Cara Mengubah Resolusi di TV Samsung Anda

Ketika Anda berpikir untuk membeli smart TV baru, Samsung adalah salah satu dari banyak pilihan di luar sana. Jika Anda menginginkan kualitas gambar terbaik, edisi UHD 4K adalah pilihan yang tepat. Apakah TV Anda dapat menampilkan resolusi tertentu tergantung pada sumber input dan rasio aspek gambar.

Dalam artikel ini, Anda akan melihat cara mengakses pengaturan sumber dan rasio aspek di atas dan cara meningkatkan kualitas gambar di TV Samsung Anda.

Memeriksa Resolusi untuk Sumber Input

TV Samsung Anda dapat menampilkan beberapa resolusi berbeda. Tetapi ukuran dan kualitas gambar tergantung pada sumber gambar. Misalnya, jika Anda menggunakan perangkat Roku, Anda akan memiliki beberapa opsi tergantung pada pemutar yang Anda gunakan.

Hal yang sama berlaku untuk kualitas Pemutar Blu-ray atau Xbox Anda. Ini sepenuhnya tergantung pada kualitas perangkat yang terhubung ke TV Samsung Anda. Jika Anda ingin memeriksa resolusi untuk sumber tertentu, inilah yang Anda lakukan:
Ambil Remote Samsung Anda dan tekan tombol Rumah.Gunakan tombol kiri dan kanan untuk memilih Sumber.Klik pada sumber tertentu, misalnya, Comcast atau PlayStation. Resolusi saat ini muncul di sudut kanan atas layar. Pastikan untuk memberikan beberapa saat untuk muncul.
Anda dapat mengulangi proses untuk setiap sumber untuk mengetahui resolusi yang benar. Anda dapat mengubah resolusi untuk setiap sumber input dengan menyesuaikan ukuran gambar di TV Samsung Anda. Istilah ini sering disebut sebagai Rasio Aspek.

Menyesuaikan Ukuran Gambar di TV Samsung

Samsung smart TV lama dan baru memungkinkan Anda mengubah resolusi dengan mengubah Ukuran Gambar. Bergantung pada jenis sumber input yang Anda gunakan, Anda akan memiliki beberapa opsi berbeda dalam hal resolusi. Inilah yang dapat Anda harapkan dalam hal Ukuran Gambar di TV Samsung Anda:
16:9 – Ini adalah rasio aspek layar lebar standar.4:3 – Ini adalah rasio aspek Definisi Rendah, dan biasanya digunakan saat menonton film dan rekaman VHS lama .Fit to Screen – Pengaturan ini menampilkan seluruh gambar berdasarkan ukuran layar sehingga tidak ada yang terpotong.Custom – Anda dapat mengatur Ukuran Gambar yang disesuaikan dan menyesuaikannya sesuka Anda.
Jika Anda menggunakan ukuran gambar Kustom, Anda juga dapat mengakses fitur Zoom dan Posisi. Fitur ini berarti Anda dapat memperbesar bagian mana pun dari gambar dan memposisikannya sesuka Anda.

Cara Mengubah Ukuran Gambar

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengubah Ukuran Gambar di TV Samsung Anda:
Tekan tombol Rumah di Samsung remote.Pilih Pengaturan. Anda sudah berada di menu Gambar.Klik Pengaturan Ukuran Gambar.Pilih Ukuran Gambar dan pilih ukuran yang Anda inginkan.Jika Anda memilih Kustom, Anda juga dapat mengakses opsi Zoom dan Posisi.
Selain menyesuaikan ukuran tampilan secara manual , TV Samsung mengenali ukuran gambar secara otomatis. Cukup ikuti langkah-langkah di atas dan pilih Lebar Otomatis di bawah Ukuran Gambar.

Meningkatkan Kualitas Gambar TV Samsung Anda

Semua orang menginginkan gambar terbaik di TV mereka. Dengan TV Samsung, Anda sudah mendapatkan banyak nilai dan kualitas. Namun, Anda dapat melakukan berbagai hal untuk membuat pengalaman menonton Anda lebih disesuaikan dan menyenangkan, seperti memilih mode tampilan. TV Samsung biasanya menyertakan opsi prasetel gambar berikut:
Standar – Ini adalah mode yang digunakan TV Anda dan umumnya kompatibel dengan banyak lingkungan gambar yang berbeda. Dinamis – Anda mendapatkan gambar yang lebih cerah dan lebih jelas. Sangat bagus untuk menonton acara olahraga.Natural – Pengaturan ini mengurangi ketegangan pada mata Anda.Film – Mode tampilan ini ideal untuk menonton film dan acara TV.
Akses ke pengaturan gambar di atas dapat dilakukan dengan menekan tombol Home pada remote Anda dan pergi ke menu Pengaturan. Pilih opsi Picture Mode dan coba mode tampilan yang tersedia. Anda juga dapat mengakses Pengaturan Pakar untuk menyesuaikan kecerahan, tingkat cahaya latar, dan pengaturan lainnya secara manual.

Membuat Gambar TV Samsung yang Sempurna

Resolusi di TV Samsung Anda sebagian besar akan bergantung pada apa yang Anda tonton. Apakah ini film lama, atau apakah Anda menggunakan perangkat streaming berkemampuan 4K HD?

Terlepas dari itu, jika Anda tidak menentukan kualitas gambar sumber, Anda masih dapat melakukan sesuatu, yaitu mengubah rasio aspek, memperbesar dalam pengaturan, dan mengubah mode tampilan. Dalam hal ini, TV Samsung memberi Anda banyak pilihan untuk dicoba.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: