Cara Mengonversi Dokumen Word menjadi Gambar JPG atau GIF

Meskipun dokumen Microsoft Word kompatibel dengan pengolah kata lain, terkadang Anda mungkin perlu menyimpannya sebagai gambar JPG atau GIF. Meskipun Anda tidak dapat mengekspor dokumen Anda sebagai file gambar, ada beberapa cara untuk melakukannya. Semuanya gratis dan mudah, sehingga Anda dapat menggunakan apa pun yang paling nyaman bagi Anda.

Mengonversi Dokumen ke Gambar Menggunakan Tempel Spesial

Mulai dari rilis Office 2007, Word menambahkan fungsi Tempel Spesial, yang dapat digunakan untuk mengonversi dokumen menjadi png, jpg, gif, dan format gambar lainnya. Berikut langkah-langkahnya:
Buka dokumen yang ingin Anda simpan sebagai JPG atau GIF. Untuk memilih seluruh konten, tekan CTRL+A di Windows (atau Command-A di Mac). Sebagai alternatif, buka menu Edit dan pilih Select All. Ketahuilah bahwa metode ini hanya akan menyimpan satu halaman. Anda harus melalui langkah-langkah ini untuk setiap halaman secara terpisah. Salin pilihan Anda. Di PC gunakan CTRL+C (atau Command-C di Mac). Anda juga dapat mengklik kanan pada konten yang dipilih dan memilih Salin atau mengklik ikon Salin di dekat sudut kiri atas di Word. Buka Dokumen Baru dan pilih Tempel Spesial dari Menu Tempel. Anda juga dapat menemukan Tempel Spesial di menu Edit. Pilih Gambar (Enhanced Metafile) dan klik OK. Gambar dari satu halaman yang Anda pilih akan ditempelkan ke dalam dokumen. Klik kanan pada konten dan pilih Simpan sebagai Gambar. Pilih format gambar yang diinginkan, termasuk JPG, GIF, PNG, dan beberapa lainnya. Hasil akhir akan terlihat seperti bagian dari “The Raven” oleh Edgar Allan Poe.
Jika Anda mendapatkan gambar dengan latar belakang hitam, Anda dapat mencoba solusi ini:
Simpan gambar lagi, tetapi kali ini menggunakan format lain.Jika Anda memiliki sekunder ditampilkan, nonaktifkan sebelum mengonversi dokumen.
Konversi Dokumen Word Menjadi File PDF

Versi terbaru Microsoft Word memungkinkan Anda menyimpan dokumen sebagai file PDF, yang lebih mudah dikonversi menjadi file gambar.

Konversi di Windows
Buka dokumen yang ingin Anda konversi jpg.Klik File>Save As dan simpan sebagai PDF.Buka Microsoft Store dan unduh aplikasi PDF ke JPEG.Buka program dan klik Pilih File.Temukan PDF Anda dan pilih.Pilih tempat menyimpan file baru.Klik Convert.
Perhatikan bahwa aplikasi PDF ke JPEG akan mengonversi banyak halaman, yang seharusnya berfungsi lebih baik jika Anda perlu mengonversi dokumen panjang menjadi gambar. Batasannya adalah tidak ada dukungan untuk menyimpan ke GIF atau format gambar lainnya. Selain itu, Anda tidak dapat mengatur kualitas gambar.

Konversi di Mac
Buka dokumen yang ingin Anda konversi ke jpg atau gif. Buka File>Save As dan simpan sebagai PDF di Word. Keluar dari aplikasi.Klik pada file PDF, pilih Buka Dengan dari menu, dan pilih Pratinjau.Klik File dan pilih Ekspor dari menu tarik-turun.Klik pada format dan pilih untuk menyimpan dokumen sebagai file JPEG.Gunakan penggeser untuk pilih kualitas JPEG.Klik Simpan untuk mengonfirmasi konversi.
Menggunakan Penampil/Editor Gambar

Anda dapat menggunakan Microsoft Paint atau penampil dan editor gambar lainnya untuk menyimpan Dokumen Word sebagai JPG atau GIF.
Buka dokumen yang ingin Anda konversi.Menggunakan alat zoom, ukuran dokumen sehingga seluruhnya berada di layar.Tekan Print Screen.Buka Microsoft Paint atau aplikasi serupa, seperti IrfanView atau FastStone Image Viewer.Tekan CTRL+V. Gambar yang disalin akan muncul di layar.Gunakan alat potong untuk menghapus bagian tangkapan layar yang tidak diinginkan.Klik Simpan Sebagai dan beri nama file Anda.Pilih JPG atau GIF sebagai format.
Menggunakan Konverter Online

Keuntungan utama konverter online adalah mereka mudah digunakan dan berfungsi di setiap platform selama Anda memiliki browser modern.
Buka situs web Word ke JPEG.Klik Unggah File. Anda dapat memilih hingga 20 dokumen Word untuk dikonversi. Ukuran file total tidak boleh lebih dari 50MB. Setelah konversi selesai, unduh JPG satu per satu atau sebagai arsip ZIP.
Mengonversi Dokumen Word ke Gambar Sesuai Keinginan Anda

Setiap pendekatan yang dijelaskan memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda perlu mengonversi satu halaman ke JPG atau GIF, menggunakan Print Screen dan Microsoft Paint atau Paste Special adalah cara tercepat untuk melakukannya.

Namun, jika Anda bekerja dengan banyak halaman, ada solusi yang lebih baik. Disarankan untuk menyimpan dokumen sebagai PDF sebelum mengonversinya menggunakan aplikasi pihak ketiga di Windows atau Pratinjau. Atau, Anda dapat beralih ke konverter online.

Manakah dari metode konversi berikut yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Seberapa sering Anda perlu mengonversi dokumen Word menjadi gambar? Bagikan pemikiran Anda di komentar.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: