Cara Menjual NFT di OpenSea

Saat ini tidak ada tempat yang lebih baik untuk menjual NFT selain di OpenSea. Dari cryptokitties hingga karya seni hingga nama domain, tidak ada batasan untuk aset digital yang dapat Anda beli dan jual di platform ini. Mungkin Anda meluangkan waktu untuk membiasakan diri dengan cara kerja semuanya dan kemudian membeli atau membuat NFT pertama Anda. Pertanyaan berikutnya yang secara alami muncul adalah, “bagaimana saya bisa menjualnya?” Dalam artikel ini, kami akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara menjual NFT di OpenSea. Selain itu, kami akan menyelam lebih dalam dan menjelaskan cara menjual tanpa membayar bensin, serta cara menjual nama domain, cryptokitties, dan banyak lagi.

OpenSea – Cara Menjual?

Jika Anda di sini untuk menjual di OpenSea, kami dapat menganggap Anda sudah memiliki akun terdaftar. Jika tidak, Anda harus tahu bahwa hanya pengguna terdaftar dengan dompet terkonfigurasi yang dapat menjual NFT. Jika Anda ingin membalik NFT yang Anda beli atau jual yang Anda buat, melakukannya di OpenSea relatif mudah:
Navigasi ke OpenSea.io dan masuk ke akun Anda.Klik gambar profil Anda di kanan atas.Buka “Profil .”Pilih NFT yang ingin Anda jual dari dompet Anda. Pilih “Jual” untuk dialihkan ke halaman daftar. Pilih jenis dan harga obral. Anda dapat menetapkan harga tetap atau lelang. Dengan lelang, masukkan harga mulai, waktu kedaluwarsa, dan ambang harga. Adapun durasi, penjualan bisa berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau seminggu. Setelah semuanya beres, klik “Lengkapi Daftar.” Untuk daftar pertama, Anda harus menginisialisasi dompet Anda. Itu berarti Anda harus menyelesaikan dua transaksi satu kali. Yang pertama adalah menginisialisasi akun Anda untuk penjualan, dan yang lainnya adalah memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan terjadi. Setelah membayar biaya, konfirmasikan detailnya dan posting item di marketplace.
Gunakan tab “Aktivitas” di sisi kiri untuk melihat NFT yang Anda siapkan untuk dijual.

OpenSea – Biaya untuk Menjual

Seperti yang disebutkan sebelumnya, OpenSea mengharuskan semua penjual pertama kali membayar dua biaya sebelum melakukan penjualan pertama. Perhatikan bahwa harga untuk kedua biaya ini tidak tetap, dan jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, Anda dapat menurunkannya sebanyak mungkin. Tapi bagaimana caranya?

Pertama, biayanya dibayar dalam Ether. Ini berarti harga tergantung pada nilai kripto dibandingkan dengan satu dolar atau apa pun mata uang lokal Anda.

Sama seperti pencetakan, kedua biaya tersebut adalah transaksi di blockchain Ethereum. Karena itu, mereka membutuhkan kekuatan pemrosesan untuk menyelesaikannya. Untuk mengimbangi energi yang diperlukan untuk memproses transaksi ini, Anda harus membayar biaya gas.

Pada saat penulisan, transaksi pertama dapat menelan biaya mulai dari $70 hingga $300. Transaksi kedua biasanya $10 hingga $30.

Kisaran harga ini disebabkan oleh biaya gas. Ada hari-hari ketika biaya lebih tinggi, dan kemudian ada hari-hari lambat ketika biaya lebih rendah.

Anda dapat melacak harga di www.gasnow.org. Idealnya, Anda ingin mencari hari-hari ketika angka di bawah 100. Ini adalah saat Anda ingin menginisialisasi akun untuk menghemat uang paling banyak.

Selain dari biaya di muka satu kali, OpenSea mengambil 2,5% dari penjualan Anda. Anda hanya membayar pajak ini setelah barang terjual.

Cara Berjualan di OpenSea Tanpa Membayar Gas

Jika Anda sudah familiar dengan blockchain Etherium, biaya gas di OpenSea mirip dengan biaya transaksi yang sudah Anda ketahui. Saat Anda mentransfer crypto ke dompet lain atau membeli NFT di OpenSea, Anda harus memiliki cukup ETH di dompet Anda untuk menutupi transaksi awal dan biaya gas.

Namun, OpenSea baru-baru ini memperkenalkan pasar baru – Polygon, tempat Anda dapat menjual NFT tanpa membayar biaya gas.

Untuk membuat koleksi Polygon, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Klik gambar profil Anda dan pilih “Koleksi Saya.”Klik “Buat koleksi.”Tambahkan logo, spanduk, deskripsi, dan atur royalti.Anda’ akan dapat memilih blockchain untuk membuat NFT. Pilih “Polygon” dari menu tarik-turun.
Sekarang Anda telah membuat koleksi Polygon, berikut cara menjual NFTs.

Jual NFT di Polygon
Navigasi ke NFT yang ingin Anda jual dan pilih “Jual” di sudut kanan atas .Tetapkan harga jual, mata uang, dan biaya potensial. Pilih “Daftar lengkap.” Klik “Sign” dan tanda tangani transaksi.
Selesai! Anda akan melihat pesan yang mengatakan, “NFT Anda terdaftar,” dan Anda dapat menyalin tautannya di mana pun Anda suka untuk meningkatkan visibilitas.

Bagaimana Cara Menjual Domain di OpenSea?

Salah satu dari banyak kategori barang yang dapat Anda jual di OpenSea adalah domain nama. Jika Anda ingin menjual nama domain pertama Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Arahkan ke OpenSea dan arahkan kursor ke gambar profil Anda. Buka “Profil Saya.” Klik pada domain yang ingin Anda jual. Tekan tombol “Jual” di bagian atas -pojok kanan.Pilih opsi penjualan. Anda dapat memilih antara “Tetapkan Harga” dan “Tawaran Tertinggi.” Isi detailnya dan pilih “Lengkapi Daftar Anda.” Jika Anda menggunakan Metamask, klik “Masuk” di bawah logonya. Jika Anda menggunakan dompet seluler, pilih ” WalletConnect” atau “WalletLink” (tergantung dompet Anda). Pindai kode QR dengan kamera ponsel Anda.
Selesai! Domain Anda sekarang siap untuk dijual.

Cara Menjual Cryptokitties di OpenSea

Jika Anda memiliki cryptokitty yang menggemaskan untuk dijual, Anda dapat melakukannya di pasar OpenSea. Sebelum mendaftarkan NFT untuk dijual, gunakan pasar untuk menentukan berapa harga kucing yang mirip dengan milik Anda. Ini akan membantu Anda menetapkan harga yang wajar.

Setelah Anda melakukannya, saatnya untuk menjual. Dan begini caranya:
Buka OpenSea.io/account dan klik tab “Item Saya”. Klik pada kucing yang ingin Anda jual. Klik tombol “Jual”. Isi harga awal dan akhir, serta jumlah hari Anda ingin cryptokitty Anda terdaftar. Setelah Anda mengatur semua parameter, pilih “Sell Item.” Klik “Setujui Kontrak,” lalu “Buat Lelang.”
Yang terakhir dua langkah akan menghasilkan transaksi Metamask, masing-masing dengan biaya terkait. Metamask biasanya menentukan biaya jaringan, tetapi Anda juga bebas memilih sendiri. Anda hanya dapat memulai lelang cryptokitty setelah Anda mengirimkan kedua transaksi ini dan setelah selesai di jaringan Ethereum.

Anda dapat mengunjungi lelang Anda dengan membuka akun Anda, lalu mengklik “Lelang Saya.”

Cara Menjual Mintable di OpenSea

As pasar NFT paling populer kedua, Mintable memiliki cukup banyak item yang dapat Anda beli atau jual. Namun apa jadinya jika Anda ingin menjual item dari Mintable di OpenSea? Ada trik sederhana untuk membantu Anda melakukan hal itu.

Yang harus Anda lakukan adalah mentransfer NFT dari Mintable ke dompet Anda. OpenSea akan mengambil transfer dan menunjukkannya di database mereka. Perhatikan bahwa ini termasuk membayar biaya jaringan sekitar $25.

Juga, Anda tidak perlu menghapus item yang ditransfer dari Mintable. Itu dapat terdaftar di kedua pasar secara bersamaan, sehingga Anda memiliki peluang penjualan yang lebih tinggi.

FAQ Tambahan
Apakah Anda Perlu Dompet untuk Menggunakan OpenSea?

Ya, Anda harus memiliki dompet untuk membeli dan menjual di OpenSea. Seperti yang Anda ketahui, OpenSea adalah alat untuk berinteraksi dengan blockchain. Perusahaan tidak memiliki atau menyimpan NFT Anda. Mereka hanya mengizinkan pertukaran peer-to-peer. Penggunaan platform berarti Anda akan berinteraksi dengan pengguna blockchain lainnya, jadi Anda memerlukan dompet untuk mengubah tindakan di browser menjadi transaksi blockchain.

Siap Menjual NFT Anda?

OpenSea adalah tempat yang sangat baik untuk menjual NFT. Baik Anda ingin menjual cryptokitties, cryptostickers, atau aset digital lainnya, Anda dapat melakukannya di sini. Tetapi perhatikan bahwa ini dapat menghabiskan biaya lebih banyak jika Anda tidak berhati-hati. Pastikan untuk menginisialisasi akun Anda dengan bijak dengan mengikuti harga gas untuk menghemat transaksi Anda. Selain itu, komunitas OpenSea yang berkembang berarti NFT Anda akan memiliki banyak eksposur dibandingkan dengan beberapa marketplace lain.

Aset apa yang ingin Anda beli dan jual di OpenSea? Pernahkah Anda mencoba platform serupa sebelumnya? Bagikan pengalaman Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: