Cara Mengubah Negara di Google Play Store

Berapa kali Anda mencoba mengunduh aplikasi tertentu dari Google Play Store hanya untuk menemukan bahwa aplikasi tersebut tidak tersedia untuk negara Anda? Tak perlu dikatakan, ini bisa sangat membuat frustrasi.

Alasan di balik ini adalah fakta bahwa negara Google Play Store Anda menentukan aplikasi mana yang boleh Anda unduh dan instal. Selain itu, beberapa aplikasi dikunci wilayah, yang berarti hanya tersedia di negara tertentu. Jika Anda tidak berada di salah satu negara tersebut, Anda tidak hanya tidak akan diizinkan untuk mengunduh aplikasi dari Play Store, tetapi Anda juga tidak akan dapat menemukannya. negara lain tempat aplikasi tersebut mungkin tersedia, Anda harus mengubah pengaturan ini di aplikasi Google Play Store Anda. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana.

Hal yang Perlu Diingat

Sebelum kita beralih ke bagian utama artikel, mari kita bicara tentang beberapa hal yang perlu Anda ingat. Pertama-tama, jika Anda hanya ingin menghilangkan pesan “Tidak tersedia di negara Anda” sambil tetap berada di negara yang sama, ada solusi yang mungkin berhasil. Kami akan membahasnya nanti di artikel.

Namun, jika Anda telah mengubah negara Anda dan sekarang ingin menyesuaikan setelan ini di aplikasi Google Play Store Anda, ada beberapa batasan yang harus diperhatikan:
Google Play Store memungkinkan Anda untuk mengubah negara di aplikasi hanya sekali per tahun. Dengan kata lain, jika Anda mengubah negara sekarang, Anda harus menunggu 365 hari untuk mengubahnya lagi. Setelah Anda mengubah negara di aplikasi, Anda tidak akan diizinkan untuk menggunakan saldo Google Play yang Anda miliki di akun lama country.
Sekarang kita telah membahas aspek penting dari perubahan ini, mari kita lihat bagaimana Anda dapat melakukannya.

Mengubah Negara di Aplikasi Google Play Store Anda

Untuk mengubah negara Anda di aplikasi Google Play Store, Anda harus:
Berada di negara itu ( toko mendeteksi ini melalui alamat IP Anda)Siapkan metode pembayaran dari negara baru Anda
Jika Anda memilikinya, Anda dapat melakukannya.

Berikut adalah cara mengubah pengaturan ini:
Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda.Ketuk pada ikon menu di sudut kiri atas (tiga garis horizontal). Pilih Akun. Gulir ke bawah dari tab pengaturan dan cari bagian Negara dan Profil. Ketuk negara yang ingin Anda atur akun Anda. Ikuti petunjuk di layar dan atur metode pembayaran r terdaftar di negara yang ingin Anda tuju.
Anda dapat menambahkan beberapa metode pembayaran, tetapi yang pertama harus dari negara yang telah Anda tetapkan. Ini akan membuat profil Google Payments yang sama sekali baru yang akan ditautkan ke negara baru yang Anda masukkan.

Setelah Anda melakukannya, mungkin perlu waktu hingga 24 jam agar perubahan dapat diterima.

Anda harus tahu bahwa fitur ini tidak t tersedia untuk semua orang. Fitur ini hanya akan memberi Anda opsi untuk mengubah negara Anda jika sebelumnya Anda pernah mengunjungi negara asing. Seperti yang disebutkan, aplikasi Google Play Store memiliki informasi ini karena alamat IP Anda.

Anda juga tidak akan dapat mengubah negara Anda jika Anda telah menggunakan fitur ini dalam tahun sebelumnya atau jika akun Anda adalah bagian dari Keluarga Google Play Perpustakaan, yang memungkinkan hingga lima orang untuk mengakses aplikasi dan konten lain yang dibeli dari satu akun di grup.

Mengunduh Aplikasi Tanpa Mengubah Pengaturan Negara

Jika Anda tidak dapat atau tidak ingin mengubah negara, ada hal lain Anda dapat mencoba jika Anda ingin mengunduh aplikasi yang tidak tersedia di lokasi Anda saat ini. Metode ini membutuhkan layanan VPN. Namun bagaimana cara kerjanya?

Server Google dapat membaca alamat IP Anda dan menentukan lokasi Anda saat ini. Karena komputer atau ponsel Anda terhubung langsung ke server mereka, yang perlu Anda lakukan hanyalah menemukan rute yang berbeda.

Itulah yang dilakukan VPN. Pada dasarnya, ponsel (atau komputer) Anda akan terhubung ke server penyedia VPN di negara yang Anda pilih, dan server tersebut kemudian akan terhubung ke server Google yang menyamar sebagai perangkat Anda.

Dengan begitu, aplikasi tidak akan dapat mengetahuinya di mana Anda berada saat ini karena tidak akan melihat alamat IP Anda yang sebenarnya. Sebagai gantinya, ia akan melihat alamat server VPN yang Anda gunakan untuk mengakses layanan.

Jadi, jika aplikasi tidak tersedia di negara Anda tetapi Anda tahu bahwa itu tersedia di Amerika Serikat, semua yang perlu Anda lakukan adalah pilih Amerika Serikat sebagai lokasi server VPN Anda.

Anda dapat menggunakan banyak aplikasi VPN yang berbeda untuk melakukan ini, tetapi TunnelBear VPN mungkin salah satu yang terbaik dan termudah untuk digunakan. Plus, Anda mendapatkan 500MB lalu lintas VPN gratis di awal setiap bulan. Ada penyedia VPN tepercaya lainnya di luar sana, tetapi Anda harus membayar untuk layanan mereka.

Opsi Anda yang lain adalah mencari aplikasi yang mirip dengan Google Play Store dan menggunakannya untuk menemukan aplikasi yang tidak dapat Anda unduh. Anda dapat mencoba:
Amazon AppstoreSlideMEF-DroidHumble Bundle
Nikmati Unduhan Masa Depan Anda

Setelah membaca artikel ini, Anda sekarang tahu cara mengubah lokasi Anda di Google Play Store. Ingat pembatasan yang akan terjadi saat Anda mengubah negara, jadi jika Anda hanya melakukan perjalanan singkat, sebaiknya menunggu untuk kembali ke rumah untuk mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan.

Apakah Anda menggunakan layanan VPN untuk mengunduh aplikasi yang tidak tersedia di negara Anda? Jika demikian, VPN apa yang Anda gunakan? Bagikan pilihan teratas Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: