Cara Mengubah Browser Default di iPhone atau Android

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
Ada banyak browser yang tersedia di luar sana untuk pengguna iPhone dan Android, selain yang teratas. Beberapa orang bahkan memiliki favorit pribadi yang mereka suka gunakan karena fitur unik mereka. Saat Anda membuka tautan di iPhone dan Android, tautan tersebut muncul di browser default yang telah Anda atur di perangkat Anda.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak menyukai browser default Anda? Bagaimana Jika Anda ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang lain?

Untungnya, ada cara untuk melakukannya dengan mudah. Artikel ini akan membawa Anda melalui panduan langkah demi langkah untuk mengubah browser default di iPhone atau perangkat Android Anda.

Terus membaca untuk menemukan lebih banyak.

Cara Mengubah Browser Default: Android

Jika Anda pengguna Android, kemungkinan besar Anda telah menyiapkan Chrome sebagai browser default Anda. Namun, ini tidak perlu menjadi satu-satunya pilihan Anda. Anda dapat memperbarui browser Anda untuk menggunakan Firefox, Microsoft Edge, Opera, Vivaldi, atau Brave jika diinginkan.

Apa pun browser yang ingin Anda gunakan di perangkat Android, menyiapkannya sebagai opsi default adalah proses yang relatif mudah. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Dari halaman “Beranda”, buka “Pengaturan.” Pilih “Aplikasi.” Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar. Pilih aplikasi default Anda. Di bagian ini , cari aplikasi browser.Untuk mengubahnya, temukan browser Android pilihan Anda dan ketuk. Browser Anda kemudian akan disetel ulang.
Jika browser yang ingin Anda unduh belum ada di perangkat Android Anda, maka Anda harus menginstal itu melalui Google Play Store. Untuk melakukan ini:
Dari layar “Beranda” Anda, buka “Google Play Store.” Ketikkan nama browser yang ingin Anda gunakan di bilah pencarian. Pilih “Instal.” Setelah ini selesai, ikuti langkah-langkah sebelumnya untuk mengubah browser default di perangkat Android Anda.
Perlu dicatat bahwa setiap tautan yang dibuka menggunakan akun media sosial Anda akan otomatis dibuka menggunakan browser web default.

Cara Mengubah Browser Default: iPhone

Adalah kesalahpahaman umum bahwa Apple beroperasi menggunakan sistem yang lebih ringkas daripada perangkat Android. Kecuali Anda menggunakan iOS 14 atau lebih tinggi, tidak mungkin untuk mengubah browser default Anda. Untuk alasan ini, sebelum memulai, langkah pertama adalah memastikan pengaturan iOS Anda diperbarui ke versi terbaru.
Dari layar “Beranda”, buka “Pengaturan.” Gulir ke bawah hingga Anda melihat aplikasi untuk browser Anda .Setelah Anda mengetuk browser, pilih “Aplikasi Browser Default.” Pilih browser yang ingin Anda gunakan sebagai pengaturan default Anda. Sebuah tanda centang kemudian akan muncul di samping browser pilihan Anda untuk mengonfirmasi.
Selain itu, jika Anda belum menginstal browser pilihan Anda ke iPhone Anda dari app store, lalu berikut cara melakukannya:
Dari layar “Beranda” Anda, ketuk “App Store.” Di bilah pencarian di bagian atas, ketik nama browser. telah menemukan browser Anda, ketuk tombol unduh di sebelahnya. Ketika unduhan Anda selesai, ikuti langkah-langkah sebelumnya untuk mengubah browser default Anda dengan sukses.
Tanya Jawab Tambahan
Bisakah Saya Menghapus Safari Dari iPhone Saya?

Saat ini tidak ada opsi untuk menghapus Safari sepenuhnya dari perangkat iOS apa pun. Namun, aplikasi dapat dinonaktifkan. Untuk melakukan ini:

1. Dari layar “Beranda” Anda, buka “Pengaturan.”

2. Masuk ke “Waktu layar.”

3. Ketuk “Pembatasan Konten dan Privasi.”

4. Pilih “Aplikasi yang Diizinkan.”

5. Menggunakan sakelar di layar Anda, alihkan Safari ke OFF atau ON.

Browsing Menjadi Mudah

Sangat penting bagi pengguna untuk puas dengan browser yang mereka gunakan di ponsel cerdas mereka. Dan setiap orang mungkin mencari hal yang berbeda saat mencari browser yang tepat. Beberapa mungkin ingin menyiapkan browser anonim untuk menjelajahi web, sementara yang lain mungkin ingin melindungi identitas online anak-anak mereka.

Apa pun alasannya, penting untuk mengetahui cara berhasil mengubah pengaturan browser default Anda di iPhone atau Android. Untungnya, prosesnya relatif mudah dilakukan.

Namun, pengguna harus ingat bahwa hanya versi iPhone tertentu (iOS 14 dan di atasnya) yang dapat mengubah browser default. Pada saat yang sama, dimungkinkan untuk memperbarui browser default Anda apa pun perangkat Android yang mungkin Anda gunakan.

Sudahkah Anda mencoba mengubah browser default di ponsel cerdas Anda? Bagaimana Anda menemukan prosesnya? Beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: