Cara Menurunkan Ping Anda

Game online modern membutuhkan banyak sumber daya dari komputer Anda. Namun terkadang, bahkan jika Anda memiliki mesin di atas rata-rata atau spesifikasi teratas, masalah ping masih mungkin terjadi. Ping diukur dalam milidetik (ms) dan mewakili waktu yang berlalu antara saat komputer Anda mengirim paket data ke server dan server menerimanya. 20-30 ms mendekati sempurna. Sayangnya, ada kalanya Anda tidak dapat mencapai ping yang cukup tinggi untuk mengatasi lawan Anda. Jika Anda dapat mengaitkannya, lihat sisa artikel ini untuk mempelajari cara meningkatkan ping Anda.

Cara Menurunkan Ping Anda dan Meningkatkan Permainan Online

Karena ada banyak faktor yang memengaruhi kualitas koneksi Anda ke server game, ada daftar hal-hal Anda dapat melakukannya.
Pastikan untuk mematikan pembaruan apa pun yang mungkin berjalan di latar belakang. Ini adalah kemungkinan besar penyebab ping tinggi, karena mereka akan mengunduh tanpa Anda sadari, menghabiskan bandwidth internet Anda. Misalnya Anda dapat pergi ke Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Opsi Lanjutan, pilih Jeda pembaruan dan tetapkan nilai. Jika Anda menjalankan beberapa aplikasi di latar belakang saat bermain game online, ini juga dapat menggunakan banyak sumber daya perangkat Anda dan menyebabkan masalah koneksi. Praktik terbaik, dalam hal ini, adalah menutup semua aplikasi latar belakang dan mengizinkan komputer atau konsol Anda untuk sepenuhnya mendedikasikan game yang Anda mainkan. Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi, hal pertama yang harus dicoba adalah menyetel ulang router Anda. Selanjutnya, coba pindahkan router dengan harapan perangkat game Anda akan menangkap sinyal yang lebih baik. Terkadang, mungkin ada satu atau dua perangkat di dekatnya yang mengganggu sinyal Wi-Fi. Coba pindahkan perangkat yang mencurigakan ke ruangan lain, hanya untuk memastikan bukan mereka yang menyebabkan masalah. Jika tidak ada yang berhasil, Anda harus menghubungkan perangkat Anda langsung ke router menggunakan kabel Ethernet. Ini akan memberikan koneksi yang jauh lebih sensitif terhadap gangguan luar. Terakhir, periksa persyaratan sistem untuk game yang Anda mainkan. Jika komputer Anda tidak dapat memproses semua informasi tepat waktu, saat itulah kelambatan jaringan mungkin muncul. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk menggunakan pengaturan grafis yang direkomendasikan oleh game secara otomatis. Jika ini tidak menyelesaikan ping tinggi, coba turunkan resolusi layar atau kualitas detail visual.
Jika tidak satu pun dari opsi ini membantu Anda meningkatkan ping secara signifikan, Anda dapat mencoba bermain-main dengan pengaturan game. Karena setiap gim memiliki fitur khusus, beberapa bagian berikutnya akan membahas beberapa gim paling populer saat ini.

Cara Menurunkan Ping Anda di Roblox

Saat bermain Roblox online, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa pengaturan grafis gim. Tergantung pada pengaturan komputer Anda, menurunkan kualitas grafis sedikit mungkin meningkatkan ping.
Hit Escape Anda pada keyboard Anda untuk membuka menu utama.Sekarang, klik Grafik untuk membuka pengaturan yang relevan.Ubah Mode Grafik dari Otomatis ke Manual.Sekarang coba turunkan beberapa opsi yang tersedia dan lihat seberapa baik permainan dimainkan setelah itu.
Setelah Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara tampilan dan kinerja, ping Anda mungkin akan meningkat.

Cara Menurunkan Ping Anda di Fortnite

Jika Anda telah melakukan yang terbaik untuk membuat koneksi ke server game sebaik mungkin, saatnya untuk memeriksa opsi game yang mungkin membantu Anda.
Saat dalam game, tekan tombol Escape di keyboard Anda. Kemudian, klik Pengaturan. Dari menu atas, klik game ikon pengaturan, yang terlihat seperti roda gigi. Di bagian Bahasa dan Wilayah, buka opsi Wilayah Penjodohan. Di sisi kanan layar, Anda akan melihat wilayah yang tersedia yang dapat Anda gunakan. Pilih salah satu dengan latensi terendah – nomor dalam tanda kurung di sebelah nama wilayah. Misalnya, Anda mungkin menemukan sesuatu seperti ini: NA-WEST (52MS). Ini terkait dengan bagian barat wilayah Amerika Utara, yang rata-rata memiliki ping 52 milidetik yang layak.
Setelah Anda beralih ke wilayah dengan ping terendah, cukup keluar dari pengaturan dan lanjutkan bermain game.

Cara Menurunkan Ping Anda di PS4

Untuk meningkatkan ping di SONY PlayStation 4 Anda dengan cepat, lakukan hal berikut:
Di menu beranda, buka Pengaturan.Pilih Jaringan.Pilih Konfigurasi Koneksi Internet.Pilih Wi-Fi atau LAN, tergantung koneksi mana yang sedang Anda gunakan. Untuk menghindari kebingungan, LAN adalah koneksi kabel Ethernet. Pilih router Anda dari daftar dan tekan tombol Option pada pengontrol. Sekarang Anda dapat memeriksa apakah itu bekerja pada frekuensi 5 GHz atau 2,4 GHz. Jika PS4 Anda berada di ruangan yang sama dengan router Anda, pilih 5 GHz. Jika tidak, pilih opsi 2,4 GHz. Sekarang atur beberapa opsi berikutnya seperti ini: Pengaturan IP: AutomaticDNCP Host Name: Jangan tentukan Pengaturan DNS: Manual Langkah selanjutnya adalah mengatur pengaturan DNS. Ini akan tergantung pada lokasi Anda, jadi gunakan parameter berikut sesuai dengan wilayah Anda: Amerika Serikat1. DNS Primer: 8.8.8.82. DNS Sekunder: 8.8.4.4Europe1. DNS Primer: 1.1.1.12. DNS Sekunder: 1.0.0.1 Sekarang simpan pengaturan dan keluar dari menu.
Jika Anda menerapkan pengaturan ini, ping Anda akan meningkat secara signifikan. Jika tidak, lihat bagian pertama artikel ini untuk saran tentang apa yang harus dilakukan.

Cara Menurunkan Ping Anda di Xbox

Setelah Anda mencoba langkah-langkah yang dijelaskan di bagian pertama artikel ini dan Xbox Anda masih mengalami masalah ping, Anda mungkin harus memaksa-reset pengaturan jaringannya. Berikut cara melakukannya:
Buka menu “Pengaturan Jaringan” Xbox.Sekarang, pilih opsi Go offline.Tunggu hingga konsol terputus.Setelah offline, tunggu 20-30 detik.Sekarang, pilih Go online dan tunggu Xbox untuk terhubung kembali.
Ini akan memungkinkan router untuk menetapkan alamat IP baru ke konsol Anda, memungkinkannya untuk mencapai ping yang lebih rendah.

Cara Menurunkan Ping Anda di PC

Karena sebagian besar saran dari bagian pertama artikel ini juga terkait dengan PC , Anda harus mencoba semuanya terlebih dahulu. Jika mereka tidak membantu, inilah hal lain yang dapat Anda coba.

Karena komputer Anda mungkin menggunakan semacam firewall atau antivirus atau bahkan keduanya, sebaiknya tambahkan game online Anda ke daftar putih mereka. Berkat ini, firewall dan/atau antivirus akan memperlakukan komunikasi antara game dan servernya sebagai lalu lintas biasa. Ini akan mengurangi jumlah pemindaian keamanan, sehingga mencegah kemungkinan penurunan kecepatan koneksi yang menyebabkan ping tinggi.

Cara Menurunkan Ping Anda di Valorant

Jika Anda mengalami ping tinggi di Valorant, tidak banyak yang dapat Anda lakukan selain itu dari langkah-langkah yang dapat Anda temukan di bagian di atas. Telusuri masing-masing dari mereka, terutama berfokus pada koneksi ke server yang secara geografis paling dekat dengan Anda.

Cara Menurunkan Ping Anda di Minecraft

Untuk mengatasi kelambatan dalam sesi Minecraft yang berasal dari ping tinggi, coba kurangi pengaturan grafis dalam game secara signifikan. Jika ping tinggi terus berlanjut, Anda akan tahu bahwa bukan pengaturan game yang menyebabkan hal ini.
Saat dalam permainan, buka menu utama pilih Opsi, dan buka Pengaturan Video. Atur Grafik ke Cepat. Kemudian, matikan Pencahayaan Halus .Kurangi Jarak Render secara signifikan.Tetapkan Max Framerate menjadi 60 fps.
Jika game tidak lag lagi, Anda dapat kembali ke pengaturan video dan mulai meningkatkan beberapa opsi hingga Anda menemukan keseimbangan yang tepat.

FAQ Tambahan
Apa Artinya Menurunkan Ping?

Menurunkan ping berarti membangun kualitas koneksi yang lebih baik antara komputer Anda dan server game yang Anda gunakan.
Bagaimana Cara Mengurangi Ping Saya?

Ketika berbicara tentang mengurangi ping, ini juga berarti Anda mencoba meningkatkan kecepatan koneksi. Seperti disebutkan di atas, Anda dapat mengurangi ping dengan berbagai cara. Jika menggunakan Wi-Fi, coba pindahkan router Anda atau sambungkan ke komputer Anda menggunakan kabel Ethernet. Selain itu, pastikan untuk terhubung ke server yang didedikasikan untuk wilayah Anda atau server yang secara geografis berdekatan.
Mengapa Ping Saya Begitu Tinggi?

Mungkin ada banyak alasan untuk ini, dengan yang paling umum termasuk penerimaan Wi-Fi yang buruk, jaringan gangguan dari perangkat terdekat, atau menyambung ke server yang jauh dari Anda. Selain itu, pengaturan grafis game mungkin terlalu tinggi, menyebabkan game kadang-kadang lag.
Apakah Ping Tinggi Lebih Baik Daripada Ping Rendah?

Tidak, tidak. Ping yang lebih tinggi menunjukkan kepada Anda berapa banyak waktu yang diperlukan komputer Anda untuk mengirim sinyal ke server. Jika dibutuhkan lebih lama dari yang seharusnya, Anda akan memiliki nilai ping yang lebih tinggi. Anda ingin membuatnya serendah mungkin, artinya hampir tidak ada latensi dalam komunikasi antara komputer Anda dan server.

Menjaga Ping Anda Tetap Turun

Mudah-mudahan, sekarang Anda tahu cara menurunkan ping saat bermain video game. Entah itu masalah dengan pengaturan jaringan Anda atau sesuatu yang spesifik untuk game yang Anda mainkan, kemungkinan Anda akan berhasil menyelesaikan masalah tersebut.

Perlu diingat bahwa sebagian besar waktu, masalah ping berasal dari koneksi jaringan yang buruk, ketimbang permainan itu sendiri. Dan terkadang, kesalahan tidak ada di pihak Anda sama sekali – server tempat Anda berada mungkin mengalami masalah pada saat itu.

Apakah Anda berhasil menurunkan ping? Game mana yang paling sering mengalami masalah ping? Silakan bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: