Cara Menonaktifkan Obrolan di Minecraft [Semua Versi]

Minecraft sering dimainkan dalam pengaturan multipemain di server, yang memungkinkan Anda bertemu orang baru. Tidak seperti game lain, Anda tidak dapat berkomunikasi menggunakan obrolan suara tanpa mod. Oleh karena itu, taruhan terbaik Anda adalah menggunakan obrolan teks untuk berkomunikasi dengan pemain lain. Namun, beberapa pemain lebih suka tidak mengaktifkan fitur obrolan sama sekali.

Jika Anda tidak tertarik melihat pesan pemain lain, Anda dapat menonaktifkannya di dalam game. Ini bukan penonaktifan yang sebenarnya karena Anda hanya menyembunyikannya. Namun, ini berfungsi sangat baik jika Anda ingin menjelajah dengan tenang.

Cara Menonaktifkan Obrolan di Minecraft

Umumnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menemukan opsi untuk menyembunyikan obrolan di menu Opsi di semua platform. Karena setiap platform memiliki kontrol yang berbeda, kami akan membahas cara menonaktifkan opsi obrolan untuk semua versi.

Untuk Edisi Java, inilah yang harus Anda lakukan:
Luncurkan Minecraft.Masukkan server Anda.Tekan tombol Esc pada keyboard Anda.Pilih “Pengaturan Obrolan.” Di sudut kiri atas, klik “Obrolan: Ditampilkan” sekali. Melakukan ini akan mengubahnya menjadi “Obrolan: Tersembunyi.”
Sejak saat itu, Anda tidak akan melihat pesan obrolan baru muncul di layar Anda . Anda juga tidak dapat mengobrol sama sekali, dan itu termasuk perintah mengetik. Jika Anda hanya ingin melihat perintah, Anda dapat mengklik tombol tersebut hingga muncul tulisan “Commands Only.”

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali obrolan, Anda dapat mengulangi langkah yang sama seperti di atas untuk menampilkan jendela obrolan sekali lagi.

Cara Menonaktifkan Obrolan di Minecraft Bedrock

Minecraft: Bedrock Edition adalah apa yang dimainkan pemain di platform ini:
Xbox OneiOSAndroidNintendo SwitchPCPS4
Sebagian besar pemain PC bermain di Java Edition, meskipun tidak jarang beberapa pemain bermain di Bedrock. Karena ada beberapa platform di sini, kami akan memandu Anda melalui masing-masing platform satu per satu.
Xbox One
Pemain di Xbox One akan menggunakan pengontrol yang disertakan. Tombol pause di sebelah kiri tombol XYAB akan memunculkan menu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan obrolan di Xbox One:
Luncurkan Minecraft untuk Xbox One. Buka sesi. Tekan tombol jeda pada pengontrol Xbox One Anda. Buka “Opsi.” Buka “Pengaturan Multiplayer.” Tekan “A” sambil menyorot opsi “Obrolan”.Pastikan tertulis “Tersembunyi.”
Setelah melakukannya, Anda akan sama sekali tidak mengetahui komunikasi teks pemain lain.
iOS dan Android
Minecraft: Bedrock Edition pada perangkat seluler adalah sama terlepas dari sistem operasi ponsel Anda. Oleh karena itu, kami akan mengelompokkan instruksi yang tepat di satu tempat untuk membuat segalanya lebih nyaman. Untuk iOS dan Android, tombol Jeda ada di bagian atas layar, di sebelah kanan tombol obrolan.

Menonaktifkan obrolan di Minecraft di iOS dan Android berjalan seperti ini:
Luncurkan Minecraft di perangkat seluler Anda.Masuk ke dunia multipemain.Ketuk tombol Tombol jeda. Pilih “Pengaturan.” Pilih “Aksesibilitas.” Ketuk “Obrolan: Ditampilkan.” Ketika tertulis “Obrolan: Tersembunyi,” Anda dapat mengetuk “Selesai” dan terus bermain.
Perangkat seluler memungkinkan pengetikan lebih mudah daripada konsol, tetapi jika Anda tidak ingin diganggu, lanjutkan dan sembunyikan jendela obrolan.
Nintendo Switch
Anda menggunakan Pro Controller atau Joy-Cons untuk memainkan Minecraft di Nintendo Switch. Bahkan pada pengontrol pihak ketiga, tombol jeda adalah tombol “+” di dekat kanan. Di Joy-Con kanan, itu adalah “+” besar di dekat bagian atas.

Menonaktifkan obrolan di Nintendo Switch melibatkan langkah-langkah berikut:
Buka Minecraft untuk Nintendo Switch.Mulai permainan.Tekan tombol Jeda pada pengontrol pilihan Anda.Pilih “Opsi ” dari menu Jeda. Pilih “Pengaturan Multiplayer” untuk memunculkan sejumlah opsi. Tekan “A” saat Anda menyorot “Obrolan: Ditampilkan.” Saat tertulis “Obrolan: Tersembunyi,” simpan setelan Anda, dan Anda dapat terus bermain Minecraft.
Bahkan saat bermain Minecraft di mana saja, Anda selalu dapat membungkam keriuhan dan menambang dengan tenang.
PC
Pada PC, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah yang sama seperti di Java Edition. Inilah yang harus dilakukan:
Luncurkan Minecraft: Bedrock Edition untuk PC.Muat salah satu game Anda.Tekan Esc di keyboard Anda.Buka “Pengaturan Obrolan.”Klik “Obrolan: Ditampilkan” sekali di sudut kiri atas.Ubah opsi ke “Obrolan: Tersembunyi.” Pemain Minecraft PS4
PS4 memiliki tombol Mulai tepat di mana tombol Jeda pengontrol Xbox One berada. Menekannya akan memunculkan menu Pause. Jika Anda ingin menyembunyikan jendela obrolan, berikut cara melakukannya:
Muat game Minecraft di PS4 Anda. Tekan tombol Mulai pada pengontrol. Pilih “Pengaturan Multiplayer”. Arahkan kursor ke “Obrolan: Tampil.” Ubah untuk “Obrolan: Tersembunyi.”Keluar dari menu dan lanjutkan bermain.
Petunjuk ini juga berlaku untuk pemain yang menggunakan PS5 untuk memainkan Minecraft.

Cara Menonaktifkan Obrolan di Minecraft Education Edition

Education Edition tersedia di PC dan perangkat seluler. Biasa digunakan di ruang kelas, versi Minecraft ini tidak terlalu berbeda dengan versi game lainnya dalam hal penyesuaian pengaturan.
PC
Untuk PC, ikuti langkah-langkah berikut:
Luncurkan Minecraft: Education Edition untuk PC.Masuk ke ruang kelas.Tekan Esc di keyboard. Pilih “Pengaturan Multiplayer.” Klik “Obrolan: Ditampilkan” sekali di sudut kiri atas. Pastikan opsi menjadi “Obrolan: Tersembunyi.” Keluar dari pengaturan dan terus mainkan. Perangkat Seluler
Siswa dan guru yang menggunakan perangkat seluler dapat menggunakan petunjuk ini sebagai panduan sebagai gantinya:
Buka Minecraft: Edisi Pendidikan di perangkat Anda.Masuk ke sesi apa pun.Ketuk tombol Jeda di layar.Pilih “Pengaturan Multiplayer.”Ketuk “Obrolan: Ditampilkan.”Ketuk hingga Anda melihat “Obrolan: Tersembunyi” dan keluar menu pengaturan.Lanjutkan bermain.
Untuk Edisi Pendidikan, pendidik dapat mematikan obrolan untuk semua orang di kelas. Fitur ini ada di dalam game agar siswa bisa fokus belajar. Namun, opsi ini dinonaktifkan secara default.

Dapatkah Anda Menonaktifkan Obrolan di Server Secara Permanen?

Jika server Anda memiliki plugin khusus, Anda dapat menggunakannya untuk menonaktifkan jendela obrolan sama sekali. Ada banyak plugin untuk Minecraft, dan masing-masing memiliki instruksinya sendiri. Plugin yang sangat baik adalah Chat Disable, tetapi saat ini tidak diperbarui lagi.

Untuk menonaktifkan chat dengan plugin ini, lakukan langkah-langkah di bawah ini:
Install Chat Disable.Luncurkan klien Minecraft AndaMasuk ke server yang memiliki otorisasi untuk diubah.Buka jendela obrolan.Ketik “/disable chat” tanpa tanda kutip.
Plugin lain mungkin memiliki perintah yang melakukan tindakan serupa. Anda dapat mencarinya secara online, karena sebagian besar gratis untuk diunduh dan digunakan di server Anda.

Tidak Berbicara Di Sini

Menonaktifkan obrolan memungkinkan Anda melakukan hal Anda sendiri tanpa diganggu oleh pemain lain. Baik itu preferensi Anda atau Anda orang tua yang lebih suka melarang anak-anak mereka berbicara dengan orang lain secara online, menyembunyikan fitur ini relatif sederhana. Hanya beberapa langkah yang diperlukan untuk membatasi obrolan dan menjelajahi lanskap Minecraft dengan tenang.

Versi Minecraft mana yang Anda mainkan? Apakah Anda bermain di lebih dari satu platform? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: