Cara Mengontrol TV Anda dengan Remote Roku

Saat Anda membeli perangkat Roku, Anda mungkin akan mendapatkan remote khusus yang membantu Anda menavigasi dan menelusuri pemutar Roku Anda. Namun, ini juga memerlukan remote terpisah untuk menyalakan TV Anda dan menyesuaikan volume.

Ini tidak harus terjadi. Anda dapat mengatur remote Roku yang disempurnakan untuk bekerja dengan TV Anda juga, meskipun dengan fitur yang dikurangi. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana remote Roku dapat bekerja dengan sebagian besar merek TV.

Dapatkah Anda Mengatur Roku Remote untuk Mengontrol TV?

Rilis Roku Streaming Stick + dan Roku Ultra 2017 memperkenalkan remote control Roku baru yang dapat Anda atur untuk mengontrol TV Anda. Remote yang disempurnakan ini berisi teknologi inframerah dan nirkabel yang memungkinkan Anda mengontrol pemutar Roku dan fungsi tertentu TV Anda.

Dengan remote Roku yang disempurnakan, Anda dapat mengontrol daya TV dan menyesuaikan volumenya, tetapi Anda mungkin tidak dapat mengubah saluran dan menggunakan beberapa fungsi lainnya. Beberapa merek TV mengizinkan Anda melakukannya, tetapi jumlahnya sedikit.

Selain itu, Anda tidak dapat menggunakan remote Roku untuk mengontrol perangkat yang tersambung ke TV, seperti penerima audio dan video, bilah suara, pemutar DVD, dan lain-lain.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menyetel Jarak Jauh

Anda harus mengingat beberapa hal sebelum mulai menyiapkan kendali jarak jauh.

Pertama, Anda harus tahu bahwa Anda dapat menyetel kendali jarak jauh selama penyiapan perangkat Roku tetapi juga setelah Anda menyelesaikan semuanya. Jadi, jika Anda sudah menginstal Roku di TV Anda, tidak ada yang perlu dikhawatirkan – artikel ini akan membahas kedua metode tersebut. mengenali merek TV Anda. Terkadang ini tidak memungkinkan sehingga Anda harus memasukkan merek TV Anda secara manual. Oleh karena itu, Anda harus mengumpulkan informasi yang diperlukan sebelum melanjutkan penginstalan.

Pada akhirnya, Anda harus selalu menghubungkan Roku langsung ke TV saat Anda ingin mengatur remote control. Ini diperlukan agar pemutar Roku mengenali merek TV Anda (dan mengatur remote yang sesuai). Beberapa orang menghubungkan Roku ke sistem surround mereka alih-alih TV – ini baik-baik saja, tetapi tidak selama penyiapan. Saat Anda memasang remote, sambungkan Roku ke TV secara langsung. Setelah selesai, Anda dapat menyesuaikan kembali kabelnya.

Menyiapkan Remote Selama Instalasi Roku

Pertama kali Anda memutuskan untuk menyetel pemutar Roku, Anda harus melalui serangkaian petunjuk di layar sebelum Anda melihat layar Periksa pengaturan jarak jauh . Ini adalah saat Anda akan mengatur remote control untuk mengakses TV Anda.

Pertama, besarkan volume TV agar Anda dapat mendengarnya. Arahkan remote Roku Anda langsung ke TV saat Anda membaca instruksi. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:
Pilih Periksa pengaturan jarak jauh untuk pergi ke layar berikutnya.Pilih Ya jika Anda mendengar musik diputar. Jika Anda tidak mendengar musik, gunakan remote TV untuk memperbesar volume. Pilih Ya jika musik berhenti di layar berikut. Ini adalah saat sistem mengenali merek TV Anda dan menggunakan rangkaian kode jarak jauh tertentu untuk mencoba dan membisukan suara. Catatan: Jika musik tidak berhenti, berarti Roku gagal mengenali merek secara otomatis. Memilih Tidak akan membawa Anda ke layar lain di mana Anda harus pergi ke Masukkan Merek TV dan menggunakan tombol jarak jauh Anda untuk memasukkan nama merek (itu akan muncul di daftar). Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur remote Anda. Pilih OK untuk menyelesaikan pemrograman remote. Tergantung pada model TV Anda, remote Anda akan memiliki lebih banyak atau lebih sedikit fungsi.
Mengatur Remote Anda Setelah Instalasi Roku

Anda dapat mengatur remote Roku Anda setelah pengaturan awal dengan mengakses menu ‘Pengaturan’ pada pemutar Roku. Pastikan Roku Anda terhubung langsung ke TV dan lakukan hal berikut:
Tekan tombol Utama di remote Roku, buka Setelan, lalu klik OKE. Selanjutnya, pilih Remote & Devices.Buka Set up Remote untuk kontrol TV. Tekan Start.
Roku akan secara otomatis memulai proses setup untuk menghubungkan TV dan remote Anda. Cukup ikuti petunjuk di layar dengan hati-hati dan Anda akan dapat mengatur remote.

Pasangkan Remote dan TV

Jika Anda memiliki remote dan TV Roku yang lebih baru, Anda dapat dengan cepat memasangkannya.
Buka penutup baterai pada remote Roku Anda dan tekan dan tahan tombol Pairing selama sekitar lima detik, lampu akan mulai berkedip pada remote.
Jangan Buang Remote TV Anda Sepenuhnya

Meskipun remote Roku yang disempurnakan dapat mengontrol aspek-aspek tertentu dari TV Anda, Anda harus tetap menyimpan remote control TV biasa di suatu tempat yang dekat .

Anda mungkin memerlukannya untuk mengakses menu TV tertentu yang hanya tersedia dengan remote TV yang ditentukan. Ini mungkin termasuk menu pengaturan atau menu untuk beralih di antara input yang berbeda (HDMI, koaksial, dll.).

Namun, bagi mereka yang mengalirkan konten mereka secara khusus dari Roku, menggunakan hanya satu remote bisa sangat nyaman. Apakah Anda setuju dengan ini? Tinggalkan komentar di bagian di bawah ini.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: