Cara Mengunduh GIF Animasi

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
GIF adalah cara menyenangkan untuk meningkatkan komunikasi online Anda. Hari-hari ini Anda bahkan dapat menemukannya di email bisnis. Jika Anda ingin bergabung dengan revolusi digital, Anda harus memiliki perpustakaan GIF yang luas.

Untungnya, internet dibanjiri dengan gambar animasi dan loop video. GIF apa pun yang Anda inginkan mungkin sudah ada dan menunggu untuk diunduh.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengunduh GIF animasi dan di mana tempat terbaik untuk mendapatkannya.

Cara Mengunduh GIF Animasi

GIF (atau Format Pertukaran Grafik) dulu pertama kali diperkenalkan pada 1980-an oleh CompuServe Corporation. Saat itu, tujuan utama mereka adalah memungkinkan sistem operasi menghasilkan gambar beresolusi tinggi. Hari-hari ini, bagaimanapun, GIF merupakan bagian integral dari budaya internet dan komunikasi online.

Biasanya, GIF berisi sedikit animasi unik yang dimainkan dalam loop. Bergantung pada kontennya, formatnya dapat bervariasi, tetapi umumnya lebarnya 8-bit.

Anda dapat menemukan GIF cukup banyak di mana saja di internet. Sebagian besar browser memiliki perangkat lunak bawaan yang memungkinkan Anda membuka dan melihatnya. Jika Anda ingin membagikan GIF sebagai pesan, caranya cukup sederhana. Berikut cara melakukannya:
Pilih URL gif dari browser Anda.Salin tautan dengan mengklik kanan atau menggunakan pintasan keyboard Ctrl + C.Buka ruang obrolan atau situs web tempat Anda ingin membagikan GIF.Tempel dengan kanan- mengkliknya atau menggunakan pintasan keyboard Ctrl + V.
Namun, jika halaman tempat Anda mendapatkan GIF dihapus dari basis datanya, tautan tidak akan berfungsi. Solusi termudah adalah menyimpan file ke drive lokal Anda sehingga Anda dapat menggunakannya kapan pun Anda mau. Berikut cara mengunduh GIF animasi dari situs web:
Arahkan kursor ke GIF, klik kanan di atasnya dan pilih Simpan gambar sebagai dari daftar opsi. Tentukan di mana Anda ingin menyimpannya, lalu klik foldernya. Tambahkan judul dan pastikan formatnya tetap sama. Jika ekstensinya selain .gif, animasi tidak akan berfungsi. Klik Simpan untuk menyelesaikan unduhan.
Setelah selesai, Anda dapat menemukan GIF di folder pilihan Anda. Anda dapat menggunakannya sesering yang Anda suka – perlu diingat tidak semua platform mendukung format.

Cara Mengunduh GIF Animasi di iPhone

Sayangnya, Safari tidak memiliki pengelola unduhan bawaan. Jika Anda pengguna iOS, Anda harus melakukannya secara manual dengan beberapa langkah tambahan. Berikut cara mengunduh GIF animasi di Rol Kamera iPhone:
Buka browser Anda dan temukan GIF yang ingin Anda unduh. Klik GIF untuk membukanya. Jangan simpan sebagai hasil pencarian; formatnya tidak akan terbaca.Tekan GIF untuk membuka menu.Pilih Simpan Gambar dari daftar opsi.Keluar dari browser dan buka aplikasi Foto.Buka Album dan gulir ke bagian bawah layar. Ada daftar semua media di perangkat Anda di bawah Media Types.Buka bagian Animated dengan mengklik panah kecil di sisi kanan. GIF yang Anda unduh akan disimpan di sana, siap digunakan.
Jika GIF tidak muncul bergerak, jangan khawatir. Aplikasi Foto iPhone tidak mendukung formatnya, tetapi setelah Anda mengirimnya – itu akan berfungsi dengan baik. Hanya perangkat iOS 11 yang dapat menampilkan file .gif sebagai animasi.

Cara lain untuk mengunduh GIF ke iPhone Anda adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ini adalah alternatif yang bagus untuk menyimpan GIF di drive lokal Anda tanpa menghabiskan ruang. GIFwrapped adalah salah satu aplikasi gratis populer yang tersedia untuk perangkat Apple. Berikut cara menggunakannya:
Buka Apple App Store dan unduh GIFwrapped. Setelah unduhan selesai, klik ikon untuk membuka aplikasi. Jelajahi aplikasi untuk GIF. Anda juga dapat menggunakan bilah Pencarian untuk menemukan GIF tertentu (misalnya, babypanda.gif). Saat Anda menemukan GIF yang Anda suka, klik untuk membukanya. Tekan ke bawah untuk membuka daftar opsi.Pilih untuk Menyimpan ke Perpustakaan.
GIFwrapped hanyalah salah satu dari banyak aplikasi dengan perpustakaan luas GIF populer dari seluruh web. Anda dapat menggunakan Fungsi Pencarian di App Store untuk menemukan lebih banyak aplikasi gratis yang memungkinkan Anda mengunduh GIF di iPhone.

Cara Mengunduh GIF Animasi di Android

Tidak seperti iPhone, perangkat Android memungkinkan Anda mengunduh file langsung dari browser. Kapan pun Anda menemukan GIF yang Anda suka, Anda dapat menyimpannya ke ponsel hanya dalam beberapa langkah. Berikut cara mengunduh GIF animasi di Android:
Buka browser Anda dan buka situs web yang berisi GIF yang ingin Anda unduh. Klik GIF untuk membukanya. Tekan ke bawah untuk membuka jendela pop-up. Pilih Simpan Gambar atau Unduh Gambar dari daftar opsi. Keluar dari browser dan buka galeri foto Anda untuk menemukan GIF yang diunduh. Terkadang secara otomatis disimpan ke Unduhan, jadi jangan khawatir jika Anda tidak dapat menemukannya di aplikasi Galeri.
Ada juga aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda mengintegrasikan GIF ke dalam pesan Anda. Salah satu aplikasi GIF paling populer untuk perangkat Android adalah GIF Keyboard oleh Tenor. Berikut cara menggunakannya:
Buka Google Play Store dan ketik ”GIF Keyboard” di kotak Pencarian. Periksa kembali apakah Tenor adalah penerbitnya.Klik Instal untuk mengunduh aplikasi.Setelah penginstalan selesai, buka aplikasi dengan mengklik ikon.Izinkan aplikasi mengakses Kontak dan ruang penyimpanan lokal Anda.Sekarang Anda dapat menggunakan Keyboard GIF untuk bagikan gif di aplikasi lain seperti WhatsApp dan Facebook Messenger.
Cara Mengunduh GIF Animasi di Windows, Mac, dan Chromebook

Hampir semua browser dan komputer memiliki perangkat lunak tampilan terintegrasi yang mendukung file .gif. Jika Anda pengguna OS Windows, Anda dapat mengunduh GIF langsung dari Microsoft Edge, Google Chrome, atau browser lainnya. Hal yang sama berlaku untuk perangkat macOS dan Chrome OS.

Terlepas dari jenis komputer yang Anda miliki, langkah-langkahnya hampir sama. Berikut cara mengunduh GIF animasi di komputer Windows, Mac, dan Chromebook:
Buka browser Anda. Temukan GIF yang ingin Anda unduh. Tidak harus dari situs web tertentu, seperti Tumblr atau Pinterest. Anda benar-benar dapat menelusuri GIF dengan mengetikkan “GIF animasi” di mesin pencari Anda. Ketika Anda menemukan GIF yang Anda suka, klik untuk membukanya. Kemudian klik kanan untuk membuka menu pop-up.Pilih untuk Simpan gambar sebagai atau Unduh gambar, tergantung pada browser.Klik folder tempat Anda ingin menyimpan gambar, dan klik Simpan.
Meskipun ekstensi default adalah .gif, Anda juga dapat mengunduh GIF ke komputer Anda sebagai video. Itu berarti Anda akan dapat membukanya dengan pemutar media Anda. Berikut cara melakukannya:
Buka browser Anda dan temukan konverter MP4 online. Misalnya, online-convert.com adalah konverter online gratis.Salin URL GIF yang ingin Anda konversi.Klik Konversi File.Setelah file sepenuhnya dikonversi, klik tombol Unduh.Keluar dari Browser dan buka file MP4 di pemutar media Anda.
Tanya Jawab Tambahan
Bagaimana Cara Mengunduh GIF Dari Giphy?

Giphy mungkin adalah basis data GIF online paling populer. Antarmuka situs web dibagi menjadi beberapa kategori (misalnya Reaksi, Hewan, Tren), yang membuatnya sangat ramah pengguna.

Anda dapat mengunduh GIF langsung dari situs web hanya dalam beberapa langkah sederhana. Berikut cara melakukannya:

1. Buka browser Anda dan buka giphy.com.

2. Jelajahi situs web dengan mengklik kategori yang berbeda.

3. Saat Anda menemukan GIF yang Anda suka, klik thumbnail untuk membukanya.

4. Klik kanan dan pilih Simpan gambar sebagai atau Unduh Gambar, tergantung pada browser.

5. Ganti nama file, tetapi jangan mengubah ekstensi .gif asli.

6. Klik Simpan untuk menyelesaikan unduhan.

Jika Anda ingin menyimpan GIF sebagai file MP4, Giphy memiliki konverter video bawaan. Berikut cara mengunduh GIF animasi dari Giphy sebagai video:

1. Klik pada GIF yang ingin Anda konversi.

2. Di panel sebelah kiri, buka tab Media.

3. Temukan bilah MP4 (yang kedua dari yang terakhir) dan klik “Salin.”

4. Buka tab baru di browser Anda dan rekatkan URL yang disalin ke mesin pencari.

5. Klik kanan pada video untuk membuka menu pop-up.

6. Pilih Simpan video sebagai dari opsi.

Jika Anda ingin menggunakan Giphy di ponsel Anda, Anda cukup mengunduh aplikasinya. Ini tersedia di App Store dan Google Play.
Bagaimana Cara Membuat GIF Online?

Jika Anda ingin membuat GIF khusus, Anda dapat menggunakan pembuat GIF online. Prosesnya sangat sederhana dan biasanya sepenuhnya gratis.

GIFMaker adalah salah satu generator GIF online paling populer. Ini memungkinkan Anda untuk mengunggah gambar dan video dan mengubahnya menjadi GIF. Situs web tidak memerlukan pendaftaran dan menawarkan banyak opsi penyesuaian. Berikut cara membuat gif online dengan menggunakan GIFMaker:

1. Buka browser Anda dan buka gifmaker.me.

2. Klik Unggah Gambar atau Video ke GIF, tergantung pada file Anda.

3. Pilih file yang ingin Anda unggah dengan mengkliknya. Anda dapat memilih beberapa file dengan menahan Ctrl atau dan mengklik masing-masing file.

4. Pastikan file dalam format .jpg, .png, atau .gif.

5. Ada Panel Kontrol di sisi kiri. Anda dapat menyesuaikan kecepatan animasi, jumlah pengulangan, dan pengaturan lainnya di sana.

6. Setelah selesai, pilih opsi yang sesuai di bawah ini (mis. Buat Animasi GIF).

7. Anda dapat mengeklik Lihat GIF sebelum mengunduhnya. Jika Anda tidak puas, Anda dapat kembali ke Control Panel dan mengubah settings.

8. Untuk menyimpan file klik Download the GIF.
Bagaimana Cara Membuat Gambar Animasi?

Ada berbagai macam alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar animasi atau GIF. Tergantung pada jenis sistem operasi yang Anda miliki, Anda dapat mengunduh berbagai program. Sebagian besar editor foto, seperti Adobe Photoshop, cocok untuk membuat gambar animasi.

Berikut beberapa pembuat foto animasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat gif atau bentuk animasi pendek lainnya:

· Gif Brewery (khusus iOS)

· Gif Toaster (tersedia di Google Play juga)

· XnSketch

· Gimp

· Sketsa Saya! (Hanya OS Windows)

GIF Giving

Tidak ada kekurangan situs web tempat Anda dapat menemukan GIF yang sempurna. Anda dapat mengunduhnya ke semua perangkat Anda hanya dalam beberapa langkah sederhana. Ada juga berbagai macam aplikasi GIF yang tersedia untuk iPhone dan Android. Unduh editor foto yang kompatibel dengan OS Anda atau cukup gunakan pembuat GIF online.

Seberapa sering Anda menggunakan GIF dalam komunikasi sehari-hari? Pernahkah Anda membuat GIF khusus? Bagikan beberapa GIF favorit Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: