Cara Mengosongkan Ruang di Mac

Jika Anda telah menggunakan Mac untuk sementara waktu, Anda mungkin telah sampai pada titik di mana Anda tidak memiliki penyimpanan yang tersedia. Hal ini mempersulit pengunduhan file atau menginstal program baru.

Mac tidak selalu mempermudah atau mempercepat pengosongan ruang. Gunakan panduan ini untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan untuk foto atau video favorit Anda.

Mengosongkan Ruang di Mac Anda

Model Mac yang lebih baru hadir dengan kemampuan penyimpanan yang lebih besar di setiap pembaruan. Namun, pengguna juga memiliki lebih banyak file daripada sebelumnya. Untungnya, Mac Anda memiliki beberapa opsi untuk mempermudah pengelolaan penyimpanan.

Memeriksa ruang disk yang tersedia di Mac itu mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:
Klik ikon Apple.Klik Tentang Mac ini.Pilih Penyimpanan. Pada Mac lama, Anda harus memilih More Info dan kemudian Storage.
Menu akan menampilkan rincian dasar manajemen hard disk Anda, dan Anda dapat mengklik setiap bagian untuk mempelajari lebih detail tentangnya.

Jika Anda melihat sejumlah besar non- file aplikasi, seperti foto dan film, ini adalah file yang paling mudah dipindahkan ke tempat lain. Kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode praktis untuk membersihkan Mac Anda. Anda juga akan memiliki waktu yang lebih menantang untuk memperbarui aplikasi Anda.

Disk startup Anda akan berisi aplikasi yang paling sering digunakan dan sebagian besar data latar belakang yang digunakan sistem Anda. Seiring waktu, ini akan menumpuk sehingga penting untuk menjaga ukuran file tersebut tetap terkendali.
Clear Trash

Cara langsung untuk mengosongkan ruang adalah dengan mengosongkan Sampah Anda. Setiap kali Anda menghapus file di Mac, file tersebut akan masuk ke penyimpanan aplikasi Sampah. Jika Anda tidak menghapusnya dari sana, itu masih akan memakan ruang di hard disk Anda.

Untuk menghapus file di Sampah, klik kanan pada aplikasi yang terpasang di bilah alat dan tekanEmpty Bin. Cara lain adalah dengan membuka aplikasi Sampah, lalu klik Kosongkan di kanan atas.

Jika Anda menggunakan versi Mac yang lebih baru (macOS Sierra atau yang lebih baru), Anda juga dapat mengatur Sampah Anda untuk mengosongkan secara otomatis sesekali. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik ikon Apple.Buka Tentang Mac ini.Pilih Penyimpanan, lalu pilih Kelola.Di samping “Empty Trash Automatically,” pilih “Turn On.” Mac Anda akan terus menghapus file di Sampah yang berumur lebih dari 30 hari.Hapus Cache

Jika Anda masih kekurangan ruang, Anda dapat menghapus cache aplikasi Anda. Menghapus cache dapat menghemat banyak ruang tergantung pada berapa lama dan seberapa sering Anda menggunakan aplikasi yang membutuhkan banyak memori, seperti Photoshop.

Untuk menghapus cache sebagian besar aplikasi, ikuti langkah berikut:
Di Finder, buka Go, lalu pilih Go to Folder. Ketik “~/Library/Caches.” Ini akan membuka menu folder, masing-masing dengan cache untuk aplikasi di Mac Anda. Buka setiap folder dan hapus file di dalamnya. Ini mungkin membosankan jika Anda memiliki banyak folder, jadi prioritaskan folder yang paling banyak memakan ruang. Ulangi proses ini saat Anda membuka “/Library/Caches” tanpa menggunakan ~.
Sejumlah aplikasi akan melakukannya untuk Anda jika Anda menginstal mereka di perangkat Anda. Pencarian Google cepat akan membawa Anda ke aplikasi seperti Clean My Mac X, CCleaner untuk Mac, Mac Cleaner Pro, atau banyak lainnya. Beberapa di antaranya tidak perlu Anda bayar dan akan tersedia untuk percobaan.

Ketika Anda menghapus file-file ini, pastikan untuk membersihkan folder Sampah sesudahnya.
Clear Browser Cache

Browser juga dapat menyimpan banyak data di Mac Anda, yang dapat bertambah setelah beberapa saat. Untuk menghapus cache browser Safari, ikuti langkah berikut:
Klik ikon Safari untuk membuka browser Anda. Di menu, klik “Preferences.” Pilih “Advanced” dan centang “Show Develop menu” di bilah menu. Klik “Develop” di bilah menu dan pilih “Empty Cache.”Tutup browser Safari untuk menyelesaikan pembersihan cache.
Jika Anda menggunakan browser yang berbeda, buka pengaturannya untuk menghapus cache-nya.
Hapus Unduhan

Folder lain yang dapat memakan banyak ruang adalah folder Unduhan Anda. Anda dapat menemukannya di lokasi berikut: /Macintosh HD/Users/Pengguna Saat Ini/Downloads

Hapus unduhan lama yang tidak lagi Anda perlukan atau instalasi aplikasi lama. Anda dapat mengurutkan file di folder Unduhan berdasarkan nama, ukuran, jenis, tanggal, dan berbagai opsi lainnya, memungkinkan Anda menemukan apa yang tidak Anda perlukan dan menghapusnya dengan cepat.
Hapus Unduhan Email

Jika Anda menggunakan aplikasi Mail bawaan, Anda mungkin perlu memeriksanya juga. Cara termudah untuk menemukan folder yang berisi unduhan ini adalah dengan mengetik di Mail Downloads di kolom pencarian Spotlights.

Cara lain untuk membuka folder adalah dengan pergi ke Finder (shortcut Shift+Cmd+G) lalu ketik ~/Library /Containers/com.apple.mail/Data/Library/Mail

Sesampai di sana, pilih file yang tidak Anda perlukan dan hapus. Pastikan untuk mengosongkan Trashafterward.

Cara Mengosongkan Ruang di Mac dengan Menghapus Foto

Jika Anda memiliki banyak foto, kemungkinan besar foto tersebut menyebabkan sebagian besar masalah ruang Anda.

Tujuan default untuk foto Anda adalah Perpustakaan Foto, yang terletak di Pengguna > [nama pengguna Anda ] >Gambar. Anda mungkin menyimpan foto di tempat lain di Mac, jadi sesuaikan saja langkah-langkahnya.

Setelah membuka Perpustakaan Foto, Anda dapat menghapus semua foto yang tidak ingin disimpan. Atau, Anda dapat memindahkannya ke hard drive eksternal atau cloud .

Untuk menyimpan foto di awan, buka opsi Manajemen Penyimpanan seperti dijelaskan di atas. Di sana, cari opsi “Store in iCloud”. Klik opsi, lalu pilih opsi Foto di sana. Semua gambar beresolusi tinggi Anda akan disimpan di awan dan hanya versi yang dioptimalkan yang akan ada di Mac Anda. Kapan pun Anda perlu membuka foto, Mac akan mengunduh file lengkap dari iCloud untuk dilihat.

Opsi Cloud juga dapat menyimpan Dokumen Anda dan dapat melakukan hal yang sama dengan Pesan Anda.

Jika Anda ingin menggunakan hard drive eksternal untuk menyimpan foto, colokkan drive ke Mac dan pindahkan foto dari perpustakaan yang Anda gunakan.

Cara Mengosongkan Ruang di Mac Catalina

macOS Catalina adalah salah satu versi macOS yang lebih baru dan akan memiliki semua opsi yang disebutkan sebelumnya. Yang terpenting, Catalina memiliki akses ke opsi Manajemen Penyimpanan yang dibahas di atas.

Opsi Manajemen Penyimpanan lain yang dapat Anda gunakan adalah membersihkan kekacauan. Ini dapat diakses melalui menu Manajemen Penyimpanan. Pilih Kurangi Kekacauan. Aplikasi akan membuka daftar semua file besar yang mungkin tidak lagi Anda perlukan. Dari sana, Anda dapat dengan mudah menghapusnya dan menghemat ruang penyimpanan yang berharga.

Catalina juga dapat secara otomatis menghapus video lama yang telah Anda tonton. Untuk melakukannya, buka Manajemen Penyimpanan dan pilih opsi “Optimalkan Penyimpanan”, Di sana, pilih “Hapus film dan acara TV secara otomatis.” Semua film yang telah Anda unduh dan tonton melalui iTunes akan dihapus dengan cara ini.

Cara Mengosongkan Ruang di Mac Yosemite

Jika Anda menggunakan macOS versi lama, seperti Yosemite, maka opsinya lebih terbatas. Yosemite tidak memiliki opsi manajemen terintegrasi, seperti yang dibahas di atas, jadi satu-satunya cara adalah memeriksa file yang ingin Anda hapus secara manual. Atau, Anda dapat mengunduh aplikasi manajemen penyimpanan untuk melakukan pekerjaan ini untuk Anda.

Cara Mengosongkan Ruang di Mac El Capitan

Demikian pula, karena El Capitan lebih tua dari model Sierra macOS, ia juga tidak memiliki opsi Manajemen Penyimpanan terintegrasi. Untuk memeriksa versi macOS yang Anda miliki, buka menu Apple, lalu pilih opsi “Tentang Mac ini”. Tab Ikhtisar akan memberi tahu Anda versi mana yang sedang Anda jalankan.

Jika Anda ingin menggunakan opsi manajemen default Mac, Anda perlu memperbarui sistem operasi Anda. Jika tidak, yang dapat Anda lakukan hanyalah mencari file untuk dihapus secara manual atau menggunakan beberapa perangkat lunak yang lebih populer untuk melakukannya untuk Anda.

Gratis Terakhir

Mengelola penyimpanan Anda di Mac adalah cara yang bagus untuk menghindari sakit kepala dengan ruang kecil dan ketidakmampuan untuk mengunduh pembaruan . Untungnya, versi Mac yang lebih baru memiliki semua opsi yang sesuai untuk membuat ini bebas repot, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah memeriksanya dan melupakannya.

Manakah dari opsi manajemen penyimpanan yang cocok untuk Anda? Versi macOS apa yang Anda gunakan? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: