Cara Mengunduh Semua File Dari Google Drive

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacWindowsPerangkat Hilang?
Mengunduh semua file Anda dari Google Drive bisa sangat merepotkan. Meskipun mendapatkan file individual dari Google Drive sangatlah mudah, mengunduh semuanya bisa sangat memakan waktu dan merepotkan. Anda ingin mengunduh semua file Anda dari Google Drive, tetapi Anda tidak ingin memilih setiap file satu per satu. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya di perangkat yang berbeda.

Cara Mengunduh Semua File Dari Google Drive ke PC Windows

Ada tiga cara mudah untuk mengunduh semua file Anda dari Google Drive ke PC Windows.
Anda dapat mengunduh file Anda langsung dari situs web Google Drive.Gunakan Google Backup and Sync untuk menghubungkan file Google Drive ke komputer Anda.Unduh semua data Google Drive Anda sebagai Arsip Google.
Jika akun Google Drive Anda memiliki data lebih dari 5GB, Anda harus menyinkronkan Google Drive Anda Drive akun ke komputer Anda menggunakan alat Pencadangan dan Sinkronisasi gratis dari Google.

Google Drive

Buka browser Anda dan cari Google Drive. Jika Anda sudah masuk, Anda akan menemukan diri Anda di halaman Google Drive. Jika tidak, Anda harus login terlebih dahulu. Dari sini, ikuti langkah berikut:
Klik file atau folder apa pun untuk memilihnya.Untuk memilih semuanya, tekan Ctrl+A. Semuanya akan berubah menjadi biru. Di sudut kanan atas, klik pada tiga titik horizontal. Menu tarik-turun akan muncul, pilih “Unduh”. File akan dikompresi menjadi folder ZIP oleh Google Drive. Tunggu unduhan menyelesaikan. Setelah file selesai diunduh, buka folder Unduhan Anda dan buka zipnya untuk melihatnya.
Backup dan Sync

Buka browser Anda dan buka situs web Backup and Sync. Anda dapat menggunakan halaman Pencadangan dan Sinkronisasi untuk menyinkronkan data antara komputer dan akun Google Drive Anda, memungkinkan Anda mengunduh semua informasi Google Drive ke PC.

Keuntungan terbesar dari metode ini adalah bahwa setiap perubahan yang Anda buat di Google Drive akan dicerminkan secara otomatis di program Pencadangan dan Sinkronisasi komputer Anda.

Setelah memuat situs web, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Klik “Unduh”Bila diminta, klik “Setuju dan Unduh” untuk mulai mengunduh berkas penyiapan.Klik dua kali berkas penyiapan, lalu klik “Ya” ketika ditanya. Setelah penginstalan selesai, klik “Tutup.” Tunggu hingga layar masuk hingga Pencadangan dan Sinkronisasi muncul. Masuk ke Akun Google Anda. Anda memiliki opsi untuk mengunggah file dan folder dari komputer ke Google Drive Anda. Jika Anda tidak ingin melakukannya, hapus centang pada semua kotak. Klik “Berikutnya.” Ketika ditanya, klik “MENDAPATKAN.” Ini akan membawa Anda ke halaman Unduhan Google Drive, di mana Anda dapat memilih file Google Drive mana yang akan disimpan ke PC Anda. Pilih opsi yang mengatakan “Sinkronkan semuanya di Drive Saya” di bagian atas jendela. Semua yang ada di Google Drive Anda akan diunduh ke komputer Anda.Klik “Mulai.”
Bersabarlah karena proses ini mungkin memakan waktu cukup lama tergantung pada ukuran file Google Drive Anda.

Setelah selesai, akses file Anda di folder “Google Drive” di komputer Anda dengan memilih ikon Pencadangan dan Sinkronisasi, lalu mengklik ikon folder di bagian kanan atas menu Pencadangan dan Sinkronisasi.

Arsip Google

Untuk mengunduh arsip dari Google, masuk ke akun Google Anda. Buka halaman Akun Google dan ikuti langkah-langkah berikut:
Buka “Pengaturan.” Di bawah “Data & privasi” pilih “Unduh atau hapus data Anda.” Klik “BUAT EKSPOR BARU” di bagian bawah halaman. Pilih “Batalkan pilihan semua.” Gulir ke bagian bawah halaman dan centang kotak di sebelah “Drive”. Kotak ini akan menjadi biru, yang menunjukkan bahwa file Google Drive Anda akan diunduh. Anda juga dapat menambahkan item Google lainnya yang Anda suka ke arsip dengan mencentang kotak di sebelahnya. Klik “Langkah berikutnya.” Pilih ukuran file untuk ekspor Anda. Pilih ukuran dari kotak tarik-turun “Ukuran Ekspor” yang sama dengan (atau melebihi) ukuran unduhan Google Drive Anda. Jika ukuran Google Drive Anda melebihi batas, itu akan mengunduh banyak file zip. Pilih “Buat ekspor” di bagian bawah halaman untuk memulai unduhan. Setelah arsip dibuat, sebuah pop-up akan muncul. Klik di sini di “Unduh.” Masukkan kata sandi Google saat ditanya. Ini akan memulai pengunduhan file arsip ke PC Anda. Ekstrak file setelah unduhan selesai.
Cara Mengunduh Semua File Dari Google Drive ke Mac

Ada juga tiga opsi untuk mengunduh semua file Anda dari Google drive ke komputer Mac Anda. Langkah-langkahnya hanya sedikit berbeda.

Google Drive

Luncurkan browser Anda dan ketik “Google Drive” ke dalam bilah pencarian. Jika Anda sudah masuk, Anda akan diarahkan ke halaman Google Drive. Jika tidak, Anda harus login terlebih dahulu. Dari sini, lakukan sebagai berikut:
Untuk memilih file atau folder, cukup klik di atasnya.Gunakan Command +A untuk memilih semuanya. Semuanya harus disorot dengan warna biru.Klik pada tiga titik horizontal di kanan atas halaman.Pilih “Unduh” dari menu tarik-turun.Google Drive akan memampatkan file ke dalam folder ZIP.Tunggu konten Anda Google Drive untuk mengunduh sepenuhnya. Setelah file selesai diunduh, navigasikan ke folder Unduhan Anda dan buka zipnya untuk melihatnya.
Backup and Sync

Luncurkan browser Anda dan buka halaman Backup and Sync. Saat memuat halaman web, lakukan langkah-langkah berikut:
Klik tombol “Unduh”. Saat diminta, klik “Setuju dan Unduh” untuk mulai mengunduh file penginstalan. Klik dua kali file penyiapan, konfirmasi penginstalan jika diminta, lalu seret Cadangan dan ikon Sinkronkan ke pintasan folder “Aplikasi” untuk menyelesaikan penginstalan.Tunggu hingga layar masuk Pencadangan dan Sinkronisasi muncul.Masuk dengan Akun Google Anda.Anda dapat mengunggah file dan folder dari komputer ke akun Google Drive Anda. Hapus centang semua kotak jika Anda tidak mau. Pilih “Selanjutnya.” Ketika ditanya, pilih “GOT IT.” Ini akan membawa Anda ke halaman Unduhan Google Drive, tempat Anda dapat memilih file Google Drive mana yang akan diunduh ke komputer Anda. Di bagian atas jendela, pilih opsi “Sinkronkan semuanya di Drive Saya”. Isi Google Drive Anda akan diunduh ke komputer Anda. Tekan tombol “Start.”
Google Archive

Masuk ke akun Google Anda untuk mengunduh arsip. Buka halaman Akun Google dan ikuti langkah-langkah berikut:
Buka “Pengaturan.” Pilih “Unduh atau hapus data Anda” di bawah “Data & privasi.” Di bagian bawah halaman, klik “Buat Ekspor Baru.” Tekan “Batalkan pilihan semua Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan centang kotak “Drive”. Pilih “Langkah berikutnya.” Pilih ukuran file. Pilih “Buat ekspor” dan kemudian “Unduh” dari pop-up. Ketik kata sandi Akun Google Anda.Ekstrak file untuk mengaksesnya.
Cara Mengunduh Semua File Dari Google Drive ke iPhone

Mengunduh file dari Google Drive ke iPhone sangatlah mudah, tetapi Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Google Drive di iPhone. Jika Anda belum menginstal aplikasi Google Drive di iPhone, Anda bisa mendapatkannya dari App Store.

Untuk mengunduh file dari Google Drive ke iPhone, ikuti langkah-langkah berikut:
Di iPhone, luncurkan aplikasi Google Drive.Ketuk ikon menu di sebelah kanan file yang ingin Anda unduh. Pilih “Open In.” Pilih program di mana Anda ingin membuka file, dan itu akan diunduh ke ponsel cerdas Anda.
Cara Mengunduh Semua File Dari Google Drive ke an Android

Dari aplikasi setelan ponsel Android, Anda dapat mengakses penyimpanan Google Drive seperti halnya penyimpanan internal. Anda kemudian dapat menyalin folder ke penyimpanan internal Anda dari sana.
Buka “File.”Buka menu samping.Pilih “Drive Saya.”Buka folder tempat Anda ingin menyimpan file.Tekan lama folder tersebut.Klik tombol tiga titik di pojok kanan atas.Klik tombol “Copy to…”Pilih lokasi penyimpanan di ponsel Anda.Di kanan bawah, tekan tombol “Copy”.
Cara Mengunduh Semua File Dari Folder Google Drive Tertentu

Sangat mudah untuk unduh folder dari Google Drive Anda, dan metodenya sama apakah Anda menggunakan PC atau Mac.
Masuk ke akun Google Anda dan buka Google Drive di komputer Anda.Buka bagian “Folder” dan pilih folder Anda ingin mengunduh.Klik kanan pada folder dan pilih “Unduh” di bagian bawah.
Akses File Anda Secara Offline

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin perlu mengunduh file ke PC atau ponsel dari Google Drive Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengaksesnya kapan saja tanpa koneksi internet. Atau Anda telah memutuskan untuk menghapus akun Google Anda dan menginginkan semua file Anda sebelum Anda mematikannya. Bagaimanapun, menggunakan salah satu metode ini akan membantu Anda mendapatkan semua file dengan cepat dan aman.

Pernahkah Anda mengunduh semua file dari Google Drive? Apakah Anda mengalami kesulitan melakukannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: