Cara Mengosongkan Ruang di iCloud

iCloud adalah penyimpanan cloud dan layanan komputasi milik Apple. Ini tersedia secara gratis untuk semua pengguna perangkat Apple, tetapi memiliki batasan kapasitas. Mengelola akun iCloud Anda dengan benar adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa selalu ada ruang yang tersedia jika Anda ingin menyimpan file ke cloud. Sehubungan dengan itu, berikut adalah beberapa tip dan trik tentang bagaimana Anda dapat mengosongkan ruang di iCloud.

Mengelola Cadangan Aplikasi Anda

Fitur pencadangan iCloud secara otomatis mengunggah informasi penting ke cloud. Meskipun ini memastikan bahwa tidak ada file penting Anda yang hilang secara tidak sengaja, ini juga dapat menyebabkan penyimpanan iCloud Anda cepat terisi. Banyak aplikasi iOS memiliki pencadangan otomatis yang diaktifkan secara default, bahkan yang tidak lagi Anda gunakan. Untuk memilih aplikasi mana yang diizinkan mengakses fitur pencadangan, lakukan hal berikut:
Pada perangkat iOS Anda, buka Pengaturan.Ketuk Nama Profil Anda.Cari menu iCloud dan ketuk di atasnya.Ketuk Kelola PenyimpananKemudian Ketuk Cadangan.Temukan nama perangkat yang sedang Anda gunakan lalu ketuk di atasnya. Menu akan menampilkan daftar aplikasi yang saat ini menggunakan fitur Cadangan. Jika tidak, pilih Tampilkan Semua Aplikasi. Pilih aplikasi yang tidak ingin Anda cadangkan. Ketuk Matikan dan Hapus. Ini akan menonaktifkan cadangan untuk aplikasi tertentu dan menghapus file apa pun yang telah dicadangkan di cloud. Namun perhatikan bahwa fitur pencadangan beberapa aplikasi tidak dapat dimatikan.
Menghapus Cadangan Perangkat

Dari menu sebelumnya, Anda juga dapat menghapus cadangan perangkat apa pun yang tidak lagi Anda miliki atau tidak benar-benar gunakan. iCloud berpindah dari satu perangkat iOS ke perangkat lainnya, dan diaktifkan secara default. Ini semua dapat dikelola dari ponsel Anda saat ini, iMac, atau bahkan PC melalui iCloud untuk Windows.
Lanjutkan ke menu Kelola Penyimpanan dengan mengikuti petunjuk di atas jika Anda menggunakan perangkat iOS. Jika Anda menggunakan iMac, klik menu Apple, pilih System Preferences, ID Apple Anda, lalu temukan dan klik iCloud. Jika Anda menggunakan PC, buka aplikasi iCloud untuk Windows, lalu pilih Storage dari menu. Untuk semua perangkat, pilih Backups dari pilihan .Pilih perangkat yang ingin Anda hapus cadangannya, lalu klik atau ketuk di atasnya. Klik Hapus Cadangan. Jika dimintai konfirmasi, klik Hapus lagi.
Menghapus cadangan perangkat tidak hanya menghapus semua data khusus perangkat itu dari awan tetapi juga menonaktifkan fitur Cadangan iCloud secara otomatis. Jika Anda ingin menggunakan Cadangan lagi untuk perangkat tersebut, Anda harus mengaktifkannya kembali. Untuk mengaktifkan pencadangan iCloud, lanjutkan ke Pengaturan perangkat, klik pada profil Anda, dan ketuk iCloud.

Mengelola Foto Anda

Fitur Foto iCloud untuk iOS menyimpan foto di semua perangkat terdaftar di satu lokasi penyimpanan. Ini berarti bahwa foto yang diambil oleh semua perangkat Anda diunggah ke akun iCloud Anda. Untuk mengurangi ruang yang digunakan, pindahkan foto ke komputer Anda, atau matikan pencadangan otomatis dengan memilih opsi pada menu Cadangan di bawah Kelola pengaturan Penyimpanan seperti yang dijelaskan di atas.

Anda juga dapat memilih untuk menghapus foto atau video satu per satu dengan membuka aplikasi Foto, ketuk Semua Foto, pilih satu atau lebih gambar, lalu ketuk Sampah.

iCloud Photos menahan foto yang dihapus selama 30 hari jika Anda berubah pikiran atau jika Anda tidak sengaja menghapus foto. Jika Anda ingin segera menghapus foto-foto ini secara permanen, buka tab Album, buka Baru Dihapus, pilih gambar, lalu ketuk Hapus. Anda akan dimintai konfirmasi jika Anda benar-benar ingin menghapus gambar-gambar ini secara permanen. Anda juga dapat memulihkan gambar dari menu ini dengan memilih opsi Pulihkan.

Menghapus File dan Folder di Drive iCloud

Anda juga dapat mengelola file yang diunggah ke akun iCloud Anda dengan mengelolanya melalui aplikasi File baik di ponsel, iMac, atau melalui aplikasi iCloud untuk Windows di PC.
Jika Anda menggunakan perangkat seluler iOS, Anda dapat mengakses opsi ini dengan: 1. Membuka aplikasi File dan mengetuk Browse. 2. Di bawah Lokasi pada menu, ketuk iCloud Drive, lalu ketuk Pilih saat diminta. 3. Pilih file atau folder yang ingin Anda hapus, lalu ketuk Sampah. Seperti Foto iCloud, file yang Anda hapus akan disimpan selama 30 hari jika Anda ingin file tersebut dipulihkan. Untuk segera menghapusnya, kembali ke Lokasi, ketuk Baru Dihapus, lalu ketuk Pilih. Pilih file yang ingin Anda hapus secara permanen lalu ketuk Hapus. Atau, Anda juga dapat memilih Pulihkan untuk memulihkan file-file ini. Jika Anda menggunakan iMac, Anda dapat dengan mudah menghapus file dan folder dengan:1. Buka Finder, lalu cari Folder iCloud Drive.2. Anda dapat memindahkan file dari folder ini ke folder lain di iMac untuk menghapusnya dari awan atau melanjutkan dengan menyeretnya ke Sampah.3. Jika Anda ingin menghapus file-file ini secara permanen, buka Sampah, klik kanan pada file dan kemudian klik Hapus Segera. Jika Anda menggunakan perangkat Windows, Anda dapat melanjutkan dengan:1. Membuka iCloud untuk Windows lalu masuk.2. Nyalakan iCloud Drive jika belum aktif.3. Buka folder iCloud Drive, lalu pilih dan hapus konten yang ingin Anda hapus.
Fitur Pemulihan Mudah

Fitur iCloud untuk iOS memudahkan berbagi dan memulihkan file antar perangkat yang Anda miliki. Konektivitas antar perangkat ini berarti dapat diisi dengan cepat, terutama jika Anda memiliki beberapa perangkat yang berbagi satu akun. Mengelola data yang Anda unggah ke awan memastikan bahwa Anda selalu memiliki penyimpanan yang tersedia untuk file penting.

Apakah Anda mengetahui tips dan trik lain tentang cara mengosongkan ruang di iCloud? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: