Cara Mengosongkan Penyimpanan di Perangkat Android Penuh

Jika Anda memiliki perangkat Android, kemungkinan besar itu bukan hanya telepon bagi Anda. Ini menjadi kamera Anda, sistem navigasi Anda, dan bahkan perpustakaan musik dan film Anda. Dengan semua fitur ini di satu perangkat, penyimpanan dapat terisi dengan cepat. Ini bisa sangat membuat frustasi ketika Anda memiliki beberapa item tertunda yang ingin Anda simpan dan Anda harus mempertimbangkan untuk menghapus item lain untuk mengosongkan ruang.

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui beberapa tips yang dapat membantu Anda mengosongkan ruang di perangkat Anda dan perpanjang masa pakainya.

Penyimpanan Ponsel Android Saya Penuh: Cara Mengosongkan Penyimpanan

Ponsel kami telah menjadi penyelamat kami di dunia luar. Kami membawanya ke mana-mana dan menggunakannya untuk segalanya – mulai dari memesan makanan dan mengikuti media sosial, hingga mengambil foto dan video momen-momen yang tak terlupakan. Masalahnya adalah bahwa setiap layanan ini menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga di ponsel Anda.

Saat penyimpanan mulai terisi, ponsel Anda mungkin menjadi lebih lambat dalam menjalankan tugas. Misalnya, Anda mungkin melihat peningkatan waktu yang dibutuhkan untuk boot, atau perangkat lunak mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai, sehingga sulit untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Ini bisa membuat frustrasi, terutama jika Anda terbiasa dengan layanan yang cepat dan efisien. Meskipun masalah ini lebih sering terjadi pada perangkat Android generasi lama, model generasi baru pada akhirnya juga terpengaruh.

Namun, pembersihan menyeluruh terhadap data dan program yang tidak diperlukan dapat membantu memulihkan efisiensi ponsel Anda. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda melakukan hal itu:

Metode 1: Kosongkan Cache

Sebelum mencoba sesuatu yang rumit, Anda mungkin ingin mengosongkan cache ponsel Anda.

Cache adalah istilah teknis untuk data yang disimpan di memori perangkat Anda untuk menyediakan akses cepat ke informasi terbaru . File di cache ponsel Anda secara bertahap dibuang saat barang baru datang. Tapi itu masih bisa berisi file lama yang diunduh dari internet, file data sementara dari aplikasi, dan bahkan cetak biru gambar dari game yang sebelumnya Anda unduh dan mainkan di perangkat Anda.

Menghapus cache ponsel Android Anda adalah perbaikan umum untuk menangani masalah yang paling umum masalah yang muncul dari waktu ke waktu. Sebagai permulaan, ini membantu perangkat Anda mengurangi kekacauan dan mengalokasikan ruang yang tersedia dengan lebih efisien. Efek positif dari hal ini dapat berkisar dari peningkatan kecepatan pemrosesan hingga masa pakai baterai yang lebih baik. Ini juga berarti lebih sedikit penggunaan data saat mencoba memperbarui aplikasi. Yang terpenting, menghapus data yang di-cache mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Anda.

Berikut cara menghapus data yang di-cache di perangkat Anda:
Kunjungi bagian pengaturan di perangkat Anda. Ketuk “Penyimpanan.” Ketuk “Data dalam cache.” Pilih “Hapus.”
Anda juga dapat menghapus data yang di-cache untuk masing-masing aplikasi, terutama yang sering Anda gunakan. Untuk melakukannya,
Kunjungi bagian “Pengaturan” di perangkat Anda. Ketuk “Aplikasi.” Arahkan ke aplikasi yang ingin Anda bersihkan dan ketuk. Ketuk “Hapus Cache.”
Metode 2: Hapus Instalasi Aplikasi yang Tidak Anda Pasang Perlu Lebih Lama

Semakin banyak aplikasi yang Anda instal, semakin banyak ruang sistem operasi yang digunakan. Mencopot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan akan mengosongkan ruang tersebut untuk hal-hal lain seperti gambar, musik, atau bahkan aplikasi yang lebih baru dan lebih efisien. Sebagian besar aplikasi beroperasi di latar belakang bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Untuk alasan ini, mencopot pemasangan aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan di ponsel dapat mengosongkan penyimpanan dan mengurangi transfer data yang tidak perlu.

Berikut cara mencopot pemasangan aplikasi yang tidak diinginkan di Android:
Luncurkan aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Ketuk “Aplikasi.” Gulir melalui daftar untuk menemukan aplikasi yang jarang Anda gunakan. Saat melakukannya, perhatikan aplikasi bawaan yang menjadi andalan di sistem operasi ponsel Anda. Aplikasi semacam itu tidak boleh dicopot pemasangannya. Setelah Anda menemukan aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan, ketuk aplikasi tersebut, lalu pilih “Copot pemasangan.”4
Metode 3: Kosongkan Folder Unduhan

Folder Unduhan di ponsel cerdas Anda secara otomatis digunakan untuk menyimpan semua unduhan, termasuk Dokumen PDF, bookmark, video, dan file musik. File-file ini dapat menghabiskan banyak ruang di ponsel Anda. Jika Anda tidak menghapus file yang tidak lagi Anda perlukan, file tersebut dapat mengganggu operasi lain di perangkat Anda. Folder unduhan yang berantakan juga berarti menghabiskan lebih banyak waktu untuk menemukan file yang Anda butuhkan.

Berikut cara mengosongkan folder unduhan:
Luncurkan aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Ketuk “Aplikasi.” Cari aplikasi bernama “File Saya”, atau cukup “File.” Jika Anda tidak segera menemukannya, itu mungkin disembunyikan di dalam “Alat.” Setelah Anda menemukan folder, Anda akan menemukan semua unduhan Anda diatur ke dalam folder, seperti musik, gambar, dan video. Untuk menghapus file tertentu ,Buka folder.Ketuk dan tahan pada file.Pilih “Hapus.”
Metode 4: Gunakan Alat Penghapus Memori Khusus

Meskipun Anda dapat menemukan dan menghapus sebagian besar data yang tidak diinginkan pada perangkat Anda menggunakan alat bawaan, OS Android modern adalah labirin informasi dengan banyak folder dan subfolder tempat beberapa file dapat disembunyikan. Karena itu, Anda mungkin memerlukan aplikasi pembersih memori khusus yang dibuat untuk melakukan semua pembersihan rumah dengan cara yang cerdas dan menyeluruh.

Ada banyak aplikasi pembersih memori di pasaran, tetapi tidak semuanya aman dan efektif. Beberapa opsi yang paling tepercaya termasuk SD Maid, Norton Clean, CCleaner, dan Droid Optimizer – semuanya tersedia di Google Play store. Setelah diunduh, yang harus Anda lakukan adalah menjalankan aplikasi dan mengikuti petunjuk di layar untuk memulai operasi. Ini biasanya berjalan di latar belakang tetapi secara efektif menghilangkan file sampah di perangkat Anda untuk meningkatkan penyimpanan yang tersedia.

Metode 5: Pindahkan Beberapa File ke Cloud

Beberapa pengguna Android lebih suka menyimpan sebagian besar file mereka di penyimpanan lokal mereka untuk tujuan keamanan, dan itu tidak masalah. Namun, ini dapat dengan cepat memakan ruang yang tersedia dan memperlambat ponsel Anda. Untungnya, Anda dapat memindahkan sebagian besar file Anda ke cloud tanpa harus khawatir tentang keselamatan dan keamanan data Anda. Beberapa layanan cloud teraman termasuk Google Foto dan Google Drive.

Google Foto tidak hanya gratis dan tidak terbatas pada tingkat dasar, tetapi juga memiliki sistem cadangan luar biasa yang memastikan foto Anda selalu aman. Itu dapat secara otomatis memindai penyimpanan ponsel Anda untuk foto baru dan mengunggahnya ke akun Anda, sehingga mereka akan mudah diakses kapan pun Anda mau. Ini juga memiliki kemampuan berbagi cepat, sehingga Anda dapat dengan mudah mengirim album kepada seseorang untuk diunduh atau dibagikan dengan keluarga atau teman mereka sendiri. Terbaik dari semuanya? Layanan ini tidak pernah membatasi berapa banyak foto dan video yang Anda simpan.

Google Drive sangat baik untuk string PDF, video, dan gambar yang tidak perlu Anda akses terlalu sering.

Metode 6: Tambahkan Kartu SD ke Perangkat Anda

Jika Anda memiliki banyak data di perangkat Anda dan tidak ingin menghabiskan semua ruang, kartu SD dapat digunakan sebagai unit penyimpanan tambahan. Kartu SD berkapasitas tinggi memungkinkan Anda menyimpan ratusan atau ribuan lagu, foto, video, dan file lainnya di ponsel tanpa harus khawatir kehabisan ruang penyimpanan lokal. Terlebih lagi, kartu SD adalah alternatif yang baik jika Anda menginginkan perlindungan tambahan dari privasi pribadi atau masalah keamanan yang mungkin timbul dari penyimpanan informasi di awan. Kartu

SD biasanya tidak mahal dan dapat dibeli dalam berbagai ukuran.

Metode 7: Memindahkan Beberapa Aplikasi ke Kartu SD

Beberapa versi terbaru OS Android memungkinkan Anda mentransfer beberapa aplikasi ke kartu SD Anda. Meskipun kartu SD pada dasarnya adalah unit penyimpanan eksternal, mereka dapat diformat untuk berfungsi sebagai perpanjangan dari penyimpanan internal ponsel Anda. Dengan memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD, Anda dapat mengosongkan ruang di penyimpanan lokal dan menemukan kembali efisiensi tingkat tinggi yang terkait dengan perangkat Android yang optimal.

Untuk mengetahui apakah Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD di perangkat tanpa memengaruhi kinerja, Anda harus berkonsultasi dengan pabrikan atau teknisi Android lokal.

Mengosongkan Ruang dan Mengunci Kinerja yang Lebih Baik

Ada banyak alasan bagus untuk mengosongkan ruang di ponsel Android, dan banyak di antaranya bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja Anda. Tetapi intinya adalah semakin banyak ruang yang Anda miliki di perangkat untuk aplikasi, foto, musik, dan jenis data lainnya, semakin baik pengalaman yang akan Anda dapatkan. Anda dapat menginstal lebih banyak aplikasi dengan lebih sedikit kerumitan, yang tidak hanya penting ketika aplikasi memiliki tujuan vital, tetapi juga akan secara signifikan mengurangi waktu muat dalam game.

Sudahkah Anda mencoba mengosongkan ruang di ponsel Android Anda menggunakan salah satu dari metode atau alat yang dibahas dalam panduan ini? Bagaimana hasilnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: