Cara Menonaktifkan Bixby di Perangkat Samsung

Virtual assistant telah menjadi sangat umum, dengan sebagian besar produsen smartphone menyediakan beberapa versi dari helper ini. Untuk pengguna Samsung, jawaban untuk Alexa Amazon atau Siri Apple datang dalam bentuk Bixby. Sebagai produsen smartphone terbesar di dunia, hanya masalah waktu sebelum Samsung memperkenalkan asisten suara mereka sendiri.

Seperti asisten smartphone lainnya, Bixby dapat digunakan untuk banyak layanan. Itu termasuk melakukan panggilan telepon, menyetel timer, menanyakan cuaca, dan banyak lagi.

Namun, pengguna mungkin tidak selalu ingin mengaktifkan Bixby. Artikel ini akan membawa Anda pada panduan langkah demi langkah tentang cara menonaktifkan Bixby di Samsung Anda dengan sukses.

Cara Menonaktifkan Tombol Bixby

Samsung memberi penggunanya tombol khusus yang dapat memanggil Bixby kapan saja. Tombol Bixby ada di tombol samping di bawah fungsi volume. Ini juga digunakan sebagai tombol sumber daya utama.

Fitur ini dapat dengan cepat menjadi menjengkelkan bagi sebagian orang karena Bixby sering dapat dipanggil secara tidak sengaja jika tombol ditekan. Selain itu, pengguna mungkin ingin menggunakan tombol samping hanya untuk menghidupkan dan mematikan daya. Untungnya, menonaktifkan fitur ini adalah proses yang relatif mudah yang hanya memerlukan beberapa langkah:
Tahan tombol samping. Ketika opsi untuk “Pengaturan Tombol Samping” muncul, ketuk. Di bawah tulisan, “Tekan dan Tahan,” pilih ” Matikan Menu.” Untuk menonaktifkan Bixby, pastikan sakelar di sebelah “Buka Bixby” dimatikan.
Cara Menonaktifkan Bixby Voice

Jika Anda sering menemukan Bixby berbicara kepada Anda dari dalam tas, mungkin sudah saatnya untuk menonaktifkan fitur tersebut sama sekali . Melakukannya hanya membutuhkan beberapa langkah.
Tekan dan tahan tombol Bixby yang terletak di samping ponsel Anda. Saat menu Bixby muncul, ketuk “Pengaturan Tombol Samping”. Di sebelahnya tertulis “Bixby Voice Switch”, ubah toggle agar dimatikan.
Cara Menonaktifkan Bixby di S21

Seperti yang terlihat dengan versi lain dari smartphone Samsung Galaxy, Bixby diakses di S21 dengan menekan tombol Bixby/daya yang terletak di bawah tombol volume di samping. Berikut cara menonaktifkan Bixby di S21.
Dari halaman “Beranda”, geser ke bawah untuk mengakses menu notifikasi. Ketuk ikon “Daya” di kanan atas layar. Pilih “Pengaturan Tombol Samping”. “Tekan dan Tahan,” Anda akan melihat dua opsi: “Bangun Bixby” dan “Menu Matikan”. Pilih “Menu Matikan” untuk menonaktifkan Bixby.
Cara Menonaktifkan Bixby di S20

Jika Anda menggunakan Samsung Galaxy S20 , Anda akan menemukan tombol Bixby yang terletak di bawah fungsi volume. Tombol ini juga digunakan untuk mematikan dan menghidupkan. Bixby biasanya diakses dengan menekan fungsi ini. Namun, fitur ini dapat disesuaikan di pengaturan Bixby.
Tahan tombol samping yang terkait dengan Bixby hingga halaman beranda Bixby muncul. Pilih “Pengaturan Tombol Samping.” Di bawah “Tekan dan Tahan,” aktifkan sakelar untuk “Menu Matikan .”Nonaktifkan Bixby secara keseluruhan dengan memastikan bahwa sakelar dimatikan di sebelah tulisan, “Buka Bixby.”
Cara Menonaktifkan Bixby di S10?

Karena pembaruan perangkat lunak, mereka yang menggunakan smartphone Samsung Galaxy lama seperti S10 akan menemukannya mereka tidak dapat lagi menonaktifkan kunci Bixby. Namun, dimungkinkan untuk mengubah pengaturan Anda agar lebih sulit untuk memicu Bixby secara tidak sengaja. Untuk melakukan ini, Anda harus mendapatkan akses ke pengaturan tertentu yang terkait dengan Bixby.
Tekan dan tahan tombol samping Bixby untuk mengakses halaman beranda Bixby. Pilih tiga titik yang muncul di layar Anda. Selanjutnya, Anda perlu untuk menekan “Pengaturan.” Gulir sampai Anda melihat “Bixby Key” di layar Anda. Sekarang Anda akan disajikan dengan daftar opsi. Pilih “Tekan Dua Kali untuk Membuka Bixby.” Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, Anda dapat mengakses Bixby hanya dengan mengetuk dua kali tombol Bixby.
Cara Menonaktifkan Bixby di S51?

Seperti kebanyakan ponsel cerdas Samsung Galaxy terbaru, pengaturan pada S51 dapat diubah untuk menonaktifkan Bixby sepenuhnya. Ini bisa sangat berguna jika Anda sering mengaktifkan fitur tanpa sengaja.

Memperbarui pengaturan pada ponsel cerdas S51 Anda relatif mudah:
Di sisi ponsel Anda, tekan dan tahan tombol samping Bixby untuk mengakses halaman beranda Bixby. Ketuk tiga titik vertikal yang muncul, lalu pilih “Pengaturan.” Gulir ke bawah dan pilih “Bixby Key.” Dari daftar opsi yang muncul, ketuk “Double Press to Open Bixby.” Setelah ini selesai, Anda sekarang hanya akan dapat mengakses Bixby dengan mengetuk dua kali tombol Bixby, sehingga kecil kemungkinannya untuk mengakses secara tidak sengaja.
Cara Menonaktifkan Bixby di S8

Saat menggunakan versi Samsung Galaxy yang lebih lama, pengguna tidak lagi dapat menonaktifkan Bixby sama sekali. Sebagai gantinya, mereka dapat mengubah pengaturannya agar lebih sulit diakses dengan menerapkan fitur ketuk dua kali.
Tahan tombol samping yang terletak di bawah fungsi volume untuk mengakses halaman beranda Bixby. Tekan tiga titik vertikal yang akan muncul di layar Anda .Pilih “Pengaturan.” Dari opsi yang tersedia, pilih “Bixby Key.” Selanjutnya, Anda perlu mengetuk “Tekan Dua Kali untuk Membuka Bixby.” Sekarang Anda hanya akan memiliki akses penuh ke Bixby dengan mengetuk dua kali tombol Bixby alih-alih satu ketukan.
Tanya Jawab Umum Tambahan
Apakah Mungkin Membatasi Bixby Daripada Menonaktifkan Sepenuhnya?

Meskipun Bixby dapat dinonaktifkan sepenuhnya, mungkin lebih mudah untuk menetapkan izin fungsi untuk mengakses aplikasi tertentu saja sehingga Anda dapat memanfaatkan fitur yang ditawarkan .

 Berikut caranya:

1. Buka halaman beranda Bixby dengan menahan tombol samping (atau ketuk dua kali jika Anda telah mengubah fitur tersebut).

2. Ketuk tiga titik vertikal di sisi kanan layar.

3. Tekan “Pengaturan,” lalu pilih “Bixby Key.”

4. Pilih opsi “Tekan Sekali” dari fungsi yang tersedia dengan mengetuk tombol toggle.

5. Pilih “Buka Aplikasi” untuk memilih satu aplikasi dari daftar aplikasi yang diinstal di ponsel Anda. Anda juga dapat mengetuk “Jalankan Perintah Cepat” untuk menjalankan perintah Bixby cepat saat ditekan.
Apa Itu Bixby Vision?

Bixby Vision adalah layanan yang ditemukan pada model Samsung Galaxy yang lebih baru dan dapat diakses melalui aplikasi Kamera. Fitur ini memungkinkan pengguna menerjemahkan teks pada gambar, memberikan informasi gambar tambahan, dan membantu Anda menemukan gambar serupa. Untuk mengakses fitur ini:

1. Buka aplikasi Kamera.

2. Ketuk “Lainnya.”

3. Pilih “Bixby Vision” untuk mengaktifkan.

Bye-Bye-Bye Bixby

A asisten virtual dapat membantu dalam banyak situasi, seperti memutar musik di dalam mobil tanpa perlu menyentuh ponsel secara fisik. Namun, fitur tersebut mungkin tidak disukai semua orang dalam hal penggunaan sehari-hari.

Mungkin Anda tidak sengaja mengaktifkan Bixby dan menganggap fitur tersebut mengganggu. Atau mungkin Anda lebih suka melakukan sesuatu di ponsel cerdas Anda secara manual. Apa pun alasan Anda, mengetahui cara menonaktifkan fitur Bixby sangat berguna.

Apakah Anda menggunakan Bixby? Apa yang membuat Anda ingin menonaktifkan fitur ini? Beri tahu kami pendapat Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: