Cara Menonaktifkan Trackpad di MacBook saat Menggunakan Mouse

Jika Anda menggunakan MacBook sebagai pengganti desktop, trackpad akan segera menjadi melelahkan. Ini bagus untuk penggunaan sesekali atau nyaman ketika Anda sedang di jalan, tetapi menggunakannya di rumah dan mouse akan segera membuktikan nilainya. Anda dapat mengatur Mac OS X untuk menonaktifkan trackpad MacBook secara otomatis saat menggunakan mouse. Begini caranya.

Anda hanya perlu melakukan ini sekali saat kami mengonfigurasi Mac OS X untuk menonaktifkan trackpad setiap kali mendeteksi mouse. Ini akan bekerja sama untuk mouse kabel dan nirkabel. Saat saya bekerja dengan trackpad, saya juga akan menunjukkan cara membalikkannya, jika Anda lebih suka bekerja seperti itu.
Menonaktifkan trackpad MacBook saat menggunakan mouse

Sampai sesuatu yang lebih baik muncul, mouse adalah cara terbaik untuk mengontrol komputer mana pun dalam jangka panjang. Habiskan beberapa jam di MacBook Anda dan trackpad akan segera menjadi sangat melelahkan untuk digunakan. Mouse Apple yang bagus nyaman untuk waktu yang lebih lama dan cara kerjanya menurut saya.

Untuk menonaktifkan trackpad MacBook saat menggunakan mouse:
Pilih logo Apple di kiri atas lalu System Preferences.
Pilih Aksesibilitas lalu Mouse & Trackpad.
Centang kotak di samping ‘Abaikan trackpad bawaan saat mouse atau trackpad nirkabel ada’.

Sekarang saat Anda menyambungkan mouse ke MacBook, macOS X akan menonaktifkan trackpad secara otomatis hingga Anda melepas mouse. Mengapa pengaturan ini tidak berada di bawah mouse atau trackpad Saya sekarang tahu tetapi ada itu.

Membalikkan trackpad MacBook

Sejak ‘Natural Scrolling’ diperkenalkan kembali pada hari-hari Lion, saya harus membalikkan trackpad. Saya menggunakan Apple dan Windows dan membiarkan Natural Scrolling diaktifkan berarti saya tidak hanya harus mengganti OS di otak kecil saya, tetapi saya juga harus menggulir ke arah yang berbeda. Pengguna Apple saja mungkin tidak memiliki masalah tetapi teknisi IT seperti saya melakukannya.

Untungnya, Anda dapat membalikkan pengaturan sehingga berfungsi sedikit lebih seperti OS lainnya.

Pilih logo Apple di kiri atas lalu System Preferences.

Pilih Trackpad dan Scroll & Zoom.

Hapus centang pada kotak di samping ‘Arah gulir: alami’ di bagian atas jendela.

Sekarang, saat Anda menggulir ke arah Anda di trackpad, layar akan menggulir ke bawah. Gulir ke luar, layar menggulir ke atas.

Aktifkan Tombol Mouse

Fitur macOS lainnya disebut Tombol Mouse. Kemampuan untuk memindahkan kursor Anda dengan papan angka atau keyboard tanpa trackpad. Ini adalah fitur cadangan yang bagus jika Anda tidak dapat menggunakan trackpad Anda.

Untuk mengaktifkan Mouse Keys, ikuti petunjuk di atas untuk mengakses ‘System Preferences.’ Klik Mouse dan Trackpad lalu klik kotak di bagian atas berlabel ‘Enable Mouse Keys.’

Anda dapat mengklik tombol ‘Option’ untuk mengelola fitur dan menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda. Saat Tombol Mouse diaktifkan, keyboard Anda tidak akan berfungsi untuk teks. Untuk mematikan fungsi dengan cepat, gunakan keyboard untuk mengklik Option, Command, dan F5.

Memecahkan masalah trackpad MacBook

Jika trackpad MacBook Anda tidak berfungsi atau berhenti berfungsi dengan baik karena alasan apa pun, ada beberapa tips pemecahan masalah dasar yang mungkin dapat membuatnya berfungsi kembali.

Reboot Reboot penuh MacBook

A Anda selalu merupakan hal pertama yang saya sarankan lakukan di komputer mana pun untuk memperbaiki kesalahan perangkat lunak. Banyak kesalahan dapat terjadi ketika sistem operasi dimuat dan berjalan dan reboot dapat memperbaiki sebagian besar dari mereka.

Cabut semua mouse yang telah Anda sambungkan, reboot MacBook Anda dan coba lagi. Kemungkinannya adalah jika tidak ada yang rusak, trackpad sekarang akan berfungsi dengan normal.

Periksa pembaruan sistem

Pembaruan sistem juga mencakup pembaruan firmware dan driver yang dapat memperbaiki semua jenis masalah. Jika reboot tidak memperbaiki trackpad, pastikan OS Anda benar-benar mutakhir dan menjalankan driver terbaru.

Buka App Store atau cari notifikasi Pembaruan di desktop. Periksa Pembaruan secara manual jika Anda tidak melihat peringatan.

Periksa pengaturan trackpad

Jika Anda telah membuat salah satu perubahan yang tercantum di atas untuk mematikan trackpad atau menggunakan mouse, pastikan mouse telah dicabut dan/atau matikan pengaturan. Sangat mudah untuk lupa mematikan mouse Bluetooth atau mencabut yang berkabel.

Kunjungi kembali pengaturan di atas dan hapus centang pada kotak di sebelah ‘Abaikan trackpad bawaan saat mouse atau trackpad nirkabel ada’. Uji ulang trackpad dan coba reboot lain untuk berjaga-jaga.

Menghapus Daftar Properti

Menghapus file Daftar Properti adalah langkah terakhir, tetapi jika tidak ada yang berhasil, Anda mungkin tidak punya pilihan. File Daftar Properti adalah kumpulan pengaturan pengguna yang mengontrol cara kerja MacBook Anda. Penyesuaian apa pun yang Anda buat disimpan di sini dan itu termasuk input dan trackpad. Menghapusnya tanpa mencadangkannya akan mengembalikan banyak penyesuaian tersebut ke default, jadi buat cadangannya terlebih dahulu.

Gunakan Time Machine untuk melakukan pencadangan sistem. Kemudian navigasikan ke /Library/Preferences. Hapus file berikut dari folder Preferensi:
apple.AppleMultitouchTrackpad.plistapple.driver.AppleBluetoothMultitouch.trackpad.plistapple.driver.AppleBluetoothMultitouch.mouse.plistapple.driver.AppleHIDMouse.plistapple.preference.trackpad.plist
Setelah dihapus, reboot MacBook Anda dan uji ulang. Jika itu adalah pengaturan yang salah atau kesalahan, trackpad Anda sekarang akan berfungsi normal kembali.

Jika Anda perlu menonaktifkan trackpad MacBook, Anda sekarang tahu caranya. Punya tip atau trik trackpad lain yang harus kami ketahui? Beritahu kami tentang mereka di bawah ini jika Anda melakukannya!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: