Cara Menjadikan Pengguna sebagai Admin di Windows

Akun
User yang dibuat di Windows 10 tersedia dalam dua bentuk: standar dan administrator (atau admin). Sementara fungsionalitas tetap sama untuk kedua jenis pengguna, akun administrator akan memiliki akses yang diperluas ke opsi tertentu.

Akses ini mencakup izin yang disetujui administrator yang memungkinkan pengguna mengubah berbagai pengaturan. Bahkan, admin dapat menginstal aplikasi di komputer, sedangkan pengguna standar hanya dapat meluncurkannya. Untuk alasan ini, memiliki lebih dari satu admin mungkin terbukti sangat berguna Jika Anda memiliki PC Windows 10 dengan beberapa pengguna.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari empat metode untuk menjadikan pengguna standar menjadi administrator di Windows 10.

Cara Membuat User an Admin di Windows 10

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan pengguna sebagai admin di Windows 10 akan menggunakan menu “Pengaturan”. Berikut adalah langkah-langkah untuk metode ini:
Buka “Start Menu” dan buka “Pengaturan.” Buka “Akun”Anda akan melihat bagian yang berbeda di sisi kiri jendela; pilih “Keluarga & orang lain.” Di sisi kanan jendela, cari pengguna yang ingin Anda jadikan admin di bawah “Orang lain.” Pilih “Ubah jenis akun.” Di daftar tarik-turun yang muncul, pilih “Administrator .”Tekan tombol “OK” dan tutup “Pengaturan.”
Metode kedua melibatkan masuk ke “Panel Kontrol.” Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menjadikan pengguna sebagai admin melalui utilitas ini:
Buka “Menu WinX” baik dengan mengklik kanan tombol “Start Menu” atau menekan Logo Win+X pada keyboard Anda. alasan, Anda tidak dapat menemukan opsi di “Menu WinX,” cukup buka “Menu Mulai” dan ketik “panel kontrol.” Setelah Anda menemukan “Panel Kontrol,” klik untuk membuka jendela yang relevan. Di bawah “Akun Pengguna,” pilih “Ubah jenis akun.” Temukan pengguna yang ingin Anda jadikan admin dan klik pada mereka. Di sisi kiri, pilih “Ubah jenis akun.” Pilih “Administrator” dari opsi akun. Tekan tombol Tombol “Ubah Jenis Akun”.
Untuk metode ketiga, Anda harus memasukkan pengaturan “Akun Pengguna”. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Menangkan Logo+R untuk meluncurkan dialog “Jalankan”. Masukkan “netplwiz” dan tekan OK. Sebuah jendela akan terbuka dengan pengaturan untuk akun pengguna; temukan pengguna yang ingin Anda beri izin admin. Setelah memilih pengguna yang tepat, tekan “Properties.” Dari tab di bagian atas, pilih “Keanggotaan Grup.” Pilih “Administrator” dan klik tombol “OK”.
Akhirnya, Anda bisa gunakan “Command Prompt” untuk mengubah pengguna standar menjadi admin. Gunakan langkah-langkah berikut untuk metode ini:
Buka “WinX Menu.” Dari menu, luncurkan “Command Prompt (Admin).” Di Command Prompt administrator, masukkan “net localgroup Administrators AccountName / add”. Saat memasuki baris ini, ganti “AccountName” dengan nama pengguna yang sebenarnya. Tekan “Enter” dan tunggu perintah untuk dieksekusi. Setelah Anda melihat pesan konfirmasi “The command selesai dengan sukses,” Anda dapat keluar dari “Command Prompt.” empat metode ini akan memungkinkan Anda untuk menjadikan pengguna standar apa pun menjadi administrator di Windows 10.

Meskipun metode ini memungkinkan Anda melakukan tindakan yang diinginkan untuk pengguna yang berbagi komputer yang sama, tekniknya akan berbeda jika Anda ingin menjadikan pengguna sebagai admin lokal pada jaringan.

Pada bagian berikut, kami akan menjelaskan cara menjadikan pengguna domain dan jaringan menjadi admin lokal.

Cara Menjadikan Pengguna Domain sebagai Admin Lokal Windows 10

Ada tiga cara untuk menjadikan pengguna domain sebagai admin lokal di Windows 10.

Cara pertama adalah dengan menggunakan perintah “lusrmgr.msc”:
Akses komputer pengguna baik melalui login jarak jauh atau dengan akses fisik langsung. Buka menu “Run” dengan menekan “Win ​​Logo+R”. Ketik “lusrmgr.ms c” dan tekan “OK.” Temukan “Pengguna dan Grup Lokal.” Masuk ke menu “Administrator”. Temukan akun pengguna yang ingin Anda berikan hak admin dan masukkan ke dalam grup “Administrator”.
Metode kedua menggunakan “Grup Terbatas ,” sedangkan yang ketiga menggunakan “Administrator Lokal Aman.” Namun, kedua metode ini jauh lebih mudah daripada yang pertama. Karena mereka akan memerlukan pengaturan yang lebih ekstensif, kami akan merekomendasikan menggunakan metode pertama yang diusulkan.

Cara Membuat Pengguna Jaringan menjadi Admin Lokal Windows 10

Anda dapat menggunakan beberapa perintah untuk menjadikan pengguna jaringan sebagai admin lokal di Windows 10. Dari “Jalankan” dialog, Anda dapat menggunakan perintah “lusrmgr.msc” yang dijelaskan di atas atau perintah “compmgmt.msc”.

Kedua perintah dapat diakses melalui dialog “Jalankan”, yang dapat Anda luncurkan dengan menekan Win Logo+R.

Menggunakan tombol “lusrmgr. msc” telah dijelaskan di bagian sebelumnya. Berikut cara menggunakan perintah “compmgmt.msc”:
Luncurkan menu “Run” dan ketik perintah. Setelah Anda mengklik “OK,” jendela “Manajemen Komputer” akan terbuka. Di menu sisi kiri, navigasikan ke ” System Tools.” Klik “Local Users and Groups”, lalu pada “Groups.” Anda akan melihat daftar grup di sisi kanan; pilih “Administrator.” Klik kanan grup “Administrator” dan pilih “Tambahkan ke Grup.” Konfirmasikan pilihan Anda dan pilih “Tambah.” Temukan kotak “Masukkan nama objek untuk dipilih”. Masukkan nama pengguna di dalam kotak dan klik “OK.”
Atau, Anda dapat menggunakan “Prompt Perintah” untuk menambahkan pengguna ke grup admin. Berikut cara melakukannya:
Launch “Command Prompt” sebagai administrator. Ketik “net localgroup Administrator AccountName / add” di mana Anda akan mengganti “AccountName” dengan nama pengguna. Tekan “Enter,” tunggu pesan konfirmasi, dan keluar dari “Command Prompt.”
Berikan Hak Admin Pengguna Dengan Kemudahan

Memiliki lebih dari satu admin di sistem atau jaringan dapat membuat banyak proses menjadi lebih mudah. Dengan orang lain memiliki akses ke pengaturan dan opsi penting, jaringan Anda tidak harus bergantung pada Anda yang selalu tersedia.

Sekarang Anda tahu cara menjadikan pengguna mana pun sebagai admin di Windows 10, berbagi hak admin – serta tanggung jawab – dengan yang lain akan jauh lebih mudah.

Apakah Anda berhasil menjadikan pengguna lain sebagai admin di Windows 10? Metode mana yang Anda gunakan?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: