Cara Menonaktifkan Pintasan Keyboard di Windows atau Mac

Meskipun pintasan keyboard komputer dapat membantu mempercepat alur kerja dan memungkinkan manajemen waktu yang lebih efisien, terkadang pintasan tersebut dapat memperlambat Anda. Ini biasanya terjadi jika mereka bertentangan dengan pintasan khusus aplikasi atau tidak sesuai dengan ergonomi keyboard pilihan Anda. Mari tunjukkan cara menonaktifkan pintasan tradisional di keyboard Anda baik di Mac atau PC

Cara Menonaktifkan Pintasan Keyboard di Windows PC

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa Anda tidak dapat menonaktifkan pintasan keyboard di Windows. Pada kenyataannya, hanya perlu beberapa klik untuk mematikannya. Dengan cara ini, Anda tidak akan pernah secara tidak sengaja membuka menu Start atau meminimalkan jendela ketika Anda hanya ingin menekan Control+Z (Ctrl + Z) untuk membatalkan.

Anda dapat menonaktifkan pintasan ini dengan beberapa cara:

(a) Mengubah Windows Pengaturan Melalui Editor Kebijakan Grup Lokal

Editor Kebijakan Grup Lokal Microsoft adalah alat administratif yang memungkinkan administrator grup untuk menetapkan kebijakan dan menerapkannya pada pengguna di seluruh jaringan tertentu. Ini memungkinkan mereka untuk mengesampingkan pengaturan default Windows dan membuat perubahan pada hal-hal seperti aplikasi startup, keamanan jaringan, atau bahkan ukuran recycle bin.

Yang terpenting, Anda dapat menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal untuk menonaktifkan semua pintasan keyboard di windows. Begini cara melakukannya:
Klik ikon “Cari” di sudut kiri bawah. Ketik “edit kebijakan grup” dan kemudian tekan Enter. Ini akan membuka jendela Editor Kebijakan Grup Lokal. Klik “Konfigurasi Pengguna” dan kemudian pilih “Templat Administratif.” Pilih “Komponen Windows” dari submenu “Templat Administratif”. Klik “File Explorer.” Klik dua kali pada “Matikan Windows Key Hotkeys” di panel sebelah kanan. Ini akan meluncurkan jendela popup di mana Anda dapat mematikan pintasan keyboard. Klik “Diaktifkan,” pilih “Terapkan,” lalu klik “Ok” untuk menyimpan pengaturan baru Anda. Tutup jendela Editor Kebijakan Grup dan reboot Windows untuk mempengaruhi perubahan.
Setelah memulai ulang windows, semua hotkey Windows sekarang tidak akan tersedia.

Meskipun metode ini ditujukan untuk jaringan komputer besar dalam pengaturan perusahaan atau grup, metode ini juga berfungsi sempurna untuk desktop pengguna tunggal. Anda dapat membalikkan perubahan dan mengaktifkan pintasan dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memilih “Dinonaktifkan” atau “Tidak Dikonfigurasi.” Jika dikonfigurasi dengan tidak benar, Editor Kebijakan Grup Lokal dapat menyebabkan perubahan permanen yang mungkin memiliki hasil yang tidak diinginkan saat menggunakan Windows. Misalnya, ini dapat mengakibatkan kesalahan jaringan atau ketidakmampuan untuk menggunakan File Explorer.

(b) Menggunakan Editor Registri

Anda juga dapat menonaktifkan pintasan keyboard dengan mengubah registri. Begini caranya:
Luncurkan kotak Run dengan menekan tombol Windows + R. Ketik “regedit” di bidang teks dan tekan enter. Ini akan membuka Peninjau Suntingan Registri sistem Anda. Temukan kunci berikut di panel sebelah kiri:HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorerKlik kanan pada ruang kosong di panel sebelah kanan, lalu klik “Baru”. Pilih “DWORD NoWinKeys” dari menu tarik-turun. Ganti nama entri. Meskipun Windows akan secara otomatis menyarankan nama untuk entri baru, Anda harus menggunakan nama yang memberi petunjuk tentang entri tersebut. Misalnya, Anda bisa menggunakan “NoKeyShorts” atau “NoWinKeys.” Hal ini dapat membantu nanti ketika Anda ingin membalikkan perubahan yang dibuat. Atur nilai entri yang baru dibuat ke 1.Tutup jendela Registry Editor dan kemudian restart sistem Anda.
Setelah restart, semua pintasan keyboard Windows akan dimatikan. Anda dapat mencoba menjalankan satu atau dua untuk mengkonfirmasi.

Namun, Anda harus selalu berhati-hati saat mengubah registri. Pada dasarnya, ini adalah mesin yang dijalankan Windows, jadi jika terjadi kesalahan, Anda mungkin mendapati diri Anda berada dalam situasi di mana PC Anda bahkan tidak mau memulai.

Cara Menonaktifkan Pintasan Keyboard di Mac

Mimpi terburuk setiap pengguna Mac adalah menggunakan keyboard yang salah pintasan dan secara tidak sengaja menghapus file, kehilangan catatan dari rapat penting, atau sesuatu yang sama-sama membuat frustrasi.

Banyak aplikasi MacOS dilengkapi dengan pintasannya sendiri, yang dapat bertentangan dengan pintasan MacOS tradisional dan membuat kebingungan.

Tetapi seperti di Windows, Mac memungkinkan Anda untuk menonaktifkan pintasan keyboard apa pun yang tidak Anda perlukan. Dan alih-alih hanya mengizinkan Anda untuk menjalankan perubahan “selimut” yang dirancang untuk menonaktifkan semua pintasan sekaligus, MacOS memungkinkan Anda untuk mematikannya satu per satu. Ini dapat memungkinkan Anda untuk menyingkirkan pintasan yang memberi Anda masalah dan menyimpan sisanya untuk mempercepat alur kerja Anda.

 Mari kita lihat cara kerjanya:
Buka “System Preferences” dengan mengeklik logo Apple Anda di sudut kiri atas layar Anda. Pilih “System Preferences.” Pilih “Keyboard” dari daftar di sisi kiri layar Anda. Klik “Pintasan” di daftar pengaturan di bagian atas jendela. Setelah masuk ke “Pintasan”, hapus centang pada kotak di samping setiap pintasan untuk menonaktifkannya.
Jangan Biarkan Pintasan Mengganggu Memperlambat Anda

Apakah ada pintasan yang membuat Anda bermasalah di Windows atau Mac? Sudahkah Anda mencoba menonaktifkannya melalui salah satu metode yang dibahas dalam artikel ini? Kami ingin mengetahuinya.

Anda dipersilakan untuk membagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: