Cara Meningkatkan Pengaturan OptiFine untuk Minecraft

Setiap gamer tahu pentingnya frame per second (FPS), terutama ketika pengaturan grafis game menjadi topik utama. Terlepas dari gaya vintage pixelated-nya, Minecraft tidak terkecuali karena nilai FPS yang lebih tinggi akan memungkinkan pengalaman yang lebih mulus. Masalahnya adalah game Minecraft itu sendiri tidak cocok untuk meningkatkan FPS.

Dengan OptiFine, masalah ini teratasi untuk sebagian besar gamer. Mod ini membantu mengoptimalkan gim Anda dan membuatnya berjalan tanpa hambatan. Setelah menginstal Optifine, Anda akan melihat perbedaannya saat meluncurkan Minecraft.

Cara Memasang Optifine

Sebelum menginstal OptiFine, Anda harus memastikan bahwa Anda bermain di Minecraft: Java Edition. Bedrock Edition tidak kompatibel dengan Optifine. Java adalah edisi yang bekerja dengan mod, dan kompatibilitas mod Bedrock relatif rendah.

Ada dua cara utama untuk menginstal OptiFine. Salah satu caranya adalah menginstalnya tanpa menggunakan mod lain, sedangkan cara lainnya memungkinkan Anda melakukannya. Kami akan membahas metode pertama terlebih dahulu.

Cara Memasang OptiFine Tanpa Mods

Dengan metode ini, Anda hanya akan menggunakan OptiFine dengan Minecraft: Java Edition. Namun, tidak akan ada mod pengubah mekanik game yang diinstal. Jika Anda ingin menggunakan mod lain ini, maka metode ini tidak berlaku untuk Anda.

Berikut cara memasang OptiFine tanpa mod lain:
Buka situs web resmi OptiFine. Unduh versi Optifine yang sesuai dengan versi Minecraft Anda. Jalankan file penginstal OptiFine yang Anda unduh. Saat jendela penginstal muncul, pilih tujuan penginstalan. Klik “Instal” saat siap. Tunggu prosesnya selesai. Setelah OptiFine diinstal, luncurkan Minecraft: Java Edition. Aktifkan OptiFine dari drop- daftar bawah terletak di sisi kiri tombol “Mainkan”. Setelah permainan selesai memuat, buka “Opsi.” Anda akan tahu bahwa mod telah dipasang dengan benar ketika ada lebih banyak opsi grafis daripada sebelumnya. Ubah pengaturan sesuai keinginan Anda.
Dengan bantuan OptiFine, permainan Anda akan berjalan jauh lebih lancar dari sebelumnya. Optifine memberi Anda lebih banyak opsi untuk dioptimalkan. Jika Anda bermain di komputer yang lebih lemah, Anda dapat mengurangi pengaturan untuk membantu meningkatkan framerate.

Komputer dengan kartu grafis yang lebih lemah dan RAM yang lebih rendah akan paling diuntungkan dari OptiFine. Tanpa itu, Anda mungkin mengalami gameplay yang berombak dan penurunan bingkai. Dengan menginstal OptiFine, masalah ini akan hilang dengan pengaturan yang tepat, untuk sebagian besar.

Ingatlah bahwa OptiFine tidak secara ajaib membuat komputer Anda berjalan lebih baik. Anda mungkin harus banyak menyesuaikan pengaturan untuk gameplay yang lebih lancar. Pengaturan yang lebih rendah biasanya berarti mengorbankan kualitas visual untuk kinerja.

Cara Memasang OptiFine Dengan Mods

Metode ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan Minecraft dengan OptiFine dan juga memasang mod lainnya. Ini membutuhkan Minecraft Forge, jadi kami sarankan Anda mengunduhnya terlebih dahulu. Forge adalah yang memungkinkan Minecraft: Java Edition untuk menggunakan mods.
Unduh Minecraft Forge dan instal.Buka situs web resmi OptiFine di browser Anda.Unduh versi OptiFine yang benar yang cocok dengan game Minecraft Anda.Buka peluncur Minecraft Anda.Di peluncur Anda, pilih “ Forge” dan kemudian klik “Play” untuk membuka Minecraft modded. Buka menu “Mods” di Minecraft Forge. Pilih “Open Mods Folder.” Gim akan membuka folder mod Forge. Pindahkan atau salin file JAR OptiFine ke Forge Anda mods folder.Tutup Minecraft dan luncurkan kembali dengan cara yang sama.Minecraft akan memberi tahu Anda bahwa ia memiliki dua modul untuk dimuat.Untuk memeriksa apakah Forge terpasang dengan benar, buka menu “Opsi”. Buka “Pengaturan Video.” Jika Anda melihat lebih banyak opsi dari sebelumnya, maka OptiFine telah terinstal dengan benar. Sesuaikan pengaturan sesuai keinginan Anda.
Jika Anda sudah bermain dengan mod lain menggunakan Forge, metode kedua ini akan memungkinkan Optifine berintegrasi dengan mulus. Anda akan melihat peningkatan kinerja setelah menginstal OptiFine juga. Karena OptiFine tidak dipusingkan dengan mod lain, mereka biasanya berjalan dengan baik satu sama lain.

Cara Meningkatkan Pengaturan OptiFine Anda untuk Minecraft

Dengan OptiFine terpasang di dalam game, Anda dapat mulai meningkatkan kinerja Minecraft. Opsi tambahan di menu Pengaturan Video adalah yang membantu meningkatkan jumlah framerate Anda. Dengan kartu grafis yang lebih kuat dan pengaturan OptiFine, Anda dapat mencapai lebih dari 100 FPS.

Mari kita lihat berbagai pengaturan yang dapat Anda sesuaikan untuk pengalaman Minecraft yang lebih lancar.

Graphics

Game ini sudah dilengkapi dengan opsi kualitas grafisnya sendiri. Mereka adalah:
FastFancyFabulous
Seperti yang Anda tahu, Fast adalah yang terbaik untuk kinerja. Anda mengorbankan kualitas untuk kinerja dengan opsi ini. Fabulous adalah kebalikannya, menukar kinerja dengan kecantikan.

Jika komputer Anda tidak dapat menangani setidaknya 60 FPS dengan Fabulous atau Fancy, kami sarankan untuk menggunakan Fast. Lebih mudah pada perangkat keras Anda, dan Anda akan dapat memanfaatkan jus komputer Anda.

Pencahayaan Halus

Dengan Pencahayaan Halus aktif, game Anda akan menghabiskan lebih banyak sumber daya untuk menghasilkan efek pencahayaan terbaik. Ini juga memengaruhi kinerja game Anda secara negatif. Itu sebabnya Anda harus mematikannya.

Jika Anda mampu membelinya, Anda dapat memilih “Minimum” untuk menyeimbangkan jumlah dan kualitas FPS. Opsi ini masih memerlukan beberapa sumber daya, tetapi tidak sebanyak “Maksimum.”

Shaders

Shaders adalah salah satu fitur grafis paling berat di Minecraft. Dengan mematikannya, Anda bisa mendapatkan peningkatan FPS yang substansial. Meskipun Anda dapat menggunakan Optifine untuk memuat shader khusus, fitur ini juga diketahui menyebabkan beberapa bug, gangguan, dan crash.

Juga tidak ada jaminan bahwa shader berfungsi dengan blok khusus atau mod lainnya. Menonaktifkannya adalah tindakan terbaik jika Anda ingin meningkatkan kinerja.

Pencahayaan Dinamis

Pencahayaan Dinamis hadir dengan tiga opsi:
OffFastFancy
Menonaktifkan Pencahayaan Dinamis akan membuat game lebih gelap, tetapi Anda juga mendapatkan lebih banyak bingkai sebagai gantinya. “Nonaktif” dan “Cepat” adalah pilihan terbaik, dan tergantung pada komputer Anda, Anda dapat memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Pencahayaan Dinamis Cepat memiliki latensi 500 milidetik, tetapi Fancy memiliki Penerangan Dinamis real-time tanpa latensi. Yang terakhir ini juga membebani sumber daya komputer, jadi tidak disarankan untuk mengaktifkannya jika Anda khawatir tentang kinerja.

Kinerja terbaik hadir tanpa Pencahayaan Dinamis sama sekali atau menggunakan pengaturan Cepat.

Details

Opsi Detail berisi lebih dari 10 pilihan, termasuk:
CloudsPohonVignetteFog StartStarsHujan & SaljuBlok Tembus Warna RawaBlok Alternatif
Semuanya memiliki setidaknya dua pilihan. Optifine juga memberi Anda tips untuk meningkatkan kinerja. Untuk Detailnya, berikut adalah pengaturan terbaik:
Tanpa awanPohon cepatTanpa langitTanpa matahari dan suasana hatiTanpa kabutBlok tembus cepatItem yang cepat jatuhVignette cepatJarak entitas 100Tanpa ketinggian awanTanpa hujan dan saljuTanpa bintang Jangan tampilkan jubahKabut mulai dari 0,8Tips alat item yang dipegang aktifTidak ada warna rawaTidak ada blok alternatifTidak ada campuran biomaIni pengaturan dapat memberi Anda kinerja yang lebih baik dengan mengorbankan permainan yang relatif tandus dan membosankan. Namun, untuk performa terbaik di atas segalanya, ini adalah satu-satunya cara.

Animations

Animasi juga dipengaruhi oleh perlakuan OptiFine. Ada banyak hal yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan, seperti:
animasi airAnimasi batu merahAnimasi batu merah Partikel kosongAnimasi medan Partikel airTekstur animasiTekstur animasiAnimasi ledakan Anda dapat mengeklik “Semua Mati”, yang membuat permainan terlihat sangat statis dan datar; namun, ini memberi Anda keuntungan FPS terbaik. Meski begitu, hanya peringatan yang adil: game Anda akan terlihat sangat berbeda dari segi estetika.

Partikel harus “Minimal” untuk kualitas visual yang layak. Anda tidak ingin permainan terlihat terlalu jelek meskipun Anda mendapatkan lebih dari 200 FPS.

Quality

Tab Kualitas juga memiliki banyak pengaturan untuk menyesuaikan kinerja yang optimal. Karena mereka membutuhkan waktu terlalu lama untuk menjelaskan masing-masing, kita akan masuk ke pengaturan terbaik untuk menu ini.
Level Mipmap harus dimatikanTidak ada pemfilteran anisotropikTidak ada tekstur yang dipancarkanMatikan rumput yang lebih baikTidak ada font khususTekstur yang terhubung cepatTidak ada langit khususTidak ada model entitas khususTidak ada entitas acakMatikan salju yang lebih baikTidak ada warna khususTidak tekstur alamiTidak ada item khususTidak ada GUIs
khususSemua pengaturan ini akan mengosongkan RAM dan kartu grafis Anda. Kelemahannya adalah, sekali lagi, permainan dengan daya tarik visual yang kurang.

Performance

Tab ini memiliki lebih banyak area untuk penyesuaian, dan masing-masing membantu meningkatkan FPS Anda. Berikut adalah pengaturan terbaik untuk tab Performa:
Hidupkan area renderAktifkan animasi pintarAktifkan FPS halusAtur pembaruan chunk ke satuAktifkan pemuatan lazy chunkAktifkan rendering cepatHidupkan matematika cepatHidupkan dunia yang mulusAktifkan pembaruan dinamis
Ini adalah tab kedua terakhir untuk OptiFine terbaik pengaturan. Yang terakhir disebut tab “Lainnya”.

Others

Pada tab terakhir ini, pengaturan sebagian besar berkaitan dengan beberapa fitur lain-lain. Berikut cara menyesuaikannya:
Lagmeter harus matiJangan tampilkan FPSCuaca seharusnya menyalaTidak ada layar penuhUkuran tangkapan layar defaultMatikan profiler debugTidak ada kiat alat lanjutanWaktu defaultTampilkan kesalahan GLModel layar penuh saat ini10-12 menit antara penyimpanan otomatis Ada ruang gerak di semua pengaturan ini. Jika Anda ingin meningkatkan performa, ini akan membantu Anda mendapatkan FPS paling banyak. Namun, tetap tidak terlihat cantik.

FAQ Tambahan
Bagaimana Cara Mengubah Resolusi OptiFine Saya di Minecraft?

Buka Pengaturan Video di menu Opsi Anda. Ada penggeser yang memungkinkan Anda menyesuaikan resolusi Optifine Anda. Seret hingga mencapai resolusi yang diinginkan.

Mengapa FPS Saya Berbeda dengan OptiFine Terpasang?

Optifine memungkinkan Anda mengoptimalkan pengaturan grafis Minecraft. Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan FPS Anda secara drastis atau menurunkannya. Hasilnya tergantung pada pengaturan Anda, tetapi OptiFine terutama digunakan untuk mendapatkan lebih banyak FPS.

Edisi OptiFine Mana yang Harus Saya Dapatkan?

Ada tiga versi OptiFine:

· OptiFine Ultra

· OptiFine Standard

· OptiFine Light
· paling banyak opsi StandardUlbp adalah jalan tengah. Light lebih baik untuk laptop dengan spesifikasi perangkat keras yang lebih rendah tetapi memiliki lebih sedikit fitur dan tidak berfungsi dengan Forge atau Modloader.

Untuk sebagian besar situasi, Ultra adalah cara yang harus dilakukan karena banyak pengaturan lanjutannya. Ini berfungsi dengan semua komputer, dan Anda dapat menjalankannya bersama mod lainnya. Standar adalah pilihan yang layak jika Anda hanya menginginkan peningkatan yang lebih kecil daripada yang dapat ditawarkan Ultra.

Minecraft dalam 500 FPS

Dengan bantuan OptiFine, bahkan komputer dengan spesifikasi rendah dapat bermain tanpa frame drop dan tersendat. Kebanyakan orang dapat memainkan Minecraft dengan lancar dan tanpa khawatir tentang kegagapan yang aneh. Mod juga membantu mengurangi beban komputer Anda.

Berapa banyak FPS yang bisa Anda dapatkan dari Minecraft dengan Optifine? Versi Optifine apa yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: