Cara Mengubah Lokasi Unduhan Game di Steam

Steam mungkin menghadapi persaingan ketat dari Epic dan Uplay, tetapi ini masih merupakan tempat yang solid untuk bermain game saat ini. Karena unduhan digital secara bertahap mengambil alih disk game, Steam membuat pengelolaan ratusan game menjadi sederhana. Tapi apa yang terjadi ketika Anda mengisi penyimpanan Anda? Bisakah Anda mengubah lokasi permainan di Steam? Bisakah Anda memindahkan game ke drive yang berbeda?

Sementara Steam melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mengelola perpustakaan Anda, Anda dapat mengontrol di mana game akan diinstal dan bahkan memindahkannya jika Anda meningkatkan penyimpanan Anda atau ingin lokasi yang berbeda.

Mengubah Lokasi Game di Steam

Untuk game yang datang disk, batas ukurannya didasarkan pada kapasitas penyimpanan. Gim ini membutuhkan pembaruan yang disimpan di drive. Game yang diunduh sangat besar, tetapi semua file dengan mudah masuk ke hard drive dan solid-state drive di satu lokasi pusat — dengan pengecualian kecil, tentu saja. Bukan hal yang aneh bagi sebuah game untuk menghabiskan penyimpanan 60-120GB, dan dengan konten yang dapat diunduh (DLC), add-on, mod, dan menyimpan file, penyimpanannya sangat mahal.

Steam membuat folder penyimpanan game dengan default tetapi memungkinkan Anda memilih di mana membuatnya. Anda juga dapat membuat folder permainan yang berbeda di dalam Steam dan menempatkannya di lokasi lain sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Steam sudah ada dan Anda sudah memiliki game di sana, Anda dapat memindahkannya jika mau. Berikut adalah beberapa cara untuk mengubah lokasi unduhan game di Steam.

Cara Memindahkan Unduhan Game dari Game Steam yang Ada

Banyak pengguna Steam menemukan bahwa mereka kehabisan ruang pada partisi yang digunakan saat ini dari penyimpanan yang ada atau perlu mengganti drive karena kegagalan atau memutakhirkannya untuk mendapatkan lebih banyak ruang. Contoh-contoh ini umumnya mengarah pada pemindahan game ke lokasi yang berbeda. Ini untuk memindahkan game Steam Anda yang ada.

Ada cara kikuk untuk memindahkan game Anda dan cara yang masuk akal. Saat saya mencoba keduanya, saya akan menjelaskan keduanya. Cara pertama ini adalah cara yang tidak tepat, tetapi berhasil.
Untuk drive pengganti atau drive yang ditingkatkan, minta sistem operasi Anda mengenali perangkat baru dan memformatnya. Mac menggunakan Apple File System (APFS) dan Windows menggunakan New Technology File System (NTFS). Di lokasi game yang ada, hapus semua game yang tidak lagi perlu Anda instal untuk mempercepat keseluruhan proses. Salin folder Steam Anda ke drive baru .Mulai Steam, biarkan memuat, dan pilih game. Klik kanan game dan pilih “Properties.” Pilih “Local Files” dan “Verify Integrity of Local Files.” Pilih lokasi baru untuk Steam ketika dikatakan tidak dapat menemukan lokal files.
Menyalin folder Steam Anda akan memakan waktu cukup lama, itulah sebabnya masuk akal untuk menghapus game apa pun yang tidak Anda perlukan. Solusi ini tidak berfungsi dengan setiap game, jadi Anda mungkin ingin mencopot pemasangannya dari Steam dan memasangnya kembali di lokasi baru. Anda tidak perlu mengunduh file lagi. Anda dapat meminta Steam mengidentifikasi game dan menambahkannya ke perpustakaan Anda.

Cara yang lebih baik untuk memindahkan game ke drive baru adalah dengan membuat folder game baru di drive itu.

Cara Membuat Folder Game Baru di Steam

Membuat folder game Steam baru adalah bisa dibilang cara yang lebih baik untuk memindahkan game ke lokasi lain. Prosesnya dibangun ke dalam Steam dan berarti Anda dapat menambahkan game di mana pun Anda mau. Metode ini adalah solusi yang lebih baik untuk mengubah folder game karena tidak mengharuskan Anda untuk menghapus dan menemukan kembali game di Steam.
Di Steam, klik “Menu” di bagian atas dan pilih “Pengaturan.” Pilih “Unduhan”, lalu ” Steam Library Folders” dari tengah. Pilih “Add Library Folder” dan arahkan ke lokasi game baru Anda. Beri nama folder Anda dan pilih untuk menambahkannya ke Perpustakaan Game Anda.
Cara Memindahkan Game di antara Folder Game Steam

Setelah Anda memiliki banyak folder, Anda dapat memindahkan game di antara mereka. Jika Anda telah menambahkan drive ekstra agar sesuai dengan lebih banyak game, Anda dapat menambahkan folder baru ke drive baru dan memindahkan game di antara mereka. Begini caranya.
Pilih game, klik kanan dan pilih “Properties.” Pilih “Local Files,” lalu “Move Install Folder.” Pilih folder game baru Anda dan pilih “Move Folder.”
Proses ini menyimpan semua tautan Steam untuk pemindahan dan tidak akan mengganggu permainan yang disimpan atau pengaturan lainnya.

Menggabungkan Beberapa Disk sebagai Satu Partisi di Windows 10 untuk Game Steam

Jika Anda menambahkan drive baru ke sistem Anda, daripada memindahkan game, perbesar volume untuk menyertakan drive game yang ada dan yang baru . Baik Windows dan Steam melihat satu partisi, tetapi menjadi terbentang di dua HDD atau SSD yang berbeda. Anda dapat melakukan ini beberapa kali, dan ini adalah cara langsung untuk mengelola ruang disk. Berikut cara melakukannya.
Tambahkan drive baru Anda ke komputer Anda dan buat format Windows-nya.Pilih drive mana saja di Windows Explorer, klik kanan dan pilih “Manage.” Pilih “Disk Management” dari kiri jendela baru.Konversikan game Anda disk dari “Basic” ke “Dynamic” dengan mengklik kanan dan memilih “Convert to Dynamic Disk.” Pilih disk game asli Anda, klik kanan, lalu pilih “Perpanjang.” Pilih disk baru di jendela baru dan klik “Tambah .”Masukkan ukuran partisi baru Anda di sebelah kanan dan pilih “Selanjutnya.” Klik “Selesai” untuk melakukan perubahan Anda.
Proses di atas adalah cara yang jauh lebih elegan untuk mengelola game di Steam. Anda secara teoritis dapat menambahkan lebih banyak disk ketika Anda mengisinya dan memperluas partisi sejauh yang Anda suka!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: