Cara Menyematkan Google Sheet di Notion

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Banyak tim dan pekerja lepas bergantung pada Notion untuk kolaborasi, produktivitas, dan manajemen tugas. Ini adalah salah satu aplikasi ruang kerja all-in-one terbaik dengan banyak opsi penyesuaian fitur.

Salah satu aspek yang paling berguna dari Notion adalah memungkinkan pengguna untuk menyematkan berbagai file dan tautan, termasuk spreadsheet. Jika tugas sehari-hari Anda memerlukan peninjauan dokumen Google Sheet, menyematkannya di Notion sangat praktis. Anda dapat melakukannya di komputer Anda serta aplikasi seluler Notion.

Namun, ada beberapa batasan untuk memiliki Google Sheet yang disematkan di Notion. Dalam artikel ini, kami akan menyarankan solusi solusi yang efektif untuk dipertimbangkan.

Cara Menyematkan Google Sheet di Notion Dari PC

Untuk sebagian besar pengguna, Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari Notion jika Anda menggunakan versi web dari aplikasi produktivitas ini. Antarmukanya mudah digunakan, dan ada banyak video instruksional untuk dilihat jika Anda seorang pemula Notion.

Jika tujuan utama Anda adalah menyematkan dokumen Google Sheet, langkah pertama adalah memastikan akun Google Drive Anda terhubung ke Notion . Jika tidak, memiliki spreadsheet yang tersedia di ruang kerja Notion tidak akan mungkin.

Proses menautkan Google Drive dan Notion cukup sederhana, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah berikut:
Masuk ke akun Notion Anda.Di sebelah kiri- menu samping, pilih “Pengaturan & Anggota.” Sekarang, klik “Aplikasi saya yang terhubung” dan lanjutkan untuk terhubung ke Google Drive. Klik di luar jendela, dan perubahan akan segera diterapkan.
Anda dapat terhubung ke lebih dari satu akun Google Drive jika kamu ingin. Anda juga memiliki opsi untuk menautkan ke Evernote, Asana, dan Trello jika Anda menggunakan aplikasi ini.

Setelah Anda menghubungkan Google Drive ke Notion, langkah kedua dan terakhir dapat dilakukan dengan dua cara berbeda. Kami akan menjelaskan keduanya.

Metode 1 – Gunakan Fitur yang Ditunjuk

Memiliki akses cepat dan mudah ke dokumen yang paling sering Anda gunakan meningkatkan efisiensi. Oleh karena itu, Notion telah mempermudah penyematan Google Sheet atau file Google Documents lainnya. Begini cara kerjanya:
Masuk ke akun Notion Anda dan buka halaman tempat Anda ingin menyematkan file Google Sheet. Atau mulai halaman baru dengan mengklik “+ Tambahkan halaman” dari menu utama. Ketik garis miring “/” untuk melihat menu drop-down dari perintah yang tersedia di Notion. Gulir ke bawah ke bagian “Embeds”. Pilih “Google Menyetir.” Ini adalah pilihan kedua. Anda akan memiliki opsi untuk memilih antara menyematkan tautan ke dokumen Google Sheet dan mengunggah file. Jika Anda memilih “Jelajahi Google Drive,” klik akun Google Drive Anda. Pilih dokumen Google Sheet dan klik “Pilih.”
File akan segera disematkan ke halaman Notion. Anda akan memiliki tampilan penuh dari dokumen tersebut. Tetapi jika Anda ingin mengedit atau melihat detail yang mungkin tidak terlihat, Anda harus mengklik file yang disematkan.

Ini akan membuka tab lain di browser Anda dan memberi Anda akses ke dokumen Google Sheet. Pada dasarnya, penyematan Google Sheet hanya untuk tampilan cepat, bukan untuk pengeditan.

Selanjutnya, jika Anda membuat perubahan di dokumen Google Sheet, perubahan itu tidak akan muncul di file yang disematkan. Anda harus menyematkannya kembali untuk melihat perubahan pada Notion.

Metode 2 – Solusinya

Meskipun Notion memungkinkan penyematan Google Spreadsheet dengan cepat dan mudah, wajar untuk mengatakan bahwa fitur tersebut masih agak kurang.

Jika Anda perlu mengerjakan spreadsheet setiap hari, Anda tidak akan memiliki akses langsung ke pengeditan dan fitur lain di dalam dokumen.

Kabar baiknya adalah ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menggunakan spreadsheet tersemat seperti itu. Ini membutuhkan beberapa langkah lagi daripada metode pertama, tetapi hasilnya memuaskan. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Masuk ke akun Notion Anda dan tekan simbol “/” pada keyboard Anda. Gulir ke bagian “Embeds” di menu drop-down. Pilih opsi pertama bernama “Embed.” Sebuah jendela kecil akan muncul di halaman Gagasan Anda. Anda dapat memilih tab “Sematkan tautan” atau “Unggah”. Jika Anda telah menginstal Google Drive di komputer, Anda dapat mengunggah file Google Sheet. Jika Anda ingin menggunakan tautan, salin tautan dari Google Spreadsheet dan tempel. Kemudian klik tombol “Sematkan tautan”.
Google Sheet akan muncul di halaman Notion. Ini mungkin tampak sedikit aneh tertanam pada awalnya. Anda akan melihat gambar profil akun Google Anda dan seluruh bilah navigasi Google Spreadsheet, tetapi tidak banyak lagi.

Di sinilah Anda perlu menggunakan kursor untuk memperluas spreadsheet. Anda dapat memindahkannya ke segala arah di seluruh halaman Notion untuk memastikannya sesuai dengan keinginan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengedit dan menyesuaikan spreadsheet secara langsung dan melihat perubahan yang diterapkan secara otomatis di Google Drive. Ini adalah cara yang lebih baik untuk menyematkan Google Doc jika tujuan utama Anda adalah untuk sering mengeditnya.

Cara Menyematkan Google Sheet di Notion Dari iPhone

Beberapa orang lebih suka menggunakan Notion di ponsel cerdas mereka. Aplikasi seluler memudahkan Anda untuk selalu mengetahui segalanya jika Anda sedang bepergian.

Jika Anda pengguna iPhone, pastikan selalu memiliki aplikasi Notion versi terbaru untuk efisiensi maksimum.

Untuk menyematkan dokumen Google Sheet , Anda juga harus memiliki aplikasi Google Spreadsheet di iPhone. Setelah selesai, berikut cara menyematkan dokumen Google Sheet ke Notion di perangkat iOS:
Buka aplikasi Google Sheets dan buka spreadsheet yang ingin Anda sematkan. Ketuk tombol menu di pojok kanan atas. Pilih “Bagikan & Ekspor. ”Ketuk “Salin tautan.”
Jika Anda telah menyalin tautan ke dokumen Google Sheet, lakukan hal berikut:
Luncurkan Notion di iPhone Anda.Tambahkan halaman baru dengan mengetuk tombol menu di sudut kiri atas. Atau buka halaman yang ada dari ruang kerja Anda. Ketuk di mana saja pada halaman, dan dari menu geser, pilih simbol “+”. Ini akan membuka menu lain, dan Anda harus menggulir ke bagian “Sematkan”. Pilih “Google Drive” dari daftar. Tempel tautan dokumen Google Sheet dan ketuk “Sematkan File Google Drive”.
Anda akan melihat Google Sheets yang disematkan di halaman Gagasan segera. Ingatlah bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk menyematkan file Google Sheet di Notion.

Solusi solusi yang tersedia di PC tidak berfungsi di aplikasi seluler. Untuk mengedit dokumen Google Sheet, Anda harus mengetuk file yang disematkan dan mengeditnya di aplikasi seluler Google Sheet.

Setiap perubahan yang Anda buat di aplikasi Google Sheets tidak akan tercermin dalam dokumen yang disematkan di Notion. Anda perlu menyematkannya kembali untuk memastikan semua pengeditan disertakan.

Cara Menyematkan Google Sheet di Notion Dari Ponsel Android

Pengguna Android juga memiliki opsi untuk menyematkan spreadsheet ke dalam aplikasi Notion. Untuk mendapatkan versi terbaru aplikasi seluler Notion ke Android, buka Google Play store dan unduh ke perangkat Anda.

Juga, pastikan untuk menginstal aplikasi Google Spreadsheet di ponsel cerdas Anda. Jika Anda perlu memiliki dokumen Google Sheet tertentu di Notion untuk tampilan cepat, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti.
Luncurkan aplikasi Google Sheets dan buka dokumen yang ingin Anda tambahkan ke Notion.Buka menu utama di kanan atas sudut layar. Dari daftar drop-down, pilih “Bagikan & ekspor.” Ketuk “Salin tautan.”
Itu adalah bagian pertama dari proses. Untuk melanjutkan, inilah yang harus dilakukan selanjutnya:
Buka aplikasi Notion dan halaman tempat Anda ingin menyematkan file Google Sheets. Ketuk di mana saja pada layar, dan ketika menu muncul, pilih simbol “+”. Temukan “Embeds” ” dan ketuk “Google Drive.” Tempel tautan Google Spreadsheet dan ketuk “Sematkan file Google Drive.”
Hanya itu yang ada di sana. Anda akan melihat spreadsheet yang disematkan di halaman Notion secara instan. Sekali lagi, untuk mengedit dokumen, Anda harus mengetuk tautan yang disematkan dan membuat perubahan di aplikasi seluler Google Sheets.

Selain itu, perlu diingat bahwa Anda harus menghubungkan Google Drive ke akun Notion Anda terlebih dahulu, yang hanya dapat dilakukan melalui versi web Notion.

Mastering Notion dan Google Sheets

Ruang kerja Notion Anda dapat berupa apa saja yang Anda inginkan. Anda dapat membuat database, menambahkan file audio dan video, serta menyematkan Tweet, PDF, dan dokumen Google. Saat Anda membutuhkan akses cepat ke spreadsheet tertentu, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik opsi penyematan Google Drive dari daftar perintah di halaman Notion.

Proses ini tersedia di PC dan aplikasi seluler. Namun, untuk membuat perubahan pada file, Anda harus membuka Google Spreadsheet – Anda tidak dapat melakukannya di Notion – dan menyematkan kembali file.

. Namun, pengguna PC memiliki solusi solusi untuk dicoba jika mereka tertarik untuk dapat melakukan pengeditan di Notion. Secara keseluruhan, memiliki file Google Sheets yang disematkan di Notion bekerja dengan baik dan membutuhkan sedikit usaha.

Mengapa memiliki Google Sheets di Notion berguna bagi Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: