Cara Mengubah Chromecast Anda ke Jaringan Wi-Fi Baru

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
Berbagai perangkat casting memungkinkan Anda untuk mengalirkan file media dari ponsel dan tablet ke TV atau PC Anda, tetapi Google Chromecast adalah salah satu perangkat paling portabel di antara perangkat tersebut. Anda dapat membawanya ke mana saja, tetapi ada sedikit kendala—hanya dapat mengingat satu jaringan Wi-Fi dalam satu waktu.

Jika Anda membawa Chromecast atau memiliki lebih dari satu sumber Wi-Fi di dalam rumah, Anda akan memerlukan untuk mengubah Wi-Fi secara teratur. Bergantung pada alasan perubahannya, prosesnya bisa langsung atau agak rumit.

Dua Alasan Utama Mengubah Jaringan Wi-Fi

Jika Anda tidak yakin apakah Anda harus repot mengubah jaringan Wi-Fi di perangkat Chromecast , ada beberapa alasan umum mengapa ini diperlukan.

Alasan 1: Perubahan Jaringan

Biasanya, alasan untuk mengubah Chromecast ke sambungan Wi-Fi baru adalah peralihan sederhana antar jaringan, seperti beralih dari broadband ke hotspot seluler atau saat bepergian. Langkah-langkahnya mudah, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah memastikan bahwa perangkat seluler Anda dekat dengan perangkat streaming.

Alasan 2: Jaringan Tidak Lagi Aktif

Jika jaringan Wi-Fi yang Anda hubungkan Chromecast tidak aktif lagi , hal-hal akan menjadi sedikit rumit. Itu akan terjadi ketika Anda mengubah router Anda. Anda telah menyiapkan Chromecast untuk jaringan yang tidak ada lagi, sehingga aplikasi Google Home di perangkat seluler Anda tidak akan dapat mengenalinya.

Ada solusi untuk keduanya, dan artikel ini memberikan langkah demi langkah -panduan langkah untuk membuat Anda aktif dan berjalan kembali.

Lakukan Pengalihan Jaringan Chromecast Sederhana

Jika jaringan yang ada aktif, Anda hanya mengalihkan Chromecast dari satu ke yang lain. Ini juga merupakan solusi ketika Anda mengalami masalah konektivitas.

Sayangnya, berpindah jaringan tidak sesederhana yang dibayangkan. Anda harus melupakan jaringan Anda saat ini (saat terhubung ke jaringan itu) lalu mengaturnya lagi.
Nyalakan televisi yang terhubung ke perangkat Chromecast Anda dan pastikan ponsel cerdas (atau tablet) Anda terhubung ke internet.Buka Aplikasi Home di ponsel cerdas atau tablet Anda.Ketuk di perangkat Chromecast.Ketuk Roda Gigi Pengaturan di pojok kanan atas.Ketuk di Wi-Fi.Ketuk untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin melupakan jaringan saat ini.
Setelah Anda’ Setelah mengikuti langkah-langkah ini, Anda harus menyambungkan kembali perangkat Chromecast ke internet. Kami telah menguraikan langkah-langkah tersebut lebih lanjut di bawah. Perlu diingat bahwa jaringan Wi-Fi di Chromecast harus sesuai dengan jaringan di ponsel Anda. Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan, ini mungkin masalahnya.

Catatan Jika opsi Wi-Fi tidak muncul di setelan Aplikasi Rumah, Anda tidak tersambung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Chromecast, atau TV tidak aktif. Jika Anda tidak memiliki akses ke jaringan tersebut, gunakan langkah selanjutnya untuk mengubah jaringan Anda.

Siapkan Chromecast untuk Modem atau Router Baru

Jika Anda telah mengubah jaringan, ponsel Android atau iPhone Anda tidak akan tersambung ke Chromecast.

Jika ini adalah kasus, taruhan terbaik Anda adalah mengatur ulang Chromecast secara manual. Itu akan menghapus jaringan Wi-Fi lama dan memungkinkan Anda untuk menggunakan yang baru.

Tombol di sebelah port micro-USB di Chromecast adalah tombol Reset. Tekan dan tahan selama 15 detik.

Saat Anda menahan tombol, lampu pada perangkat akan berkedip, jadi lepaskan saat lampu berhenti berkedip dan tetap menyala.

Sekarang, Chromecast Anda akan reboot dan menyetel ulang sendiri ke default pengaturan pabrik. Perangkat menghapus jaringan Wi-Fi lama, serta semua pengaturan saat ini. Oleh karena itu, pengaturan dimulai dari awal. Sambungkan Chromecast ke jaringan Wi-Fi baru, dan Anda sudah siap!

Jika Anda lupa langkah-langkahnya atau meminta orang lain melakukannya, ikuti panduan di bawah ini.

Menyiapkan Chromecast di Android atau iPhone Setelah Penyetelan Ulang

Menyiapkan Chromecast adalah sama untuk iPhone dan ponsel Android, dan ini adalah proses yang cukup mudah.
Colokkan perangkat Chromecast ke port HDMI TV Anda. Kemudian ambil remote dan atur input ke yang Anda gunakan untuk Chromecast Anda. Karena Anda sudah menginstal aplikasi Google Home di perangkat seluler Anda, ketuk opsi Siapkan 1 perangkat di Layar Beranda. Pilih Rumah untuk perangkat Anda dan tekan Berikutnya. Aplikasi mencari perangkat nirkabel terdekat. Setelah menemukan Chromecast Anda, ketuk Ya untuk melanjutkan. Anda akan melihat kode di ponsel Anda, serta di layar TV Anda. Ketuk Ya lagi untuk mengonfirmasi bahwa Anda dapat melihatnya, lalu ikuti petunjuknya. Pilih lokasi untuk Chromecast Anda. Ketuk Berikutnya dan ikuti petunjuk untuk menyambung ke jaringan baru.
Kemungkinan Solusi untuk Koneksi Chromecast yang Gagal

Jika Anda menghadapi beberapa kesulitan selama proses penyiapan, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa di Android atau iPhone Anda.

Solusi 1: Pastikan Keduanya Perangkat berada di Jaringan yang Sama

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Chromecast dan perangkat seluler Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama. Untuk melakukannya, navigasikan ke Pengaturan dan pilih Wi-Fi.

Perlu diingat bahwa Anda mungkin memiliki beberapa jaringan yang tersedia. Dari 2,4GHz hingga 5GHz, pastikan Anda terhubung ke frekuensi yang sama.

Solusi 2: Pastikan Bluetooth Aktif

Opsi Bluetooth Anda juga perlu diaktifkan. Untuk memeriksa ini, navigasikan ke Pengaturan dan pilih Bluetooth.

Solution 3: Sambungkan kembali ke Jaringan

Setelah Anda memastikan bahwa ponsel cerdas dan Chromecast Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama dan Bluetooth aktif, kunjungi Pengaturan lagi, pilih Wi-Fi, dan lalu ketuk jaringan Wi-Fi terbuka Chromecast untuk menyambungkannya. Perhatikan bahwa Anda tidak memilih router Wi-Fi di sini.

Secara keseluruhan, proses penyiapan Wi-Fi Chromecast bergantung pada apakah Anda berpindah jaringan atau Anda telah mengubah router atau modem. Dalam kasus pertama, langkah-langkahnya cukup sederhana. Skenario kedua mengharuskan Anda untuk menyetel ulang Chromecast dan melalui proses penyiapan lagi.

Frequently Asked Questions

Casting dengan Chromecast seharusnya sederhana dan lugas, tetapi selalu ada lebih banyak hal untuk dipelajari. Itulah mengapa kami menyertakan bagian ini untuk menjawab lebih banyak pertanyaan Anda.
Dapatkah saya menggunakan Chromecast tanpa Wi-Fi?

Meskipun Anda dapat menggunakan Chromecast tanpa sambungan Wi-Fi khusus, Anda masih memerlukan sambungan internet. Baik koneksi tersebut berasal dari hotspot seluler atau bahkan ethernet (dengan adaptor), Anda harus menemukan cara untuk menghubungkan Chromecast ke internet.

Untungnya, kami memiliki artikel di sini yang menunjukkan semua opsi Anda.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: