Cara Menonaktifkan Kecerahan Otomatis di

Tautan PerangkatWindows 10Windows 8Windows 7Perangkat Hilang?
Laptop dan tablet Windows sering kali dilengkapi dengan fitur kecerahan otomatis yang menyebabkan layar redup atau cerah, tergantung pada kondisi pencahayaan di sekitar Anda. Meskipun fungsi ini bermanfaat, fungsi ini juga dapat menimbulkan masalah, membuat Anda memiliki layar yang terlalu gelap dan sulit untuk dilihat.

Jika Anda merasa fitur ini membuat frustrasi dan ingin menonaktifkannya, artikel ini cocok untuk Anda. Dalam panduan ini, kami membahas cara mematikan kecerahan adaptif di Windows 7, 8, dan 10 dalam beberapa langkah sederhana.

Cara Menonaktifkan Kecerahan Otomatis di Windows 10

A Laptop atau tablet Windows menggunakan sensor untuk mendeteksi tingkat pencahayaan sekitar. Fitur kecerahan otomatis bekerja bersama dengan sensor ini untuk memantau perubahan pencahayaan di sekitarnya dan menyesuaikan kecerahan layar Anda.

Cara termudah untuk menonaktifkan fungsi ini di komputer Windows 10 adalah melalui pengaturan komputer. Beginilah cara Anda melakukannya:
Arahkan ke tombol “Start” dan klik. Ketik “Control Panel,” dan ketika opsi ini muncul, klik. Temukan opsi “Hardware and Sound” dan pilih. Dari menu yang terbuka, klik “Opsi Daya.” Di jendela “Opsi Daya”, temukan “Ubah Pengaturan Paket” di sebelah kanan layar. Klik di atasnya. Dari menu yang terbuka, pilih “Ubah Pengaturan Daya Lanjutan.” Gulir ke bagian bawah jendela yang terbuka sampai Anda melihat “Tampilan.” Klik ikon “Plus” di sebelah kiri untuk membuka menu tarik-turun. Di bawah “Aktifkan Kecerahan Adaptif” klik “Pengaturan” dan atur ke “Nonaktif.”
Fitur kecerahan otomatis sekarang dinonaktifkan, dan Anda dapat menavigasi kembali ke layar beranda Anda.

Tidak semua laptop Windows 10 memberikan opsi untuk menonaktifkan kecerahan otomatis. Dalam hal ini, Anda dapat membuat Rencana Daya baru untuk menjaga kecerahan layar Anda tetap konsisten. Berikut adalah cara melakukannya:
Klik tombol “Start” dan arahkan ke “Control Panel.” Arahkan ke “Hardware and Sound” dan klik di atasnya. Pilih “Power Options.” Di jendela yang terbuka, pilih “Buat a Power Plan” dari panel kiri. Pilih dari tiga opsi yang tersedia: “Balanced (recommended),” “Power Saver,” dan High Performance.” Beri nama paket baru Anda dan klik “Next.” Konfigurasikan paket ini agar sesuai dengan Anda kebutuhan, dan ketika Anda selesai, klik “Buat” dan tutup jendela.
Cara Menonaktifkan Kecerahan Otomatis di Windows 10 Registry

Jika Anda menemukan bahwa menonaktifkan kecerahan otomatis melalui “Pengaturan” tidak berfungsi, Anda selalu dapat mencoba menonaktifkan secara manual melalui Registry Editor. Bekerja dengan Registry bisa jadi rumit, dan memodifikasinya secara tidak benar dapat menyebabkan masalah serius. Kami menyarankan Anda mencadangkan Registry terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Metode ini akan menonaktifkan fitur kecerahan otomatis secara permanen pada perangkat Windows 10 Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Cari tombol “Windows” pada keyboard Anda dan tekan bersama-sama dengan tombol “R”. Melakukan ini membuka baris “Jalankan Perintah”. Ketik “Regedit” dan tekan “Enter.” Arahkan ke “HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareIntelDisplayigfxcuiprofilesmediaBrighten Movie”. Di panel sebelah kanan, cari “ProcAmpBrightness” dan klik kanan padanya. Dari menu pop-up, pilih “Ubah.” Kotak “Edit String” akan terbuka. Di bawah “Nilai Data,” ketik “0” dan kemudian klik “Ok.” Selanjutnya, cari “HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareIntelDisplayigfxcuiprofilesmediaDarken Movie” dan cari “ProcAmpBrightness.” Klik kanan, dan pilih “Ubah.” Di kotak yang terbuka, masukkan “0” di bawah “Nilai Data” dan kemudian tekan “Ok.” Keluar dari Registry dan kemudian restart komputer Windows Anda.
Cara Menonaktifkan Kecerahan Otomatis di Windows 7

Hanya Windows 7 Professional, Ultimate, dan Enterprise yang mendukung Adaptive Brightness. Jika Anda memiliki perangkat dengan salah satu edisi Windows ini dan Anda ingin menonaktifkan kecerahan otomatis, ini adalah metode yang harus diikuti:
Klik tombol “Start” dan arahkan ke “Control Panel.” Di “Control Panel, ” cari “Hardware and Sound” dan pilih. Dari jendela, pilih “Power Options.” Di sebelah paket komputer Anda yang sedang aktif, di sisi kanan, temukan “Change Plan Settings” dan pilih. Pilih “Advanced Power Pengaturan.” Dari daftar yang muncul, temukan “Tampilan” dan perluas opsi ini. Gulir untuk menemukan opsi “Aktifkan Kecerahan Adaptif” dan perluas ini juga. Di samping “Pada Baterai” dan “Dicolokkan”, pastikan pengaturan dialihkan ke “Mati”. Tutup windows.
Cara Menonaktifkan Kecerahan Otomatis di Windows 8

Mematikan kecerahan otomatis pada perangkat Windows 8 relatif mudah. Beginilah cara Anda melakukannya:
Tekan “Start” dan cari “Control Panel,” lalu klik untuk membuka jendela. Setelah di “Control Panel,” pilih “Hardware and Sound.” Dari menu yang terbuka, pilih “Opsi Daya.” Di bawah paket daya yang saat ini aktif, di sebelah kanan layar, Anda akan melihat opsi untuk “Ubah Pengaturan Paket.” Klik di atasnya. Di jendela “Edit Pengaturan Paket” yang terbuka, pilih “Ubah Pengaturan Paket Lanjutan.” Gulir ke bawah untuk menemukan “Tampilan” dan perluas. Luaskan “Aktifkan Kecerahan Adaptif.” Dua opsi akan muncul, “Dicolokkan” dan “Dengan Baterai”. Pastikan pengaturan untuk keduanya dialihkan ke “Off”. Kecerahan otomatis sekarang dinonaktifkan.
Bisakah Anda Menyesuaikan Kecerahan Otomatis dengan Kamera Windows 10?

Meskipun sedang dalam proses, Windows 10 belum merilis fungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Kecerahan Adaptif pada webcam atau kamera. Namun, Anda memiliki opsi untuk menyesuaikan kecerahan dan kontras webcam Anda. Inilah cara Anda menyesuaikan pengaturan ini:
Pada keyboard Anda, cari tombol “Windows” dan tombol “I”. Tekan ini bersama-sama. Jendela “Pengaturan” kemudian akan terbuka. Dari jendela ini, arahkan ke “Perangkat” dan klik di atasnya. Di panel kiri, cari opsi “Kamera” dan klik di atasnya. Di jendela “Pengaturan Kamera”, Anda akan melihat daftar semua kamera yang terpasang. Pilih kamera yang ingin Anda sesuaikan. Pada layar berikutnya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan bilah geser yang memungkinkan Anda menyesuaikan “Kecerahan” dan “Kontras”. Pindahkan penggeser pada kedua opsi hingga Anda puas dengan kecerahan dan kontras yang dipilih, dan tutup jendela.
Kecerahan Otomatis Dinonaktifkan

Menonaktifkan kecerahan otomatis pada perangkat Windows Anda relatif mudah setelah Anda mengetahui langkah-langkah yang harus diikuti. Tetap berpegang pada metode dalam panduan ini, dan Anda akan segera mematikan fitur ini dengan mudah.

Apakah Anda pernah menonaktifkan kecerahan otomatis pada perangkat Windows Anda sebelumnya? Apakah Anda menggunakan metode yang serupa dengan yang ditunjukkan dalam panduan ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: