Cara Mengonversi Foto ke Format File PDF

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacWindowsPerangkat Hilang?
Mengonversi foto ke PDF bermanfaat karena dua alasan. Pertama, ini memungkinkan Anda untuk mengubah gambar menjadi format yang lebih mudah dibaca. Kedua, Anda dapat mengompres PDF tanpa kehilangan kualitas file aslinya. Untungnya, ini adalah proses yang relatif mudah.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk mengonversi foto ke PDF di perangkat yang berbeda.

Cara Mengonversi Foto JPG, GIF, atau PNG ke PDF di iPhone

Gambar yang disimpan pada iPhone Anda akan sering jenis file yang berbeda. Misalnya, HEIC, PNG, JPG, atau GIF. Mungkin Anda memiliki gambar yang ingin Anda kirim ke kolega sebagai dokumen, atau mungkin Anda memiliki dokumen yang ingin Anda kirim sebagai gambar. Either way, ini adalah bagaimana Anda mengubah JPG dan PNG ke PDF di iPhone:
Buka kunci iPhone Anda dan navigasikan ke “Album.” Selanjutnya, ketuk “Pilih” di sudut kanan atas layar. Ketuk dan pilih gambar yang Anda inginkan ingin mengkonversi. Foto-foto yang Anda pilih akan muncul dengan ikon centang biru kecil di kanan bawah setiap gambar. Setelah Anda memilih gambar atau gambar yang ingin Anda konversi, klik “Bagikan” (kotak persegi panjang dengan panah menghadap ke atas.) Dari menu yang muncul, pilih “Simpan ke File.” Menu Simpan lokasi akan muncul; dari sini, ketuk “Di iPhone Saya.” Setelah daftar semua folder Anda turun, pilih folder tempat Anda ingin menyimpan file-file ini. Tekan “Simpan” di sudut kanan atas layar. Arahkan kembali ke layar beranda Anda dan akses aplikasi “File” Anda. Di bagian bawah layar yang terbuka, temukan dan klik “Jelajahi”. Gulir untuk menemukan “Lokasi,” lalu pilih “Di iPhone Saya.” Dari layar yang terbuka, pilih folder tempat Anda menyimpan file. Selanjutnya, ketuk “Pilih” di kanan atas layar lalu pilih gambar. Ketuk ikon di kanan bawah ponsel yang menunjukkan tiga titik dalam lingkaran. Sebuah menu akan terbuka. Pilih “Buat PDF.” iPhone Anda akan menyimpan gambar-gambar ini sebagai PDF.
Penting untuk diingat bahwa jika Anda mengompilasi lebih dari satu gambar ke dalam PDF dengan cara ini, iPhone Anda akan memposisikannya dalam dokumen sesuai dengan nama filenya. Jika Anda ingin foto dalam urutan tertentu, ganti namanya terlebih dahulu.

Mengonversi GIF

Tidak semua perangkat memungkinkan Anda mengonversi GIF ke PDF dengan aplikasi asli (pra-instal). Aplikasi yang telah teruji waktu yang dapat Anda gunakan untuk ini adalah Adobe Acrobat Reader, yang dapat diunduh gratis. Unduh aplikasi ini ke iPhone Anda dan ikuti langkah-langkah ini untuk mengonversi GIF Anda ke PDF:
Arahkan ke aplikasi Adobe Reader di ponsel Anda. Dari menu “Alat”, pilih “Buat PDF.” Pilih GIF yang ingin Anda konversi ke PDF. Ketuk “Buat.” Ikuti petunjuk untuk menyimpan PDF Anda.
Cara Mengonversi Foto JPG, GIF, atau PNG ke PDF di Perangkat Android

Mengonversi JPG atau PNG di perangkat Android lebih mudah daripada metode yang diperlukan untuk iPhone. Inilah cara Anda melakukannya:
Buka perangkat Android Anda dan arahkan ke “Galeri.” Temukan gambar yang ingin Anda konversi ke PDF dan ketuk untuk membukanya. Klik ikon dengan tiga titik vertikal di kanan atas dari layar. Dari menu yang turun ke bawah, pilih “Cetak.” Di bagian paling atas layar, Anda akan melihat bilah dengan nama printer dan panah abu-abu gelap di sebelahnya. Ketuk panah ini. Menu dari berbagai printer yang tersedia akan turun. Pilih “Simpan sebagai PDF.” Pratinjau gambar akan terbuka. Ikon kuning “Unduh PDF” akan muncul. Klik ikon ini. Pilih di mana Anda ingin menyimpan PDF lalu ketuk “Selesai” di bagian bawah layar.
Mengonversi GIF

Meskipun Android memungkinkan Anda mengonversi file PNG dan JPG dengan cara ini, GIF tidak didukung. Untuk mengonversi file-file ini ke PDF, Anda harus menggunakan aplikasi. Kami menyarankan untuk mencoba aplikasi Adobe Acrobat Reader, yang dapat Anda unduh secara gratis dari Google Play Store. Langkah-langkah ini akan menunjukkan cara mengonversi GIF ke PDF menggunakan aplikasi ini:
Luncurkan aplikasi Adobe Acrobat Reader di perangkat Android Anda. Di layar beranda, temukan ikon yang muncul sebagai lingkaran biru besar dengan tanda plus putih. Ketuk ikon ini. Dari menu yang muncul, pilih “Buat PDF.” Pilih “Pilih File” lalu pilih GIF yang ingin Anda konversi ke PDF. Ketuk “Buat.” Simpan PDF Anda dengan mengikuti petunjuknya.
Bagaimana untuk Mengonversi Foto JPG, GIF, atau PNG ke PDF di Mac

Tidak seperti perangkat seluler, Mac Anda dapat mengonversi lebih banyak jenis file ke PDF, termasuk PNG, GIF, TIFF, dan JPG. Ikuti petunjuk di bawah untuk mengonversi foto ke PDF di Mac:
Buka folder di Mac yang berisi gambar yang ingin Anda konversi ke PDF. Pilih mereka dan klik kanan. Dari menu, pilih “Buka Dengan” dan kemudian pilih “Pratinjau Mac” dari opsi. Aplikasi Pratinjau Mac kemudian akan diluncurkan. Di sisi kiri, Anda akan melihat thumbnail dari gambar yang Anda pilih untuk dikonversi. Seret dan jatuhkan sesuai urutan yang Anda inginkan saat dikonversi ke PDF. Untuk mengorientasikan gambar dengan cara yang benar, klik thumbnail di panel. Kemudian, di bagian atas layar, pilih ikon “Putar” (persegi panjang dengan panah melengkung di atasnya.) Selanjutnya, buka “File” di kiri atas layar dan tekan. Dari menu, pilih “Cetak.” Atur dokumen ke ukuran dan tata letak yang Anda inginkan sebelum menavigasi ke kiri bawah layar ke tombol dengan panah tarik-turun. Klik tombol ini dan pilih “Simpan sebagai PDF.” Ikuti petunjuk untuk menyimpan PDF Anda di lokasi pilihan Anda.
Cara Mengonversi Foto JPG, GIF, atau PNG ke PDF di Windows 10

Windows 10 hampir sama dengan Mac karena memungkinkan Anda mengonversi berbagai file gambar, termasuk GIF, ke dalam PDF. Jika Anda ingin tahu caranya, ikuti langkah-langkah berikut:
Di komputer Windows 10 Anda, buka folder yang berisi foto atau GIF yang ingin Anda konversi ke PDF di aplikasi asli di Windows yang disebut “Pictures”. buka, cari ikon “Cetak” di sudut kanan atas layar dan klik di atasnya. Di sebelah kiri jendela yang terbuka, Anda akan melihat kotak yang memungkinkan Anda memilih printer di bagian atas. Klik kotak drop-down ini dan pilih “Microsoft Print to PDF.” Sekarang tekan “Cetak.” Ketik nama yang ingin Anda panggil PDF baru ini dan pilih lokasi tempat Anda ingin menyimpannya sebelum mengklik “Simpan.”
Konversi Selesai !

Mengonversi file gambar Anda ke dokumen PDF relatif mudah setelah Anda mengetahui caranya. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dalam panduan ini, Anda akan mengonversi gambar Anda seperti pro.

Apakah Anda pernah mengonversi gambar ke PDF sebelumnya? Apakah Anda menggunakan metode yang serupa dengan yang diuraikan dalam panduan ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: