Cara Mengunci Ikon Desktop di Windows

Banyak pengguna PC terbiasa dengan ikon desktop mereka berada di satu tempat. Namun, jika ikon desktop diatur ulang, membiasakan diri dengan tatanan baru bisa merepotkan dan membingungkan. Penataan ulang dapat terjadi karena fitur pengaturan otomatis Windows atau karena pengguna desktop lain memutuskan untuk mengatur ulang.

Untungnya ada cara untuk mematikan fitur pengaturan otomatis dan untuk mencegah ikon Anda dipindahkan. Artikel ini akan membahas berbagai cara Anda dapat mengunci ikon desktop di berbagai sistem Windows.

Mengunci Ikon Desktop di Windows 11

Windows 11 akan mengatur ulang ikon Anda jika Anda telah menginstal atau menghapus aplikasi atau bahkan jika Anda telah mengubah pengaturan resolusi tampilan. Anda harus mematikan fitur pengaturan otomatis untuk mencegah hal ini terjadi. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya:
Klik kanan di manapun pada desktop. Arahkan mouse Anda ke “View” di menu. Menu drop-down akan muncul. Buka “Atur Ikon Otomatis.” Hapus centang pada opsi untuk menonaktifkannya.
Jika Anda ingin setiap baris dan kolom ikon disejajarkan, Anda dapat menyesuaikannya di sini dengan mengeklik “Sejajarkan Ikon ke Kotak.”

Cara lain adalah mengunduh ikon ketiga -aplikasi pesta. DeskLock adalah aplikasi gratis dan sederhana yang mengunci ikon desktop Windows Anda di tempatnya. Ikon aplikasi di baki sistem memungkinkan Anda untuk menghidupkan dan mematikannya sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan programnya, buka halaman web mereka dan klik opsi “Unduh Sekarang”, lalu simpan file ZIP ke PC Anda.

Setelah Anda selesai mengunduh file, saatnya untuk menginstalnya. Untuk melakukannya, langkah-langkahnya adalah:
Untuk membuka File Explorer, gunakan tombol Windows + E pada keyboard Anda. Klik dua kali folder Downloads. Pilih “Extract All…” dari menu yang muncul saat Anda mengklik kanan DeskLock.zip. Pilih lokasi untuk file DeskLock baru. Jika mau, Anda dapat menggunakan penempatan default di folder Unduhan Anda. Pilih “Ekstrak.” Untuk membuka folder DeskLock, klik dua kali.
Sekarang untuk mengunci ikon Anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Atur ikon Anda sesuai urutan ingin mereka tetap tinggal. Jika ikon Anda terus kembali ke tempat semula, klik kanan desktop, pilih Lihat, dan hapus centang “Atur ikon otomatis.” Klik dua kali pada Desklock.exe untuk menjalankannya. Di Bilah Tugas Anda, klik kanan pada ikon Desklock .Pilih “Enable” dari menu.
Lock Desktop Icons di Windows 10

Dimungkinkan untuk mengubah tema perangkat Windows 10 Anda. Saat Anda mengubah tema, Anda mengubah warna jendela, wallpaper gambar latar belakang, suara sistem, dan screensaver sekaligus. Namun, beberapa tema juga menyediakan paket ikon. Tema

A berisi semua opsi pra-konfigurasi ini, dan mereka juga cenderung mengatur ulang ikon di desktop Anda. Tema akan mengatur ulang ikon di desktop Anda untuk meningkatkan estetika visual jika Anda tidak memblokir Windows untuk mengatur ulang mereka.

Untuk menonaktifkan fitur pengaturan otomatis, langkah-langkahnya adalah:
Klik kanan pada tempat kosong di desktop Anda.Arahkan kursor ke “Lihat ” untuk mendapatkan opsi lebih lanjut. Hapus centang pada kotak di samping ikon “Atur otomatis”. Pastikan opsi “Sejajarkan ikon ke kisi” diaktifkan. Ini akan membatasi ikon desktop Anda ke pengaturan kotak, menghasilkan ikon dengan jarak yang sempurna.
Menonaktifkan fitur pengaturan otomatis akan mencegah Windows mengatur ulang ikon desktop Anda.

Cara lain untuk mengunci ikon Desktop Anda di Windows 10 adalah melalui aplikasi “Pengaturan”. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah:
Buka aplikasi Pengaturan Windows 10 atau tekan tombol Win + I pintasan. Pilih “Personalisasi.” Pilih “Tema” dari menu panel kiri. Klik “Pengaturan Ikon Desktop” di menu kanan di bawah “Terkait Pengaturan.” Ini akan memunculkan jendela pengaturan baru. Hapus centang pada kotak di samping “Izinkan tema untuk mengubah ikon desktop.” Pilih “Terapkan”, lalu “OK”. Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti DeskLock. Setelah mengunduh dan menginstalnya, langkah-langkah untuk menggunakannya mirip dengan menggunakannya dengan Windows 11.
Atur ikon Anda dalam urutan yang Anda inginkan. Jalankan Desklock.exe dengan mengklik dua kali di atasnya. Klik kanan pada Desklock di Taskbar Anda. Dari menu, pilih “Enable.
Lock Desktop Icons di Windows 8.1

 Langkah-langkah untuk mengunci ikon desktop Anda di Windows 8.1 sangat mirip dengan Windows 10 dan 11. Cara pertama untuk melakukannya adalah:
Klik kanan di tempat kosong pada desktop.Pilih “Lihat” dari menu tarik-turun.Hapus centang kotak “Atur ikon otomatis”.
Anda juga dapat menggunakan DeskLock. Setelah mengunduh dan menginstalnya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Atur ikon Anda dalam urutan yang Anda inginkan. Klik dua kali Desklock.exe untuk memulainya. Klik kanan pada ikon Desklock di Taskbar Anda. Pilih “Aktifkan” dari menu.
Lock Desktop Icons di Windows 7

Windows 7 juga memungkinkan untuk mengunci ikon desktop Anda. Opsi yang Anda miliki mirip dengan Windows 10. Anda dapat menonaktifkan fitur pengaturan otomatis dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Klik kanan di mana saja di desktop Anda. Arahkan kursor ke “Lihat” untuk melihat opsi lain. Hapus centang pada kotak di samping “Atur otomatis ” ikon. Pastikan opsi “Sejajarkan ikon ke kisi” diaktifkan. Ini akan memaksa ikon desktop Anda untuk diatur dalam kotak, menghasilkan ikon dengan spasi yang tepat.
Aplikasi “Pengaturan” adalah opsi lain untuk mengunci ikon desktop Anda di Windows 7. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Luncurkan aplikasi “Pengaturan” di Windows 7. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Win + I. Pilih “Personalisasi.” Dari menu sebelah kiri, pilih “Tema.” Di menu di sisi kanan, di bawah “Pengaturan Terkait”, pilih “Pengaturan Ikon Desktop. ” Ini akan membuka jendela konfigurasi baru. Hapus centang opsi berlabel “Izinkan tema untuk memperbarui ikon desktop.” Klik “Terapkan” dan kemudian “OK.”
Dan akhirnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Desklock di sini. Setelah menyiapkan aplikasi, langkah-langkahnya adalah:
Mengatur ikon Anda dalam urutan yang Anda inginkan untuk ditampilkan. Jalankan Desklock.exe dengan mengklik dua kali. Klik kanan pada ikon Desklock di Taskbar Anda. Dari menu, pilih “ Aktifkan.”
Simpan Semuanya di Tempat

Meskipun fitur pengaturan otomatis Windows dapat membantu, terkadang fitur ini menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan daripada manfaatnya. Mematikannya akan menyelesaikan masalah ikon yang terus bergerak dan membantu Anda menjaga desktop tetap teratur sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.

Sayangnya, bahkan jika Anda menghapus centang pada fitur pengaturan otomatis Ikon, ikon desktop Anda mungkin diatur ulang dalam beberapa kasus. Misalnya, saat Anda mengubah resolusi layar, ikon Anda mungkin bergerak. Jika Windows secara acak mengubah resolusi tanpa campur tangan Anda, itu mungkin karena driver yang sudah ketinggalan zaman. Dalam situasi ini, Anda harus mencoba memperbarui driver Anda untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Apakah ikon Anda tetap terkunci? Apa metode penguncian ikon pilihan Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: