Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Perangkat
Android menawarkan begitu banyak opsi yang dapat disesuaikan sehingga merupakan sistem operasi pilihan bagi ribuan pengguna ponsel cerdas dan tablet. Dari opsi yang dapat disesuaikan tersebut adalah menyembunyikan aplikasi.

Setelah aplikasi diunduh, itu akan segera menjadi bagian dari layar beranda atau jatuh di antara kebanyakan aplikasi yang telah Anda unduh di bagian ponsel Anda yang dikenal sebagai laci aplikasi.

Jika Anda Jika Anda mencoba mengatur aplikasi Anda atau hanya menyembunyikan aplikasi tertentu, ada banyak opsi bagi Anda untuk melakukannya di perangkat Android.

(Apakah Anda ingin mempelajari tentang menyembunyikan aplikasi di iPhone? Kami siap membantu Anda!)
Mencopot pemasangan dan Menonaktifkan Aplikasi yang Tidak Anda Butuhkan

Ada beberapa aplikasi, yang disebut Bloatware, yang sudah dimuat sebelumnya di ponsel Anda. Sekilas, tidak ada cara untuk menyembunyikan atau menghapus aplikasi ini. Untungnya, Anda dapat membersihkan laci aplikasi dan layar beranda Anda. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan semua itu di bagian ini.
Aplikasi yang Dimuat Sebelumnya

Ponsel pintar Android sering kali dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang dimuat sebelumnya. Banyak dari ini yang tidak dapat Anda hapus sepenuhnya dari telepon. Anda dapat “Nonaktifkan” aplikasi ini dari pengaturan telepon Anda. Ini berarti mereka tidak akan lagi berjalan di latar belakang dan muncul di layar beranda.

Untuk melakukannya:
Buka Pengaturan ponsel Anda (Ikon roda gigi yang terletak di sudut kanan atas layar setelah menarik ke bawah dari atas atau dengan aplikasi lain di perangkat Anda). Gulir ke bawah hingga Anda melihat Aplikasi atau Manajer Aplikasi (ini tergantung pada model & versi perangkat lunak).Ketuk aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan (hati-hati, beberapa aplikasi sistem sangat penting untuk pengoperasian perangkat Anda, menonaktifkannya dapat menyebabkan malfungsi perangkat lunak).Ketuk “Nonaktifkan”.Jika Anda tidak sengaja menonaktifkan aplikasi atau pemberitahuan malfungsi setelah menyelesaikan proses, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang tercantum di atas dan klik “Aktifkan” atau “Aktifkan.” Ini akan menghidupkan kembali aplikasi di ponsel Anda.
Opsi lain untuk menonaktifkan aplikasi adalah langsung ke ikon di halaman beranda atau folder aplikasi. Tahan jari Anda di aplikasi, dan opsi akan muncul; di antaranya adalah “nonaktifkan”, ketuk itu untuk menyelesaikan proses.
Mencopot Pemasangan Aplikasi

Banyak aplikasi memberi Anda opsi untuk menghapusnya dari perangkat Anda sepenuhnya. Ini mudah dikenali karena opsi untuk “Copot pemasangan” akan muncul saat melakukan salah satu langkah yang tercantum di atas.

Cara termudah untuk mencopot pemasangan aplikasi di perangkat Android Anda adalah dengan membuka Play Store. Begini caranya:
Buka Google Play Store dan ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas. Versi yang lebih lama memiliki menu tiga garis horizontal di sudut kanan. Ketuk Kelola aplikasi & perangkat. Ketuk Kelola di bagian atas halaman ini. Gulir daftar dan ketuk kotak kosong di sebelah aplikasi apa pun yang tidak lagi Anda gunakan. Kemudian, ketuk ikon tempat sampah di sudut kanan atas.
Tentu saja, Anda juga dapat menekan lama aplikasi apa pun di layar beranda atau laci aplikasi untuk menghapusnya juga. Mengetuk “Copot pemasangan” akan menghapus aplikasi, dan Anda harus membuka PlayStore untuk mengunduhnya lagi jika Anda membutuhkannya.
Gunakan Peluncur Pihak Ketiga untuk Menyembunyikan

Ada aplikasi berguna di Google Play Store untuk menyembunyikan aplikasi yang Anda inginkan tetap di ponsel Anda tetapi tidak ingin muncul dengan aplikasi Anda yang lain.

Mengunduh Peluncur mengubah tata letak dan antarmuka layar beranda Anda. Peluncur adalah cara lain untuk menyesuaikan telepon Anda. Misalnya, Nova Launcher ditemukan di Google Play Store, dan setelah diunduh, ini akan memungkinkan Anda untuk menyembunyikan aplikasi daripada layar beranda sistem standar dengan lebih baik.

Setelah diunduh, Anda harus membuka Nova Launcher di Pengaturan dan mengatur Nova sebagai Layar Beranda sistem Anda. Menyembunyikan aplikasi dengan peluncur ini adalah fitur Perdana, artinya akan dikenakan biaya $4,99 untuk menyembunyikan ikon di laci aplikasi pada saat penulisan ini.

Peluncur ini memungkinkan Anda untuk mengedit nama aplikasi secara gratis. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang peluncur, kami siap membantu Anda.

Meskipun sebagian besar peluncur dari Play Store memiliki kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Jika Anda menggunakan sesuatu seperti Apex atau Action Launcher 3, Anda akan ingin memeriksa di dalam pengaturan peluncur Anda untuk melihat apakah ada cara untuk menyembunyikan aplikasi dari laci aplikasi.

Untuk menyembunyikan aplikasi di Peluncur, ikuti langkah-langkah berikut:
Temukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, lalu ketuk dan tahanSeret ikon ke ikon “Edit” di sudut kanan atas layar berandaSebuah pop-up akan muncul dengan berbagai opsiHapus centang pengaturan “Aplikasi”
Untuk menggunakan aplikasi tersembunyi Anda, cari untuk itu dengan nama di laci aplikasi.

Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi dengan masuk ke tampilan pengaturan Nova, mengetuk opsi “Laci aplikasi dan widget”, dan menggulir ke bagian bawah menu untuk menemukan “Sembunyikan aplikasi” di bawah Kategori “Grup laci”.

Di dalam menu “Aplikasi Tersembunyi”, Anda dapat memeriksa setiap dan semua aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari laci Nova.

Perhatikan saat mengunduh dan menggunakan peluncur sebagai layar beranda default, hal lain dapat berubah seperti dengan baik. Beberapa peluncur adalah babi baterai, sementara yang lain akan mengirim spam ke ponsel Anda dengan iklan. Sebelum mengunduh sesuatu seperti ini, pastikan untuk membaca ulasan Google Play.

Metode Lainnya

Ada lebih banyak cara untuk melindungi aplikasi dan privasi Anda. Android adalah salah satu sistem operasi yang paling dapat disesuaikan, artinya Anda dapat menyembunyikan aplikasi dengan cara apa pun yang Anda inginkan.

Membuat Folder

Salah satu cara paling sederhana untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan memasukkannya ke dalam folder. Dari laci aplikasi Anda, ketuk dan tahan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Seret ke aplikasi lain, dan itu akan secara otomatis membuat folder. Anda dapat menyesuaikan nama dan penempatan folder ini setelah dibuat.

Aplikasi Pihak Ketiga

Ada sejumlah aplikasi di Play Store yang menjanjikan untuk dapat menyembunyikan aplikasi dari perangkat Anda, tetapi sebagian besar juga tidak berfungsi atau memerlukan akses root di ponsel Anda—dan jika Anda tidak di-root, lebih mudah memasang peluncur pihak ketiga untuk melakukan hal yang sama. ponsel Anda, setidaknya dapat memasukkan kata sandi pada aplikasi tertentu di ponsel Anda untuk melindungi pengguna tak dikenal dari mengakses aplikasi. sidik jari Anda untuk membuka kunci aplikasi apa pun yang Anda anggap layak untuk dilindungi.
***

Sayangnya, sulit untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Anda selain menggunakan peluncur pihak ketiga tanpa langsung menonaktifkan atau mencopotnya.

Tapi aplikasi yang melindungi kata sandi dari penyusup s adalah jalan tengah yang baik, meskipun tidak langsung menyembunyikan aplikasi Anda, akan cukup mengamankan aplikasi pribadi Anda sehingga anggota keluarga, anak-anak, atau penyusup tidak dapat mengakses data Anda tanpa izin Anda.

Sebelum mengunduh peluncur atau aplikasi apa pun di perangkat android Anda, penting untuk membaca ulasan. Beberapa peluncur dan aplikasi mempersulit interaksi dengan layar beranda Anda, sementara beberapa telah menambahkan pop-up.

Pertanyaan Umum

Kami telah membahas banyak informasi dalam artikel ini, tetapi selalu ada ruang untuk lebih banyak lagi. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan, inilah bagian di mana kami telah menjawab pertanyaan yang paling sering diajukan.
Bagaimana jika saya tidak dapat menemukan aplikasi yang ada di Android saya?

Terkadang, aplikasi sangat sulit ditemukan di laci aplikasi. Anda dapat menggesek untuk mengakses semua aplikasi Anda dan mengetikkan nama di bilah pencarian. Setelah muncul, tekan lama di hasil pencarian dan ketuk ‘Temukan Aplikasi’. Ini akan membawa Anda langsung ke sana.

Bagaimana cara mengatur aplikasi saya?

Mengatur aplikasi itu sederhana; Anda dapat menekan lama dan memindahkannya ke halaman di laci aplikasi yang Anda inginkan. Anda dapat menambahkan aplikasi ke layar beranda atau menghapusnya berdasarkan kebutuhan Anda. Kode warna aplikasi Anda adalah cara yang bagus untuk menjaga semuanya tetap teratur, dan terlihat sangat rapi.

Mengapa saya mendapatkan iklan di ponsel saya?

Seperti yang disebutkan di atas, beberapa aplikasi (biasanya aplikasi dan peluncur utilitas pihak ketiga) akan mengirim spam ke ponsel Anda iklan. Ikuti langkah-langkah di atas untuk menonaktifkan aplikasi untuk menemukan dan menghapus aditif penyebab masalah. Anda dapat menggunakan mode aman untuk mempersempit sumber masalah Anda.

 

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: