Enter.Ketika Anda tidak lagi memerlukan fungsi obrolan, klik Tutup di sudut kanan atas jendela obrolan.
Ketika Anda menutup jendela obrolan, Anda belum dihapus dari obrolan itu sendiri. Pesan akan tetap diterima saat percakapan berlanjut. Pengguna yang saat ini berada di dalam dokumen yang jendela obrolannya tidak terbuka akan memiliki titik merah yang muncul di atas ikon Obrolan. Ini akan menunjukkan kepada mereka bahwa seseorang telah mengirim pesan yang belum mereka baca. Mereka yang jendela obrolannya terbuka akan menerima pesan saat diketik.

Setiap orang yang saat ini masuk ke Google Dokumen dapat melihat pesan tersebut. Satu-satunya pengecualian adalah mereka yang berasal dari akun anonim. Mereka tidak dapat melihat obrolan atau mereka yang sedang berpartisipasi dalam percakapan.

Setelah Anda menutup Google Dokumen atau keluar darinya, mereka secara otomatis dihapus dari obrolan. Jika mereka kembali ke dokumen, semua obrolan yang telah diterima serta semua pesan yang dikirim tanpa kehadiran mereka tidak akan terlihat.

Chat tidak akan disimpan dan juga tidak ada cara untuk mengekspornya. Jika Anda ingin menyimpan arsip sesi obrolan sebelumnya, Anda harus melakukannya dengan mengambil tangkapan layar percakapan. Bagi mereka yang berkolaborasi melalui penggunaan perangkat seluler, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka file. Anda sudah dapat mengobrol tanpa langkah tambahan.

Menggunakan Ucapan-ke-Teks

Di Google Documents, yang Anda butuhkan hanyalah mikrofon yang berfungsi dan PC untuk menghentikan obrolan dasar untuk opsi ucapan-ke-teks yang lebih bebas genggam. Anda dapat menjeda dan melanjutkan dikte kapan saja melalui penggunaan perintah verbal.

Sebelum memulai:
Pastikan mikrofon Anda disetel dengan benar dan berfungsi penuh.Saat ini, ucapan-ke-teks hanya tersedia untuk Pengguna PC dan tidak bekerja dari perangkat seluler Anda.Fungsi ini berfungsi paling baik saat suara Anda terdengar jelas, jadi pastikan lingkungan kerja Anda bebas dari kebisingan latar belakang yang tidak perlu.
Yang perlu Anda lakukan untuk mulai menggunakan ucapan-ke-teks:
Buka Google Doc di dalam Browser Chrome. Dari menu di bagian atas, klik Alat dan kemudian Pengetikan suara… Kotak mikrofon akan muncul jika aktif. Anda harus mengekliknya untuk mengaktifkan mikrofon agar mulai mendikte ucapan-ke-teks. Bicaralah dengan jelas dan dengan kecepatan normal sehingga ucapan mudah diambil dan bebas kesalahan. Setelah selesai dengan dikte, klik kotak mikrofon lagi untuk menutupnya.
Jika sewaktu-waktu selama pidato Anda merasa bahwa Anda membuat kesalahan atau tersandung kata-kata Anda, Anda dapat menggunakan mouse untuk memperbaikinya. Cukup pindahkan kursor ke tempat kesalahan dibuat dan perbaiki sebelum mematikan mikrofon.

Setelah kesalahan diperbaiki, untuk melanjutkan dikte, Anda dapat memindahkan kursor kembali ke tempat terakhir Anda tinggalkan.
Perintah & Tanda Baca Suara
Penggunaan perintah suara hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Bahasa akun dan bahasa untuk Dokumen Google juga harus disetel ke Bahasa Inggris atau tidak akan berfungsi. Untuk melihat daftar lengkap semua perintah yang tersedia, Anda dapat membaca artikel Pusat Bantuan resmi atau mengucapkan “bantuan perintah suara” ke mikrofon saat mengetik dengan suara.

Perintah yang tersedia untuk Anda dapat membantu Anda mengedit dan memformat Google Doc sebagai Anda menggunakan pidato-ke-teks. Anda juga dapat mengucapkan tanda baca untuk menempatkannya di tempat yang sesuai. Daftar tanda baca dan isyarat perintah yang dapat digunakan:
PeriodCommaTitik seruTanda tanyaBaris baruParagraf baru
Tidak Dapat Menggunakan Fungsi Obrolan

Anda dan pengguna lain berada di dalam Google Dokumen dan mencoba berkomunikasi, tetapi untuk beberapa alasan, ikon Obrolan tidak ditemukan. Ini mungkin karena beberapa alasan berbeda:
Mulai dengan kemungkinan yang paling kecil kemungkinannya bahwa Anda mungkin di bawah umur. Ya, Anda membacanya dengan benar. Jika saat ini Anda berusia di bawah tiga belas tahun (dapat ditemukan melalui profil akun Google Gmail Anda), fitur Obrolan dinonaktifkan secara otomatis. Seperti yang dinyatakan di atas, pengguna anonim tidak dapat melihat atau mengambil bagian dalam diskusi di Google Documents. Mungkin Anda tidak masuk ke akun Gmail Anda (atau akun yang salah) atau Anda telah dikeluarkan dari proyek. Periksa yang pertama sebelum menjadi gila pada pemilik Dokumen untuk mem-boot Anda tanpa pemberitahuan. Administrator dapat menonaktifkan fitur Obrolan jika saat ini Anda bekerja dengan G Suite. Harus mengambilnya dengan siapa pun yang menjalankan keamanan sistem Anda di tempat kerja untuk mengaktifkannya. Anda juga dapat diundang untuk melihat dokumen oleh seseorang yang saat ini menggunakan G Suite di mana adminnya juga telah menonaktifkan Obrolan.
Pertanyaan Umum
Mengapa saya tidak dapat melihat tombol Obrolan di Google Documents?

Jika Anda tidak dapat melihat Obrolan pilihan di Google Documents, maka itu berarti Anda melihat dokumen itu sendiri atau mungkin ada kesalahan. Coba buka kembali dokumen atau segarkan halaman jika Anda tahu bahwa orang lain sedang melihat dokumen yang sama.
Apakah Google Documents memiliki fungsi obrolan pribadi?

Mengingat bahwa Google menawarkan berbagai aplikasi untuk berkomunikasi dengan individu, saat ini tidak ada opsi obrolan pribadi yang tersedia.
Dapatkah saya menggunakan fitur Obrolan Google Documents di perangkat seluler?

Pada pengeditan ini, tidak ada opsi yang tersedia untuk menggunakan Obrolan di Google Documents dengan perangkat seluler, baik Android maupun iOS.

Menjaga Kontak dengan Google Documents

Google Documents memiliki banyak alat bawaan yang mungkin tidak dimiliki banyak pengguna mengetahui rahasia, salah satunya adalah kemampuan untuk mengirim pesan di dalamnya. Sekarang setelah Anda mengetahuinya, Anda siap untuk melakukan upaya komunikasi dan koordinasi ke tingkat berikutnya.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: