Cara Mengunduh dan Melihat Semua File Android Anda

Salah satu dari banyak aspek keren Android adalah kenyataan bahwa Anda dapat mengakses semua aspek sistem operasi. Tidak seperti iOS, Anda dapat melihat semua file sistem dan memiliki akses ke setiap file dan folder di perangkat. Jika Anda baru mengenal sistem operasi dan ingin tahu cara mengunggah, mengunduh, dan melihat semua file Android Anda, tutorial ini cocok untuk Anda.

Android memiliki pengelola file sendiri tetapi ada juga pengelola file pihak ketiga untuk mempermudah hidup . Karena pengelola file asli adalah bagian dari setiap perangkat Android, kami akan menggunakannya dalam contoh kami.

Cara melihat file Android Anda

Cara termudah untuk melihat file Android Anda adalah dengan mengakses penyimpanan perangkat di handset. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan: Dari laci aplikasi atau dari Pengaturan.
Access ‘File Saya’ Dari Laci Aplikasi

Jika Anda yakin jalur terbaik adalah yang paling tidak tahan, ini adalah metode untuk Anda. Mengakses semua file di perangkat Android Anda sangat sederhana:
Buka laci Aplikasi perangkat Anda – Bergantung pada versi perangkat lunak Android yang Anda jalankan, Anda dapat mengeklik ikon layar beranda yang memiliki beberapa titik atau menggesek ke atas pada layar.Gunakan bilah pencarian untuk menemukan aplikasi ‘File Saya’ dengan cepat.Atau, temukan di antara aplikasi Anda yang lain dan ketuk di atasnya.Pilih folder untuk mengakses file yang ingin Anda lihat.Akses File Dari Pengaturan

Metode ini tidak Ini bukan cara tercepat untuk mendapatkan file Anda, tetapi ini memungkinkan Anda melihat berbagai jenis file dengan cepat.
Buka Pengaturan, Penyimpanan & USB, dan Penyimpanan internal – Karena Pengaturan bervariasi tergantung pada pabrikan Anda, gunakan bilah pencarian di dalam ‘Pengaturan ‘ dan ketik ‘Penyimpanan’ untuk menemukannya dengan cepat. Ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas Ketuk ‘Lanjutan’. Pilih salah satu opsi yang muncul. Untuk keperluan artikel ini, kami akan memilih ‘File.’ Jelajahi folder dengan memilih salah satu yang ingin Anda lihat.
Menggunakan Komputer

Anda juga dapat melihat file saat ponsel terhubung ke komputer. Ini berfungsi pada komputer Mac dan Windows.
Colokkan ponsel Android Anda ke komputer dengan kabel USB. Setel untuk Transfer File jika kabel tidak default. Tunggu Windows untuk mendeteksinya.Buka ponsel di Windows Explorer dan browser seperti yang Anda lakukan pada hard drive lainnya.
Windows memperlakukan perangkat Android sebagai penyimpanan eksternal sehingga Anda dapat menarik, melepas, menambah, memindahkan, dan menghapus file dan folder sesuai keinginan Anda. Satu-satunya batasan adalah bahwa Android hanya dapat memanipulasi satu file atau folder dalam satu waktu.

Bagaimana Android Memesan File

Meskipun Anda dapat melihat dan memanipulasi file Android di Explorer, sistem file tidak sama dengan di Windows. Penyimpanan Perangkat adalah memori internal perangkat Anda. Portabel atau Kartu SD adalah penyimpanan eksternal, kartu SD yang terpasang ke handset Anda, jika Anda memilikinya.

Kartu SD dapat dikonfigurasi untuk menyimpan gambar, video, game, dan data lainnya. Tidak semua aplikasi dapat dimuat ke kartu SD, jadi jika tidak ada, periksa Penyimpanan Perangkat.

Penyimpanan Perangkat

File inti Android akan selalu disimpan dalam Penyimpanan Perangkat. Banyak aplikasi, game, dan program juga akan disimpan di sana. Dalam Penyimpanan Perangkat Anda akan melihat folder yang dibuat oleh OS Android.

DCIM adalah kamera dan tempat gambar Anda akan disimpan. Secara default ini akan berada di Penyimpanan Perangkat tetapi dapat dikonfigurasi untuk disimpan di Kartu SD. Unduhan harus berbicara sendiri, seperti halnya Film, Musik, Gambar, dan semua folder lainnya.

SD Card

Jika perangkat Anda memiliki kartu SD, itu akan muncul di samping Penyimpanan Perangkat baik di telepon maupun di Windows Explorer. Anda dapat menelusuri dan menjelajahinya dengan cara yang persis sama. Di Windows 10 mungkin ditampilkan sebagai Kartu, Penyimpanan Eksternal, atau Kartu SD tergantung pada jenis kartu dan telepon Anda.

Anda menjelajahi Kartu SD sama seperti File Windows mana pun. Jika Anda melihat folder DCIM, itu berarti ponsel Anda dikonfigurasi untuk menyimpan gambar ke kartu, bukan penyimpanan internal. Hal yang sama untuk Musik, Film, Daftar Putar, dan file lainnya. Seperti yang disebutkan, tidak semua aplikasi dan file dapat disimpan ke penyimpanan eksternal sehingga Anda mungkin tidak melihat semua yang Anda harapkan.

Unggah dan Unduh File Android

Sekarang Anda tahu cara melihat file Android, Anda seharusnya dapat memindahkan, menambah, dan mengubahnya juga. Mengunggah dan mengunduh file Android hanyalah masalah menyeret dan melepaskannya di Windows atau memilih opsi menu di ponsel Anda.

Pada perangkat Android:
Navigasi ke Pengaturan, Penyimpanan & USB, dan Penyimpanan internal.Pilih file atau folder yang Anda inginkan pindahkan dengan menekan ikon dan menahannya hingga tertulis terpilih. Ketuk ikon menu tiga titik dan pilih ‘Pindahkan ke’ atau ‘Salin ke.’ Pilih tujuan dan konfirmasi pemindahan atau salin.
Manajer file pihak ketiga

File Android manager cukup mampu tetapi bukan yang termudah untuk digunakan atau dinavigasi. Jika Anda tidak terlalu menyukainya, Anda dapat mengunduh dan menginstal pengelola file pihak ketiga dari Google Play Store. Cari Manajer File dan pilih aplikasi yang Anda suka tampilannya dan yang memiliki ulasan bagus. Unduh dan instal lalu gunakan sebagai default. Sebagian besar wizard penginstalan membawa Anda melalui penggantian pengelola file stok sehingga Anda akan berada di tangan yang tepat.

Apakah Anda menggunakan pengelola file pihak ketiga untuk Android? Yang mana yang Anda gunakan? Ceritakan pengalaman Anda di bawah ini!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: