Cara Meningkatkan Sinyal Wifi Anda

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsDevice Missing?
Berkat Wi-Fi, kebutuhan akan port khusus, konektor, dan banyak kabel untuk menghubungkan perangkat ke internet sudah ketinggalan zaman. Tetapi meskipun sinyal Wi-Fi terus meningkat, masalah dengan kekuatan dan jangkauan masih ada pada kami.

Untungnya, seperti kebanyakan teknologi, di mana ada masalah, ada solusi dan ada banyak yang tersedia untuk membantu Anda meningkatkan Wi-Fi Anda sinyal. Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda melalui hal-hal termudah untuk mencoba memperkuat koneksi Wi-Fi Anda. Setiap bagian menawarkan sesuatu yang berbeda jadi jangan ragu untuk memeriksa semuanya.

Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi Anda untuk Android

Cobalah tiga tip berikut untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi ke perangkat Android Anda:

1. Restart Router dan Perangkat Anda

Restart router Anda – matikan sebentar lalu hidupkan kembali. Melakukan ini akan menyegarkan koneksi dan memungkinkannya untuk memilih kembali saluran paling jelas untuk setiap frekuensi, menghasilkan sinyal Wi-Fi terkuat. Kemudian restart perangkat Anda untuk mengambil sinyal Wi-Fi yang diperbarui.

2. Lupakan dan Gabung Kembali dengan Jaringan

Atur perangkat Anda untuk melupakan koneksi Wi-Fi lalu gabung kembali. Catat kata sandi Wi-Fi karena Anda harus memasukkannya kembali untuk terhubung. Berikut cara bergabung kembali dengan jaringan Wi-Fi Anda melalui perangkat Android Anda:
Buka “Pengaturan.” Ketuk “Koneksi,” lalu “Wi-Fi.” Tekan lama jaringan Wi-Fi Anda, lalu “Lupakan jaringan.” Mulai ulang ponsel Anda , lalu bergabung kembali dengan Wi-Fi.
3. Coba Lepas Casing Ponsel Anda

Beberapa bahan yang digunakan dalam casing ponsel diketahui memengaruhi sinyal Wi-Fi. Untuk menentukan apakah casing ponsel memengaruhi sinyal Anda, lepas casing, dan lakukan tes kecepatan menggunakan layanan online seperti Ookla Speed ​​Test. Kemudian uji lagi dari tempat yang sama dengan kasus ini. Jika kinerja ponsel Anda lebih baik tanpa kasing, maka Anda telah menemukan masalah Anda. Kecepatan

Ookla memerlukan banyak izin, jadi kami sarankan untuk mencopot pemasangannya setelah Anda selesai melakukan pengujian.

Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi untuk iPhone

Untuk peningkatan ke konektivitas Wi-Fi iPhone Anda, coba yang berikut ini:

1. Restart Router dan Perangkat Anda

Sungguh menakjubkan bagaimana restart sederhana dapat membuat sebagian besar masalah teknis hilang. Mulai ulang router Anda untuk memungkinkannya menemukan saluran yang tidak terlalu padat untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Setelah restart, restart iPhone Anda kemudian sambungkan kembali ke Wi-Fi.

2. Lupakan dan Gabung Kembali dengan Wi-Fi

Coba tingkatkan kecepatan Wi-Fi Anda dengan membuat iPhone Anda melupakan jaringan Wi-Fi lalu bergabung kembali seolah-olah untuk pertama kalinya. Tindakan ini memperbarui koneksi dari ujung iPhone. Sebelum Anda mulai, catat kata sandi Wi-Fi karena Anda harus memasukkannya kembali. Berikut cara melupakan dan bergabung kembali dengan Wi-Fi dari iPhone Anda:
Buka aplikasi “Pengaturan”. Ketuk “Wi-Fi.” Ketuk “I” di samping nama Wi-Fi yang terhubung. Pilih “Lupakan Jaringan Ini, ” lalu “Lupakan.” Nyalakan ulang ponsel Anda. Buka aplikasi “Pengaturan” lagi, lalu “Wi-Fi.” Ketuk nama Wi-Fi dan masukkan kata sandi untuk bergabung.
3. Coba Lepas Casing Ponsel Anda

Fakta bahwa beberapa bahan yang digunakan dalam casing ponsel, seperti logam, dapat memengaruhi penerimaan sinyal Wi-Fi. Untuk memverifikasi apakah casing ponsel memengaruhi sinyal Anda, dengan casing dimatikan, lakukan uji performa menggunakan layanan online seperti Ookla Speed ​​Test. Kemudian di lokasi yang sama, dengan casing menyala, lakukan tes lagi. Jika kinerja ponsel Anda lebih baik tanpa kasing, ada masalah Anda.

Karena Ookla meminta banyak izin, kami sarankan untuk menghapusnya setelah Anda selesai melakukan pengujian.

Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi untuk PC

Cobalah tip berikut untuk meningkatkan Sinyal Wi-Fi di PC Anda:

1. Restart Router Anda dan PC

Restart router Anda dengan mematikannya beberapa saat kemudian hidupkan kembali. Ini memungkinkan router Anda menghasilkan sinyal Wi-Fi yang lebih kuat dengan memilih saluran yang paling tidak sibuk untuk setiap frekuensi. Setelah restart, restart PC Anda untuk memperbarui koneksi ke router.

2 Anda. Hilangkan Wi-Fi Leeches

Murah, peretas yang dengki, atau penyusup lain mungkin mencoba menyambung ke jaringan Wi-Fi Anda untuk menghemat uang atau melakukan yang lebih buruk. Cara terbaik untuk menghindari jenis ini adalah dengan menyembunyikan SSID atau nama jaringan Wi-Fi router Anda menggunakan metode “penyelubungan”. Hanya orang yang mengetikkan nama jaringan Anda yang akan menemukannya. Menyembunyikan ID Anda menawarkan perlindungan umum untuk modem Anda.

Ini dilakukan dalam pengaturan firmware melalui admin router Wi-Fi Anda. Setiap pengaturan router berbeda, jadi gunakan langkah-langkah berikut sebagai panduan umum tentang cara melakukannya melalui router Anda:
Di browser web, masukkan alamat IP untuk panel admin router Anda. Biasanya 192.168.0.1 atau serupa. Lihat opsi navigasi untuk bagian berjudul “Nirkabel” atau yang serupa. Buka submenu dan cari bagian bernama “Opsi Nirkabel”. “Pengaturan Nirkabel” atau yang serupa. Cari opsi dengan nama seperti “Aktifkan Nirkabel Tersembunyi”, “Aktifkan Siaran SSID”, “Sembunyikan SSID”, dll. Pilih atau batalkan pilihan kotak centang atau alihkan sakelar untuk mematikan pengaturan ini. Simpan pengaturan Anda. Router Anda mungkin atau mungkin tidak perlu memulai ulang. Anda sekarang tidak terlihat oleh devices.
3. Perbarui Pembaruan firmware Firmware

A Router Anda akan membantu router Anda bekerja lebih baik dan mendukung kecepatan internet yang lebih cepat. Seberapa mudah atau sulit melakukan ini tergantung pada merek dan model router Anda. Untungnya, banyak perangkat baru menyertakan proses pembaruan melalui antarmuka admin, jadi tinggal masuk ke admin router Anda dan menemukan opsi peningkatan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi Melalui Dinding?

Tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang dinding, ketebalannya dan bagaimana pengaruhnya terhadap sinyal Wi-Fi. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi melalui mereka, dan berikut adalah beberapa:

1. Ubah Posisi Router Anda dan Hapus Titik Mati

Untuk meningkatkan kekuatan jaringan Wi-Fi Anda untuk jangkauan di seluruh rumah Anda, pertimbangkan untuk menempatkan router di tempat lain. Terkadang, pergeseran kecil di lokasi dapat membuat perbedaan. Lebih baik memasang router Anda di tempat sentral. Pertimbangkan hal berikut ketika mencari tahu penempatan terbaik:
Berikan banyak ruang. Jauhkan dari dinding tebal.Jauhkan dari jendela dan TV.Letakkan di tempat yang tinggi seperti di rak paling atas atau di atas lemari.Letakkan di tempat yang dapat Anda lihat.
Tujuannya adalah untuk meletakkannya di suatu tempat dengan banyak ruang sekitarnya sehingga dapat mengirimkan sinyal kuat ke segala arah.

2. Coba Pasang Wi-Fi Repeater

Bisa jadi router berada di gedung yang terlalu besar untuk menyediakan penutup yang cukup. Jika demikian, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam repeater atau extender Wi-Fi. Seperti namanya, repeater Wi-Fi menerima sinyal Wi-Fi saat ini dan memperkuatnya untuk memperluas jangkauannya ke “zona mati” Wi-Fi di seluruh gedung.

Mereka sangat mudah dipasang. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan repeater di lokasi yang Anda dapat menerima sinyal Wi-Fi, lalu sambungkan ke catu daya.

Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi Anda Dengan Aluminium Foil

Alternatif murah untuk repeater dan ekstender Wi-Fi adalah dengan menggunakan aluminium foil sebagai reflektor untuk meningkatkan kekuatan sinyal. Ini diyakini bekerja dengan mengarahkan kembali sinyal Wi-Fi dengan menghentikannya dari satu arah dan mengirimkannya ke arah lain.

Yang perlu Anda lakukan adalah:
Lipat selembar aluminium foil menjadi bentuk melengkung.Letakkan foil di sekitar antena router . Foil harus menghadap ke arah yang Anda inginkan untuk meningkatkan sinyal.
Dan begitulah. Koneksi Wi-Fi yang lebih kuat tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Meningkatkan Sinyal Wi-Fi Anda

Sinyal Wi-Fi yang buruk dapat mengganggu, terutama jika Anda mencoba melakukan streaming sesuatu atau melakukan hal lain yang memerlukan koneksi kuat – seperti hampir semuanya . Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kekuatan sinyal tanpa harus menghubungi dukungan teknis.

Teknik terbaik untuk meningkatkan sinyal cenderung paling mudah. Misalnya, memulai ulang perute dan perangkat penghubung, mengubah posisi perute, atau menempatkan aluminium pada antena perute semuanya dapat meningkatkan kekuatan sinyal Anda secara nyata.

Apakah Anda mengetahui metode lain yang telah dicoba dan diuji untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi ? Beri tahu kami tentang mereka di bagian komentar.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: