Cara Mengubah Spawn Point di Server Bukkit di Minecraft

Ketika pemain memasuki server baru atau bahkan yang lama, mereka akan muncul di lokasi tertentu. Lokasi ini adalah titik spawn, dan game menetapkan satu untuk Anda secara default. Namun, terkadang poin spawn tersebut tidak ideal. Apa yang terjadi jika seorang pemain ingin mengubah titik spawn ke tempat lain? Dengan bantuan server plugin seperti Bukkit, Anda memiliki kontrol lebih besar untuk mengubah poin spawn Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum Anda mengatur poin spawn di Bukkit adalah menginstal beberapa plugin. Plugin inilah yang membantu membuat pengaturan titik spawn menjadi mungkin. Langkah-langkahnya juga berfungsi untuk plugin lain kecuali pembuatnya menentukan sebaliknya.

Instal Plugins

Dua plugin yang ingin Anda unduh adalah Vault dan EssentialsX. Vault tidak melakukan apa pun untuk memungkinkan Anda menggunakan perintah baru. Namun, tanpa Vault, EssentialsX tidak akan berfungsi, yang berarti Anda tidak dapat menggunakan perintah yang ditawarkannya.

Berikut cara memasang plugin:
Unduh file .jar Vault dan EssentialsX yang tepat untuk versi Minecraft Anda.Buka di jendela.Temukan direktori server Minecraft Anda di jendela kedua.Gulir ke bawah sampai Anda menemukan folder “plugins”.Tarik dan jatuhkan plugin Anda ke dalam folder dari satu jendela ke jendela lain.Tutup jendela jika Anda sudah selesai dengan plugin. Restart server Anda.Login ke server Anda, dan jika semuanya berjalan dengan baik, plugin akan bekerja.
Jika server Anda tidak aktif selama proses instalasi plugin, Anda tidak perlu me-restart itu. Memulainya kembali setelah Anda menginstal Vault dan EssentialsX akan membuatnya secara otomatis memuat plugins.

Plugin lain yang dapat Anda gunakan untuk Bukkit adalah SetSpawn. Ini adalah plugin kecil yang memungkinkan Anda mengatur poin spawn dan memungkinkan pemain lain untuk berteleportasi ke mereka. Ini sangat terbatas, tetapi jika Anda tidak menginginkan perintah EssentialX lainnya, SetSpawn dapat menjadi opsi untuk Anda.

Petunjuk berikut adalah untuk menginstal SetSpawn:
Unduh file .jar Vault dan SetSpawn yang tepat untuk versi Minecraft Anda.Buka a jendela tempat Anda dapat menyeretnya ke lokasi lain. Di jendela lain, temukan direktori server Anda. Cari folder “plugins” di direktori tersebut. Pindahkan plugin dari satu jendela ke folder plugin. Anda dapat menutup jendela setelah ini. Mulai ulang server Anda jika sedang berjalan.Plugin Anda akan berjalan jika Anda menginstal versi yang tepat.
Meskipun tidak semua plugin memerlukan Vault untuk berjalan, Anda tetap harus menginstalnya di server Anda. Itu tidak memiliki konflik dengan sebagian besar plugin di luar sana. Dengan Vault di server Anda, Anda juga dapat menggunakan plugin penting untuk Bukkit.

Untuk pemain yang bermain di server lokal, metode ini akan berfungsi dengan baik. Mereka yang bermain di layanan hosting harus mengunggah file .jar ke server mereka. Prosesnya mirip dengan yang ini, karena peluncur layanan hosting akan menangani semuanya. Anda dapat menemukan opsi untuk menginstal plugin dengan beberapa riset cepat.

Cara Menggunakan Perintah

Perintah tidak akan berfungsi sampai Anda mengetiknya. Untuk memperbaiki ini, Anda perlu membuka jendela obrolan dengan menekan tombol, biasanya garis miring terbalik. Setelah ini, jendela obrolan akan muncul, dan Anda dapat mulai mengetik.

Semua perintah Minecraft dimulai dengan “/” tidak peduli apakah itu perintah default dalam game atau perintah plugin Bukkit. Jika Anda mengetik perintah tanpa garis miring terbalik, itu tidak akan berfungsi. Anda harus memastikan bahwa Anda juga mengetikkan perintah dengan cermat.

Langkah-langkah untuk mengetik perintah adalah:
Setelah plugin Anda diinstal, masuk ke server Anda.Buka jendela obrolan.Ketik perintah Anda.Tekan “Enter.” Anda akan melihat pesan yang memberitahukan bahwa perintah yang Anda ketik telah berhasil.
Jika perintah Anda tidak dikenali, kemungkinan Anda mengunduh versi plugin yang salah. Anda mungkin juga lupa me-restart server Anda untuk menginstal plugin.

Setelah perintah Anda dijalankan, Anda dapat mengetikkan perintah lain ke dalam jendela obrolan dan menjalankannya dengan cara yang sama. Anda dapat terus menjalankan perintah sampai Anda ingin terus bermain. Tutup jendela obrolan untuk memulai permainan Anda.

Perintah untuk Mengubah Spawn Point

Jika Anda menggunakan EssentialsX atau SetSpawn, hanya ada satu perintah untuk mengubah titik spawn Anda. Perintah itu adalah “/ setspawn” tanpa tanda petik. Menggunakan prompt perintah ini memungkinkan Anda untuk mengubah spawn dunia server, dan pemain baru yang bergabung dengan server Anda akan muncul di titik spawn baru yang Anda tetapkan. Pemain yang belum tidur di tempat tidur juga akan respawn di sini jika mereka mati.

Menggunakan /setspawn relatif sederhana. Anda hanya perlu pergi ke tempat yang Anda inginkan untuk menjadi titik spawn. Ini bisa berupa area dengan rambu-rambu yang berisi aturan atau di mana saja yang Anda sukai.

Setelah Anda mencapai lokasi, ikuti langkah-langkah di atas untuk menggunakan perintah. Gim ini akan memberi tahu Anda jika perubahan titik spawn dunia server Anda berhasil.

Tepat setelah Anda mengubah titik spawn Anda, Anda dapat pergi dan menguji apakah itu berhasil. Ketik “/spawn” di jendela obrolan, juga tanpa tanda kutip. Jika titik spawn Anda dipindahkan, maka Anda akan menemukan diri Anda di tempat yang tepat.

Sementara Anda dapat terus mengetik perintah lain setelah ini menggunakan EssentialsX, Anda harus ingat bahwa SetSpawn tidak memperkenalkan banyak opsi utilitas lainnya. Kecuali Anda memiliki plugin lain di server Anda, Anda tidak akan dapat menggunakan banyak perintah lain.

Anda juga dapat mengubah titik spawn pemain, yang terpisah dari titik spawn dunia. Perintahnya adalah “/spawnpoint [x] [y] [z]”. Ini adalah perintah default di semua server Minecraft. Koordinat di akhir perintah adalah opsional, dan mengabaikannya akan mengatur titik spawn ke lokasi Anda saat ini.

Berbicara tentang perintah default, ada perintah default untuk menyiapkan titik spawn dunia. Ini adalah “/setworldspawn [x] [y] [z],” dan cara kerjanya mirip dengan /setspawn. Koordinatnya juga opsional.

Apakah Perintah Ini Berfungsi untuk Keran?

Ya, benar. Spigot adalah cabang dari Bukkit, artinya yang terakhir dikembangkan berdasarkan kode Bukkit. Dengan demikian, hampir semua plugin yang bekerja dengan Bukkit akan bekerja dengan Spigot. Anda tidak perlu khawatir tentang masalah kompatibilitas, untuk sebagian besar.

Instalasi Vault, EssentialsX, dan SetSpawn bekerja secara identik di Spigot. Persyaratan mengunduh versi plugin yang tepat juga berlaku. Dengan mengingat hal ini, Anda dapat menggunakan Spigot seperti halnya Bukkit.

Semua hal lain yang kami sebutkan di atas juga berfungsi di Spigot. Namun, beberapa plugin yang dikembangkan untuk Spigot mungkin tidak berfungsi di Bukkit.

Tanya Jawab Umum Tambahan
Bagaimana cara mengatur spawn EssentialsX?

Perintah untuk mengubah titik spawn dunia menggunakan EssentialsX adalah “/ setspawn.” Ingatlah bahwa Anda harus berjalan ke lokasi yang tepat di dunia Anda dan kemudian ketik perintah. Setelah Anda menjalankannya, Anda dapat menggunakan /spawn untuk berteleportasi ke titik spawn baru Anda.

Setelah mengubah titik spawn Anda, Anda masih dapat mengubahnya lagi dengan menjalankan perintah di tempat yang berbeda di peta dan ulangi seperlunya.

Bisakah saya mengatur yang berbeda poin spawn untuk setiap pemain?

Dengan bantuan perintah “/spawnpoint [x] [y] [z]”, Anda dapat dengan mudah mengubah poin spawn untuk setiap pemain. Karena perintah Minecraft hanya berfungsi jika Anda mengetik semuanya dengan benar, Anda harus memasukkan nama persis seperti yang muncul. Koordinat di akhir bersifat opsional tetapi bermanfaat.

Selamat datang di Server Saya

Dengan bantuan perintah perubahan titik spawn, Anda dapat mengatur dunia server Anda sehingga pemain baru akan muncul di tempat tertentu. Setelah ini, Anda bahkan dapat mengubah poin spawn masing-masing pemain dengan perintah lain. Mengubah titik spawn dapat banyak membantu saat Anda mencoba mengelola game dan medannya yang luas.

Apa yang Anda miliki di sekitar titik spawn server Anda? Plugin apa yang Anda gunakan untuk membantu mengubah poin spawn? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: