Cara Menonaktifkan Keyboard di Chromebook

Chromebook bukan laptop biasa Anda. Gagasan utama di balik fitur dan desain Chromebook adalah bahwa akses ke Internet lebih penting daripada komputer itu sendiri.

Dengan mengingat hal itu, masuk akal bahwa Chromebook tidak sekuat desktop atau laptop tradisional. Namun, mereka memiliki beberapa fitur yang memungkinkan Anda untuk mencapai hal-hal menarik. Anda dapat menyiapkan perangkat lunak yang akan membuat konfigurasi Chromebook Anda menyerupai laptop.

Secara umum, Chromebook dirancang agar sangat ramah pengguna. Semua orang dapat mengetahui cara kerjanya hanya dalam beberapa menit. Namun, ada beberapa fitur yang sulit untuk diatasi oleh banyak pengguna.

Misalnya, Anda mungkin kesulitan menemukan cara menonaktifkan fitur keyboard di layar. Inilah tepatnya yang akan dibahas dalam artikel ini.

Menonaktifkan Keyboard di Layar

Tidak mengherankan jika Chromebook hadir dengan layar sentuh. Keyboard di layar mungkin menghalangi beberapa fungsi, jadi inilah yang perlu Anda lakukan untuk menonaktifkannya.
Masuk, lalu buka menu Chromebook Anda. Klik pada area status, yang terletak di sisi kanan bawah layar Anda, atau tekan Alt + Shift + S. Periksa apakah Anda memiliki fitur Aksesibilitas di menu Chromebook Anda. Jika Anda tidak menampilkan fitur Aksesibilitas di menu Anda, ikuti langkah-langkah di bawah untuk mengaktifkannya sebelum melanjutkan:
Klik opsi Setelan di sudut kiri bawah menu Chromebook Anda. Sekarang, di Setelan untuk akun Chromebook Anda, klik tiga garis horizontal yang terletak di atas sudut kiri layar Anda. Temukan dan pilih opsi Lanjutan dari menu tarik-turun yang ditampilkan. Dalam menu tarik-turun, pilih Aksesibilitas. Alihkan opsi Selalu tampilkan aksesibilitas di menu sistem ke Aktif. Opsi Aksesibilitas sekarang akan ditampilkan di menu sistem Chromebook Anda.
 

Sekarang, mari lanjutkan dengan menonaktifkan keyboard di layar.
Klik Aksesibilitas dan pilih opsi Kelola Fitur Aksesibilitas.Gulir ke bawah dan cari bagian Keyboard.Aktifkan Aktifkan opsi keyboard layar ke Mati.

Setelah Anda melakukan langkah terakhir, keyboard Anda tidak akan muncul lagi di layar saat Anda mengetik.

Pertanyaan Umum
Bisakah Anda menggunakan aplikasi Windows di Chromebook?

Jawaban singkatnya adalah “ya”, tetapi semuanya tidak sepenuhnya mudah.

Anda cukup mengunduh dan menginstal aplikasi Android bernama CrossOver. Aplikasi CrossOver berfungsi sebagai emulator Windows, memungkinkan Anda untuk menggunakan dan mengunduh aplikasi Windows darinya.

Namun, karena Chromebook tidak dirancang untuk ini, beberapa aplikasi kemungkinan akan mogok atau tidak berjalan sama sekali. Jika Anda membutuhkan aplikasi Windows untuk pekerjaan Anda atau untuk hiburan, Anda mungkin akan terganggu. Teknologi ini mungkin akan meningkat di rilis mendatang.
Aplikasi apa yang didukung Chromebook?

Chromebook memungkinkan penggunanya memasang berbagai aplikasi berbeda yang akan membuat pengalaman pengguna mereka lebih mudah. Tujuannya agar mirip dengan pengalaman menggunakan komputer atau laptop biasa.

Awalnya, Chromebook dirancang dan dioptimalkan hanya untuk aplikasi yang dikembangkan oleh Google, seperti Gmail, Google Kalender, Google Drive, dll. Namun, ini membatasi pengguna dalam hal kreativitas dan pekerjaan yang dapat mereka lakukan di perangkat, jadi Google perlu bekerja di sistem Chromebook mereka.

Mereka harus mengizinkan aplikasi dari platform yang berbeda untuk dipasang di perangkat ini. Saat ini, pengguna Chromebook tidak hanya dapat menginstal dan menggunakan program Google, tetapi mereka juga dapat menggunakan aplikasi Android.

Dengan mengingat hal itu, Anda harus melalui Google Play Store untuk mendapatkan aplikasi yang Anda butuhkan. Terkadang, ini menghadirkan serangkaian tantangan yang unik. Misalnya, sistem operasi Chromebook tidak mendukung suite Microsoft Office, sehingga Anda tidak akan dapat menggunakan beberapa program yang biasa Anda gunakan, seperti Microsoft Word, Adobe Photoshop, dll. Tetapi Anda dapat menemukan Android yang bagus aplikasi yang dapat berfungsi sebagai pengganti.

Sayangnya, tidak semua laptop Chromebook mendukung aplikasi Android. Ingatlah hal ini saat Anda berbelanja, terutama jika Anda berpikir untuk membeli Chromebook bekas.
Dapatkah Anda menonaktifkan sementara keyboard fisik di Chromebook?

Berdasarkan penelitian, hal ini tampaknya tidak mungkin dilakukan tanpa mencabut kabel yang sebenarnya untuk keyboardnya. Kecuali jika Anda ingin membatalkan garansi dan harus membongkar Chromebook setiap saat, itu tidak sepadan.

Sesuaikan Perangkat Lunak Chromebook Anda

Meskipun Chromebook tidak sekuat laptop biasa, itu memungkinkan Anda untuk bereksperimen. Dengan sedikit riset dan kesabaran, Anda dapat menginstal aplikasi yang memungkinkan Anda menggunakannya untuk hampir semua hal. Jika perlu, mudah untuk menyingkirkan keyboard di layar.

Tetapi intinya adalah ini. Jika Anda membutuhkan laptop untuk pekerjaan serius, Chromebook tidak boleh menjadi pilihan pertama Anda – setidaknya, Chromebook belum tersedia.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: