Cara Menonaktifkan Kecerahan Otomatis di iPhone

Pernahkah Anda memperhatikan saat melihat iPhone di dalam ruangan, layar secara otomatis menjadi cerah jika Anda melangkah keluar?

Apple memperkenalkan fitur baru dengan iOS 11 yang disebut “Kecerahan Otomatis”. Sebuah sensor yang ditempatkan di dekat lubang suara mendeteksi perubahan dalam pencahayaan sekitar dan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar iPhone Anda untuk mengatasi perubahan ini.

Auto-Brightness juga membantu menghemat masa pakai baterai ponsel Anda dengan menurunkan kecerahan dalam pengaturan peredup yang mengurangi konsumsi daya .

Sayangnya, meskipun pengaturan ini dapat membantu, pengaturan ini tidak selalu diperlukan. Dalam panduan ini, kami menunjukkan cara menonaktifkan fitur Kecerahan Otomatis pada iPhone Anda. pengguna menikmati fitur ini, terutama saat redup saat Anda menonton video di ponsel atau bermain game di dalam ruangan.

Apple telah merilis beberapa model iPhone dan beberapa variasi dalam cara mengaktifkan dan menonaktifkan pengaturan. Lihat di bawah untuk melihat cara menonaktifkan Kecerahan Otomatis di iPhone 10, iPhone 11, dan iPhone 12 yang menjalankan perangkat lunak iOS 14.

iPhone 10

Catatan: Perlu diingat bahwa iPhone 10 juga dikenal sebagai iPhone X.
Buka kunci iPhone Anda .Pada layar “Beranda”, cari ikon “Pengaturan” Anda – Apple biasanya menggambarkan ini dengan ikon yang menyerupai roda gigi abu-abu atau roda gigi. Ketuk ikon “Pengaturan”. Setelah menu terbuka, gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Aksesibilitas” ” dan klik. Selanjutnya, gulir melalui menu “Aksesibilitas” hingga Anda menemukan “Ukuran Tampilan & Teks.” Ketuk opsi ini. Dari menu yang terbuka, cari opsi Kecerahan Otomatis. Anda akan melihat sakelar di sebelah judul ini. Geser sakelar ke kiri untuk menonaktifkan Kecerahan Otomatis. Jika sakelar berubah menjadi abu-abu, Anda akan tahu bahwa pengaturannya dinonaktifkan. Jika sakelar berwarna hijau, fitur tersebut diaktifkan. Keluar dari menu dan kembali ke layar “Beranda” Anda.
iPhone 11
Buka dan buka kunci iPhone Anda menggunakan ID atau kode sandi Anda. Temukan ikon “Pengaturan” (digambarkan oleh ikon roda gigi perak ) dan ketuk di atasnya. Dari menu “Pengaturan”, pilih “Aksesibilitas.” Selanjutnya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Ukuran Tampilan & Teks.” Ketuk opsi ini. Arahkan ke bawah menu sampai Anda menemukan sakelar “Kecerahan Otomatis”. Ketika fitur ini diaktifkan, itu akan ditampilkan sebagai hijau. Untuk menonaktifkan “Kecerahan Otomatis”, geser sakelar ke kiri. Ini kemudian akan berubah menjadi abu-abu, menandakan Anda telah mematikan pengaturan. Arahkan kembali ke layar “Beranda” Anda.
iPhone 12
Pastikan iPhone Anda tidak terkunci dan arahkan ke layar “Beranda” Anda. Temukan ikon “Pengaturan”. Roda gigi abu-abu atau roda gigi adalah simbol yang digunakan Apple untuk menggambarkan fitur ini. Ketuk “Pengaturan” dan navigasikan menu hingga Anda menemukan opsi “Aksesibilitas”, dan ketuk di atasnya. Di menu yang terbuka, gulir ke bawah hingga Anda menemukan ” Tampilan & Ukuran Teks.” Pilih opsi ini. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Kecerahan Otomatis.” Toggle hijau menunjukkan bahwa fitur tersebut diaktifkan. Untuk menonaktifkan pengaturan ini, geser sakelar ke kiri. Ini akan berubah menjadi abu-abu. Arahkan kembali ke layar “Beranda” Anda.
Setelah Anda menonaktifkan fitur ini, iPhone Anda akan tetap pada kecerahan yang telah Anda atur. Jika Anda ingin mengaktifkan kembali pengaturan Kecerahan Otomatis di iPhone Anda, navigasikan melalui langkah-langkah ini dan geser sakelar ke kanan.

Nonaktifkan Kecerahan Otomatis iPhone 6, 7, dan 8

Jika Anda memiliki iPhone 6, kemungkinan Anda menjalankan iOS 12. Saat Apple merilis iOS 13, mereka mem-boot iPhone 6 dan iPhone 5s dari daftar ponsel yang kompatibel dengan perangkat lunak baru ini.

Namun, jika Anda memiliki iPhone 6s, iPhone 7, dan iPhone 8, semuanya kompatibel dengan iOS terbaru 14 perangkat lunak. Sistem operasi yang berbeda ini berarti bahwa cara Anda menonaktifkan Kecerahan Otomatis akan sedikit berbeda. Mari kita lihat:

iPhone 6 Dengan iOS 12
Arahkan ke layar “Beranda” di iPhone Anda 6. Temukan ikon “Pengaturan” (digambarkan dengan roda gigi abu-abu atau ikon roda gigi) dan ketuk di atasnya. Di menu “Pengaturan”, temukan “Umum” dan pilih. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Aksesibilitas” dan ketuk. Selanjutnya, pilih opsi “Akomodasi Tampilan”. Gulir menu ini hingga Anda menemukan “Kecerahan Otomatis.” Di sebelah opsi ini, Anda akan menemukan sakelar yang ketika diaktifkan berwarna hijau. Untuk menonaktifkan fitur ini, geser sakelar ke kiri. Kemudian akan berubah menjadi abu-abu. Sekarang Anda dapat kembali ke layar “Beranda” Anda.
iPhone 7 dan 8 Dengan iOS 14
Buka dan buka kunci iPhone Anda. Pada layar “Beranda”, navigasikan ke ikon “Pengaturan”, yang digambarkan sebagai gambar roda gigi. Ketuk ikon ini. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Aksesibilitas” dan pilih opsi ini. Temukan “Ukuran Tampilan & Teks” dan ketuk di atasnya. Selanjutnya, gulir hingga Anda menemukan “Kecerahan Otomatis.” Jika diaktifkan, sakelar akan berwarna hijau. Untuk menonaktifkan ‘Kecerahan Otomatis’, geser sakelar ke kiri dan itu akan berubah menjadi abu-abu. Arahkan kembali ke layar “Beranda” Anda.
Matikan Kecerahan Otomatis pada Kamera iPhone

Jika Anda menemukan bahwa kamera iPhone Anda secara otomatis menyesuaikan kecerahan atau keremangan foto Anda, ada kemungkinan Anda memiliki fitur di iPhone Anda yang disebut “Auto-exposure.” Pengaturan ini akan mengubah eksposur atau kecerahan foto Anda tergantung pada pencahayaan sekitar di sekitar gambar atau orang yang ingin Anda ambil.

Meskipun berguna dalam beberapa kasus, fitur ini dapat membuat subjek Anda terlihat over-exposed. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menonaktifkan “Paparan Otomatis”:
Buka kunci iPhone Anda. Arahkan ke “Pengaturan.” Di bawah “Pengaturan,” pilih “Kamera.” Di menu ini, nonaktifkan tiga pengaturan berikut dengan menggeser sakelar ke kiri : “Deteksi Pemandangan”, “Koreksi Lensa”, dan “HDR Cerdas”. Arahkan kembali ke layar “Beranda”. Luncurkan aplikasi “Kamera” Anda. Arahkan kamera ke subjek yang ingin Anda potret. Tekan perlahan atau sentuh dan tahan layar. Ini akan mengaktifkan “AE/AF Lock,” yang mengunci “Auto Exposure” dan “Auto Focus.” Sebuah bar kuning kecil dengan “AE/AF Lock” akan muncul di bagian atas layar, menandakan fitur ini diaktifkan. Ketuk panah menghadap ke bawah di tengah atas layar untuk memanggil pengaturan kamera manual, yang akan ditampilkan sebagai ikon di bagian bawah layar Anda. Dari sini, Anda dapat menyesuaikan kecerahan ke tingkat yang Anda suka.
Sekarang Anda dapat mengambil foto Anda.

Tanya Jawab Tambahan
Mengapa Kecerahan iPhone Saya Terus Berubah Dengan Kecerahan Otomatis Mati?

Jika Anda melihat bahwa kecerahan iPhone Anda berubah meskipun Anda memiliki Auto- Kecerahan dinonaktifkan, ini bisa berarti perangkat Anda terlalu panas. Ponsel secara otomatis meredupkan layar untuk mengatur suhu internal, menyebabkan penyesuaian kecerahan layar.

iPhone Anda mungkin juga memiliki fitur yang disebut “Pergeseran Malam” yang diaktifkan, yang dapat memengaruhi kecerahan layar Anda. Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan kehangatan warna layar Anda tergantung pada waktu hari. Sekali lagi, ini dirancang untuk membuat layar Anda dapat dibaca dalam berbagai kondisi pencahayaan. Anda dapat menonaktifkan Night Shift dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Navigasikan ke ikon “Pengaturan” Anda dan ketuk.

2. Gulir ke bawah hingga Anda mencapai “Tampilan & Kecerahan” dan pilih opsi ini.

3. Temukan “Pergeseran Malam” dan geser sakelar ke kiri untuk menonaktifkannya.

4. Navigasi kembali ke layar “Beranda” Anda.

Kecerahan Otomatis Dinonaktifkan

Menonaktifkan Kecerahan Otomatis di iPhone relatif mudah setelah Anda mengetahui caranya. Menavigasi langkah-langkah ini beberapa kali akan membuat Anda mengontrol kecerahan ponsel seperti pro.

Sekarang Anda dapat duduk dan menikmati fitur dan pengaturan ponsel sesuai keinginan Anda.

Sudahkah Anda menonaktifkan Kecerahan Otomatis di iPhone sebelumnya? Apakah Anda menggunakan metode yang serupa dengan yang diuraikan dalam panduan ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: