Cara Menjaga Lokasi Anda di Life360 di Satu Tempat

Sebagai aplikasi GPS dan pelacakan lokasi, Life360 tidak dirancang untuk tetap di satu tempat. Ini melacak setiap gerakan Anda dan memberikan data akurat tentang di mana, kapan, dan seberapa cepat Anda bergerak. Terlepas dari itu, ada kalanya Anda ingin keluar dari jaringan dan menyembunyikan keberadaan Anda dari sisa lingkaran.

Prosesnya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena aplikasi mengikuti Anda, dan sulit untuk dipalsukan. Meninggalkan ponsel Anda di satu tempat saat Anda berkeliaran di jalanan adalah hal yang logis untuk dilakukan, tetapi kemudian Anda mencabut perangkat tersebut saat tidak diperlukan. Life360 adalah bagian dari perangkat lunak seperti yang lain, dan ada beberapa penyesuaian sederhana untuk menghentikannya agar tidak mengganggu Anda setiap saat.

Berikut adalah beberapa tip untuk menangani perangkat lunak aplikasi dan menyimpannya di satu lokasi. Matikan Wi-Fi dan Data Seluler

Mematikan koneksi internet Anda akan menonaktifkan Life360, dan aplikasi biasanya hanya menunjukkan lokasi terakhir Anda. Kelemahan yang jelas dari metode ini adalah semua aplikasi lain kehilangan koneksi, yang membatasi notifikasi, aplikasi perpesanan, dan layanan lainnya. Selain tidak memiliki koneksi internet, orang lain di grup Anda akan segera melihat bahwa ada sesuatu yang salah. Plus, itu mungkin tidak cukup untuk menipu keberadaan Anda.

Untungnya, pengguna iPhone dapat mematikan data seluler dari pengaturan untuk aplikasi Life360 sementara pengguna Android harus menggunakan metode lain.

Untuk mematikan data seluler Life360, pengguna iPhone dapat buka Pengaturan di ponsel mereka dan ketuk ‘Seluler.’ Nonaktifkan sakelar Life360 dan selama wifi tidak tersedia, Life360 tidak akan dapat melaporkan lokasi Anda yang sebenarnya.
2. Spoof Lokasi Anda

Untuk menipu lokasi Anda, Anda memerlukan VPN seperti ExpressVPN atau aplikasi lokasi palsu. Untuk integrasi VPN, kami sarankan untuk membaca panduan kami tentang cara menggunakan VPN dengan ponsel Anda. Untuk aplikasi lokasi palsu, kami tidak akan merekomendasikan aplikasi tertentu karena ada banyak pilihan bagus di PlayStore dan App Store. Namun perlu diingat, sebagian besar aplikasi ini berbayar, penyiapannya bisa rumit, dan memengaruhi semua aplikasi lain di ponsel Anda.
3. Gunakan Telepon Burner

Mendapatkan telepon “pembakar” mungkin merupakan trik tertua dalam buku ini. Ini berarti Anda memiliki dua telepon dan perangkat “pembakar” tetap terpasang dan Life360 terpasang di dalamnya. Tidak perlu mengutak-atik salah satu pengaturan Anda hanya meninggalkan satu telepon dan mengambil yang lain dengan Anda.

Triknya di sini adalah untuk berpikir sedikit di luar kotak. Misalnya, jika Anda memiliki iPad atau iPod touch, Anda dapat menggunakan perangkat itu sebagai “pembakar” atau membawanya dan menjadikan ponsel cerdas Anda sebagai dummy.
4. Uninstall App

Akhirnya, cara paling pasti untuk tetap berada di satu tempat adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi. Setelah itu, peta menunjukkan lokasi terakhir Anda. Tidak ada pelacakan, tetapi Anda mungkin perlu menginstal ulang agar tidak menimbulkan kecurigaan.
5. Nonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang di Life360

Fitur ini dirancang untuk memungkinkan aplikasi berjalan di latar belakang dan memperbarui informasi. Life360 menggunakan GPS dan pelacakan gerak ponsel Anda. Karena alasan itu, mematikan internet tanpa menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang mungkin tidak membuat Anda tetap di satu tempat.

Fitur ini, misalnya, dapat diakses melalui aplikasi Pengaturan di iPhone dan Android. Ketuk aplikasi Pengaturan, navigasikan ke Life360, dan masuk ke menu. Tekan tombol di sebelah Background App Refresh untuk mematikannya. Dengan cara ini, Anda 100% yakin bahwa lokasi tidak akan diperbarui saat Wi-Fi mati.

Pengguna Android harus membuka Pengaturan mereka, ketuk ‘Aplikasi,’ dan matikan ‘Izinkan Penggunaan Data Latar Belakang’ setelahnya mengetuk ‘Life360.’

Android juga menawarkan fitur hemat baterai untuk banyak model. Ketuk ‘Perawatan Perangkat’ dan matikan penyegaran aplikasi Latar Belakang Life360 di bawah Pengaturan baterai.
6. Matikan Lokasi dan Motion

Menonaktifkan pelacakan gerakan dan lokasi seharusnya cukup untuk membuat Anda tetap di satu tempat. Artinya Anda tidak perlu mematikan Wi-Fi dan seluler agar triknya berhasil. Namun, tetap disarankan untuk menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Aplikasi masih akan menampilkan lokasi terakhir yang direkam dan tetap di tempat itu sampai informasi diperbarui.

Terlebih lagi, Anda dapat mengatur Lokasi ke “Tanya Waktu Berikutnya” dan aplikasi akan memperkenalkan pop-up sebelum mulai melacak Anda. Ingat, ini telah diuji pada iPhone dan nama fiturnya mungkin berbeda di Android.
7. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Life360 menggunakan banyak sumber daya baterai untuk memantau dan melaporkan lokasi dan statistik gerak Anda. Bahkan, sebagian besar fungsinya mati saat baterai Anda di bawah 20%. Hal yang sama terjadi ketika Anda dengan sengaja memicu mode hemat baterai. Tapi ada catch.

Anda harus menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang untuk memastikan lokasi tidak dilacak. Tidak jelas apakah aplikasi dapat mengganti mode hemat baterai saat Anda memicunya pada 50% atau 70% baterai penuh.

Pengguna Android dan iPhone memiliki opsi mode daya rendah. Pengguna Android dapat memilih antara, opsi hemat daya High Performance, Optimized, Medium, dan Maximum.

Penghematan Daya Maksimum hanya memungkinkan proses di ponsel Anda berjalan yang benar-benar diperlukan, jadi ini mungkin yang Anda ingin agar Life360 tidak berjalan di latar belakang.
8. Nonaktifkan Deteksi Drive di Life360

Luncurkan aplikasi, pilih Pengaturan, dan ketuk opsi Deteksi Drive; itu harus tepat di atas FAQ. Sekarang, Anda hanya perlu mengetuk tombol di jendela berikutnya untuk menonaktifkan fitur.

Daripada menahan Anda di satu tempat, ini mencegah aplikasi melacak pergerakan, kecepatan, serta lokasi Anda. Ini mungkin bekerja dengan baik jika Anda ingin pergi untuk perjalanan singkat, tetapi anggota lain dari lingkaran Anda akan tahu bahwa Anda telah menonaktifkan Deteksi Drive.

Ada juga opsi untuk menonaktifkan Berbagi Lokasi, cukup ketuk di dalam Menu Pengaturan dan matikan tombol. Jika Anda termasuk dalam beberapa lingkaran yang berbeda, Anda perlu mengulanginya untuk masing-masing lingkaran. Sekali lagi, peta menunjukkan lokasi terakhir Anda dan ada pesan “Berbagi Lokasi Dijeda”.

Sejujurnya, ini bukan solusi yang ideal karena dapat menimbulkan kecurigaan dengan administrator lingkaran dan anggota lainnya. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu menggunakan metode yang lebih kreatif.

Sebagai penutup, menjaga Life360 di satu tempat sulit tetapi bukan tidak mungkin dan Anda harus tahu bahwa itu cukup banyak menonaktifkan semua layanan darurat dalam aplikasi. Dengan kata lain, Anda harus menggunakan trik ini dengan hemat.

Frequently Asked Questions
Jika saya mematikan lokasi saya, apakah itu akan mengingatkan orang lain?

Ya, orang lain di lingkaran Anda akan tahu jika Anda mematikan wifi (bukan masalah besar paket data tak terbatas tidak perlu wifi sepanjang waktu) dan jika Anda telah mematikan lokasi Anda.
Apakah mudah untuk menipu Life360?

Jika Anda orang tua dari seorang remaja atau pengemudi baru, tidak ada yang lebih baik daripada Life360. Bahkan opsi gratis memberi Anda lokasi, kecepatan, dan memungkinkan Anda mengatur dua tempat untuk peringatan (misalnya, anak telah tiba di sekolah). Tapi, ada ratusan video TikTok yang menunjukkan kepada para remaja bagaimana cara melewati pengawasan Life360. Bagi mereka yang tidak paham teknologi, menipu aplikasi mungkin tampak rumit, tetapi bagi siapa saja yang menggunakan teknologi secara teratur, itu cukup mudah dan sederhana.
Apakah Life360 akan berfungsi jika ponsel mati?

Tidak, itu hanya akan menunjukkan lokasi terakhir Anda dan perjalanan terakhir Anda. Tapi, itu juga akan menunjukkan bahwa ponsel Anda mati. Fakta yang sangat menyenangkan tentang Life360; itu akan menunjukkan persentase baterai Anda juga sehingga memalsukan baterai mati mungkin tidak berfungsi.
Dapatkah saya menggunakan Life360 tanpa data seluler?

Anda akan memerlukan nomor telepon untuk masuk ke Life360 tetapi Anda tidak memerlukan data seluler untuk menjalankan aplikasi. Jika Anda memilih untuk menggunakan opsi ponsel burner yang kami cantumkan di artikel ini, yang Anda butuhkan hanyalah koneksi Wi-Fi dan kemampuan untuk masuk ke akun Life360 Anda di ponsel burner tersebut.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: