Cara Menonaktifkan Asisten Google

Tautan Perangkat
AndroidChromebookPerangkat Hilang?
Asisten Google, meskipun sangat membantu saat Anda perlu mencari tiket pesawat atau restoran, terkadang bisa sangat mengganggu. Itu dapat muncul ketika Anda tidak mengharapkannya dan mengganggu pekerjaan atau hiburan Anda.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika beberapa pengguna ingin menonaktifkannya. Pada artikel ini, kami akan mengeksplorasi beberapa cara untuk menonaktifkannya di ponsel atau tablet Android. Kami juga akan membahas Chromebook, Pixelbooks, dan Android TV.

Matikan Sepenuhnya

Jika Anda yakin tidak ingin Asisten Google mengganggu Anda lagi, Anda selalu dapat memilih untuk menonaktifkannya sepenuhnya. Ingatlah bahwa Anda akan dapat mengaktifkannya lagi jika Anda mau. Berikut cara mematikan Asisten Google sepenuhnya di perangkat Android:
Luncurkan aplikasi Google di ponsel cerdas atau tablet Anda. Ketuk ikon Menu (tiga titik kecil); itu biasanya terletak di sudut kanan bawah layar. Selanjutnya, Anda harus pergi ke Pengaturan. Sekarang, navigasikan ke bagian Asisten Google dari menu. Gulir ke bawah dan cari opsi berlabel Umum. Ketuk pada sakelar penggeser berikutnya ke Asisten Google untuk menonaktifkannya. Terakhir, konfirmasikan dengan mengetuk Matikan.
Jika Anda berubah pikiran karena alasan apa pun dan ingin mengaktifkan Asisten Google lagi, ikuti langkah yang sama ini dan alihkan sakelar ke aktif.

Rute Alternatif

Ada cara lain untuk sepenuhnya nonaktifkan Asisten Google. Kali ini, Anda harus membukanya untuk terakhir kalinya. Begini caranya:
Ketuk dan tahan tombol Beranda. Saat Asisten Google muncul, Anda harus mengetuk ikon berbentuk kotak di pojok kiri bawah. Selanjutnya, ketuk ikon profil di sudut kanan atas. Di menu yang muncul, pilih Umum. Terakhir, ketuk sakelar penggeser di sebelah Asisten Google untuk menonaktifkan layanan.
Asisten Google tidak akan muncul lagi tanpa diundang. Ulangi langkah-langkah ini jika Anda berubah pikiran dan memutuskan untuk mengaktifkannya lagi.

Menonaktifkan Tombol Aktivasi

Asisten Google memiliki kebiasaan tidak nyaman untuk muncul saat Anda tidak mengharapkannya. Demikian juga, banyak orang mengaktifkannya ketika jari mereka secara tidak sengaja menyentuh tombol Beranda di ponsel cerdas dan tablet mereka.

Jika Anda tidak ingin melihat atau mendengar Asisten Google muncul saat Anda mengetuk tombol Beranda, Android memungkinkan Anda untuk menonaktifkan fitur ini. Ini adalah opsi yang baik bagi mereka yang ingin menyingkirkan Asisten tetapi enggan untuk mematikannya sepenuhnya. Berikut cara melakukannya:
Luncurkan aplikasi Pengaturan dari layar Utama perangkat Android Anda. Arahkan ke bagian Aplikasi pada menu. Pada beberapa model, mungkin bernama Apps. Selanjutnya, buka bagian Default apps/Applications. Selanjutnya, buka Assistance & voice input. Ketuk pada tab Assist app. Perangkat Android Anda kemudian akan menampilkan daftar aplikasi bantuan yang tersedia. Paling umum, ini akan menampilkan Google dan None sebagai opsi. Anda harus mengetuk None.
As dengan setiap metode lain dalam artikel ini, Anda dapat kembali ke pengaturan awal dengan mengikuti langkah yang sama. Dalam kasus khusus ini, alih-alih tidak ada, Anda harus memilih Google sebagai aplikasi asisten.

Uninstall Google Updates

Asisten Google telah ada selama beberapa waktu – sejak Mei 2016, tepatnya. Versi Google app sebelumnya tidak memilikinya. Oleh karena itu, Anda juga dapat membebaskan ponsel atau tablet dari asisten yang mengganggu dengan mencopot pemasangan pembaruan aplikasi Google dan mengembalikannya ke pengaturan pabriknya.

Anda harus ingat bahwa ini adalah tindakan paling ekstrem yang dapat Anda ambil dalam situasi ini. Perlu juga disebutkan bahwa layanan dan fitur Google lainnya mungkin juga terpengaruh. Anda mungkin mengalami perubahan dalam perilaku mereka dan beberapa di antaranya (jika itu adalah penambahan terbaru) mungkin hilang bersama dengan Asisten Google.

Jika Anda benar-benar yakin bahwa Anda tidak ingin Asisten di mana pun di ponsel Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini . Metode ini berfungsi untuk ponsel dan tablet.
Sekali lagi, luncurkan aplikasi Pengaturan dari layar Beranda perangkat Anda.Selanjutnya, buka Aplikasi atau Aplikasi.Ketuk pada Manajer aplikasi. Atau, jika tidak ada opsi seperti itu, Anda harus mengetuk Aplikasi. Ponsel atau tablet Anda kemudian akan menampilkan daftar semua aplikasi yang terpasang di perangkat. Sekarang, temukan Google dan ketuk di atasnya. Saat halaman info aplikasi Google terbuka , Anda harus mengetuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar. Kemudian, ketuk opsi Copot pemasangan pembaruan. Google kemudian akan memberi tahu Anda bahwa Anda akan mengganti aplikasi dengan versi pabrik dan semua data akan dihapus, ketuk OK untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
Asisten Google akan dihapus dari ponsel atau tablet Anda dan tidak akan mengganggu Anda lagi. Namun, saat Anda memperbarui Google app atau perangkat Anda melakukannya secara otomatis, Asisten akan muncul kembali.

Chromebook dan Pixelbook

Jika Asisten Google membuat Anda bermasalah di Chromebook atau Pixelbook yang menjalankan Chrome OS, berikut cara mengatasinya:
Click di bagian Waktu pada bilah status.Buka Setelan.Buka bagian Penelusuran dan Asisten.Pilih Google Assistant.Buka Perangkat.Pilih Chromebook atau Pixelbook Anda dari daftar.Ketuk sakelar penggeser Akses dengan Voice Match untuk membungkam Asisten Google .
Android TV

Jika Anda memiliki TV Sony yang menjalankan OS Android, Anda dapat menonaktifkan Asisten Google dalam hitungan detik. Begini caranya:
Tekan tombol Asisten Google di remote dan tahan.Sekarang, masuk ke menu Pengaturan.Matikan Asisten Google.
Jika Anda melakukan ini, Anda tidak akan dapat mengontrol TV dengan suara Anda lagi .

Selamat tinggal Google!

Jika Anda tidak memerlukan Asisten Google, ini adalah opsi yang baik untuk membungkamnya. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perangkat Android atau Chrome OS tanpa gangguan.

Apakah menurut Anda Asisten Google berguna atau tidak? Apakah Anda akan menyimpannya atau menonaktifkannya? Bagikan pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: