Cara Mengubah Sumbu X di Excel

Saat ini, hampir semua orang menggunakan Microsoft Office setiap hari. Meskipun kebanyakan orang mengklaim bahwa mereka mahir dalam Office, itu jauh dari kebenaran. Excel, khususnya, bahkan tidak mudah digunakan, terutama jika Anda tidak paham teknologi.

Tidak masalah apakah Anda seorang pelajar, pemilik bisnis, atau Anda menyukai grafik dan bagan, Anda perlu tahu cara menggunakan Excel . Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang Excel adalah bagaimana mengubah sumbu X, juga disebut sumbu horizontal.

Baca terus dan cari tahu bagaimana melakukannya, baik dalam hal rentang sumbu dan interval sumbu.

Grafik Excel 101

Grafik di Excel tidak begitu rumit ketika Anda tahu apa yang diharapkan. Ada sumbu X dan sumbu Y. Yang pertama adalah horizontal, dan yang terakhir adalah vertikal. Saat Anda mengubah sumbu X horizontal, Anda mengubah kategori di dalamnya. Anda juga dapat mengubah skalanya untuk tampilan yang lebih baik.

Sumbu horizontal menampilkan tanggal atau teks, menunjukkan berbagai interval. Sumbu ini bukan numerik seperti sumbu vertikal.

Sumbu vertikal menunjukkan nilai kategori yang sesuai. Anda dapat menggunakan banyak kategori, tetapi perhatikan ukuran bagan, sehingga cocok dengan halaman Excel. Jumlah kumpulan data terbaik untuk bagan Excel yang terlihat adalah antara empat dan enam.

Jika Anda memiliki lebih banyak data untuk ditampilkan, mungkin bagi menjadi beberapa bagan, yang tidak sulit dilakukan. Perubahan sumbu X yang akan kami tunjukkan harus bekerja di semua versi Excel, yaitu, paket Microsoft Office.

Cara Mengubah Rentang Sumbu X

Rentang sumbu X tidak sulit untuk diubah, tetapi Anda harus memikirkannya maju dan putuskan jenis perubahan apa yang ingin Anda buat. Anda dapat mengubah banyak hal, termasuk jenis sumbu, label kategori, pemosisiannya, dan titik penggabungan sumbu X dan sumbu Y.

Ikuti langkah-langkah untuk mulai mengubah rentang sumbu X:
Buka file Excel dengan bagan yang ingin Anda sesuaikan. Klik kanan sumbu X di bagan yang ingin Anda ubah. Itu akan memungkinkan Anda untuk mengedit sumbu X secara khusus. Kemudian, klik Select Data. Pilih Edit tepat di bawah tab Horizontal Axis Labels. Selanjutnya, klik Select Range. Tandai sel di Excel, yang ingin Anda ganti nilainya sumbu X grafik Anda saat ini. Saat Anda memilih semua sel yang diinginkan, ketuk Select Range sekali lagi untuk mengonfirmasi. Terakhir, klik tombol OK, dan nilainya akan diganti dengan pilihan Anda. Klik OK sekali lagi untuk keluar jendela Select Data Source.
Cara Mengedit X-Axis

Kami juga menyebutkan perubahan lain, dan berikut adalah cara membuatnya. Ikuti langkah-langkah untuk membuat perubahan X-Axis tambahan:
Buka file Excel yang berisi grafik yang ingin Anda ubah.Klik sumbu X yang ingin Anda edit.Sekarang, pilih Chart Tools.Kemudian, klik Format dari daftar di atas dari layar. Selanjutnya, pilih Format Selection, itu terletak tepat di bawah File di dekat bagian atas layar. Klik Opsi Sumbu, diikuti oleh Nilai dalam urutan terbalik, untuk mengubah cara kategori diberi nomor. Anda dapat memilih Tipe Sumbu untuk mengubah bagan berbasis teks menjadi bagan berbasis tanggal. Jika Anda ingin mengubah titik penggabungan sumbu X dan Y, pilih Opsi Sumbu dan sesuaikan nilai maksimumnya. Di sini Anda dapat mengubah interval tanda centang, sehingga mengubah spasi di bagan Anda.
Cara Mengubah Interval Sumbu X

Terakhir, Anda juga dapat mengubah interval sumbu X. Prosesnya berbeda untuk sumbu X berbasis teks dan berbasis tanggal, jadi berikut adalah petunjuknya masing-masing.

Pada Sumbu X Berbasis Tanggal

Ikuti langkah-langkah untuk mengubah interval sumbu X berbasis tanggal:
Buka file Excel dengan grafik Anda. Pilih grafik. Klik kanan pada Sumbu Horizontal dan pilih sumbu Format. Pilih Opsi Axis. Di bawah Unit, klik kotak di sebelah Major dan ketik nomor interval yang Anda inginkan. Pilih Hari, Bulan, atau Tahun di sebelah kotak ini, tergantung pada preferensi Anda.Tutup jendela, dan perubahan akan disimpan.
Pada Sumbu X Berbasis Teks

Ikuti petunjuk untuk mengubah interval sumbu X berbasis teks:
Buka file Excel. Pilih grafik Anda. Sekarang, klik kanan pada Horizontal Axis dan pilih Format Axis… dari menu. Pilih Opsi Sumbu lalu Label. Di bawah Interval antar label, pilih ikon radio di sebelah Tentukan unit interval dan klik kotak teks di sebelahnya. Ketik interval yang Anda inginkan di dalam kotak. Anda juga dapat meninggalkannya di satu. Tutup jendelanya, dan Excel akan menyimpan perubahannya.
Horizontal Axis Changed

Begitulah cara Anda mengubah sumbu X dalam bagan Excel, dalam versi Microsoft Excel apa pun. Omong-omong, Anda dapat menggunakan langkah yang sama untuk membuat sebagian besar perubahan pada sumbu Y, atau juga sumbu vertikal, tergantung pada jenis perubahannya.

Excel bukanlah program yang mudah, tetapi mudah-mudahan, Anda berhasil mengikuti langkah-langkah ini dan buat perubahan yang diperlukan pada bagan Anda. Jika Anda ingin menambahkan sesuatu, silakan lakukan di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: