Cara Menyembunyikan Pesan Teks Di Perangkat Android Anda

Pesan
Text sebagai bentuk komunikasi seringkali dapat berisi konten dan informasi sensitif. Karena ponsel Android telah berevolusi dari waktu ke waktu, pesan teks menjadi lebih rentan terhadap pengintaian. Teks Anda mungkin muncul di layar kunci atau di menu tarik-turun.

Untungnya, ada banyak cara untuk menyembunyikan pesan teks di ponsel Android Anda, dan kami akan membahasnya di artikel ini. Baik Anda ingin menyembunyikan notifikasi teks atau menyembunyikan teks menggunakan aplikasi pihak ketiga, kami siap membantu Anda.

Cara Menyembunyikan Notifikasi Teks

Salah satu masalah umum dengan pesan teks dan privasi saat ini adalah orang lain dapat melihat siapa yang mengirimi Anda SMS dan isi pesan. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengontrol privasi Anda. Di bagian ini, kami akan mengajari Anda cara menyesuaikan notifikasi teks, menyembunyikan teks secara efektif dari pengintaian.

Penting untuk diingat bahwa Android adalah sistem operasi yang populer, dan karena alasan inilah Anda melihatnya di berbagai perangkat produsen. Di bagian ini, kami akan mengajari Anda cara mencegah teks Anda muncul sebagai notifikasi. Namun, petunjuknya mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat Android yang Anda miliki.
Mematikan Notifikasi Teks

Pertama, mari kita tinjau cara mematikan notifikasi teks secara keseluruhan. Jika Anda ingin menerima SMS tanpa memberi tahu siapa pun, lakukan ini:
Buka Pengaturan di perangkat Android Anda dan ketuk Notifikasi. Ketuk opsi untuk melihat semua aplikasi di perangkat Anda. Gulir ke bawah ke aplikasi perpesanan dan matikan notifikasi .
Mengikuti langkah-langkah ini berarti Anda tidak akan menerima pemberitahuan bahwa Anda telah menerima SMS. Itu mungkin sedikit ekstrem untuk beberapa pengguna, jadi kami memiliki lebih banyak opsi untuk merahasiakan teks Anda.
Cara Menyembunyikan Teks di Layar Terkunci

Salah satu tambahan baru pada sistem operasi Android adalah kemampuan untuk melihat pesan teks di layar kunci. Fitur ini memudahkan untuk meninjau konten yang dikirimkan seseorang kepada Anda dengan cepat tanpa harus membuka kunci layar Anda. Sayangnya, itu membuatnya sangat mudah bagi pengintai untuk membaca pesan Anda juga.

Jika Anda ingin menyembunyikan teks dari layar beranda, berikut yang harus dilakukan:
Buka aplikasi Perpesanan di ponsel Anda. Kemudian, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk mengakses menu Pengaturan. Ketuk Notifikasi. Ketuk Pengaturan notifikasi dalam aplikasi. Alihkan sakelar di sebelah Pratinjau pesan baru sehingga mati. Melakukan hal ini akan menonaktifkan semua pesan pop-up sehingga tidak ada yang dapat melihatnya.
Sekarang, pesan teks baru Anda tidak akan ditampilkan di layar utama atau layar kunci ponsel Anda. Anda masih akan menerima pemberitahuan yang memberi tahu Anda bahwa pesan teks telah tiba, tetapi konten tidak akan ditampilkan untuk dilihat semua orang.

Catatan: Seperti yang kami sebutkan di atas, langkah-langkahnya dapat bervariasi tergantung pada pabrikan ponsel Anda. Jika Anda mengalami masalah, gunakan fungsi pencarian di pengaturan ponsel Anda untuk menemukan pratinjau pesan dengan cepat.
Cara Menyembunyikan Notifikasi Pesan untuk Satu Kontak

Fitur berguna lainnya yang dapat menyembunyikan pesan adalah kemampuan untuk membungkam teks hanya satu orang. Meskipun fitur ini dirancang untuk memberi Anda ketenangan dari kontak yang mengganggu, Anda juga dapat menggunakannya untuk menyembunyikan pemberitahuan jika orang tersebut mengirimi Anda pesan ketika Anda ingin orang lain tidak mengetahuinya.

Berikut cara menyembunyikan teks yang masuk dari satu pengguna:
Buka aplikasi Perpesanan Anda dan navigasikan ke kontak yang ingin Anda diamkan. Kemudian, tekan lama pada ikon kontak di aplikasi SMS. Selanjutnya, ketuk bel notifikasi di menu pop-up.
Sekarang, setiap kali pengguna mengirimi Anda teks, tidak ada pemberitahuan atau peringatan yang akan muncul. Namun, pesan baru akan tetap tersedia untuk dibaca di aplikasi perpesanan.

Sembunyikan Pesan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terkadang kita memerlukan sedikit bantuan lebih dari yang dapat disediakan oleh sistem operasi asli. Di sinilah aplikasi pihak ketiga berguna. Aplikasi yang akan kami jelajahi dalam artikel ini akan membantu Anda menyembunyikan pesan teks Anda. Mari kita mulai.
Message Locker – SMS Lock

Message Locker mengambil pendekatan berbeda dengan aplikasi lain yang disebutkan di sini. Ini bukan hanya aplikasi SMS mandiri; pesan Locker mendeteksi semua aplikasi perpesanan di komputer Anda dan memungkinkan Anda untuk menguncinya.

Anda akan diminta untuk menyiapkan pin baru segera setelah memulai aplikasi untuk pertama kalinya. Ini diperlukan untuk melindungi aplikasi Anda.

Satu langkah lagi perlu dilakukan sebelum Anda dapat mulai mengunci aplikasi perpesanan Anda. Anda harus memberikan akses penggunaan Pengunci Pesan seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah ini.

Go SMS Pro

Go SMS Pro bukan hanya alat yang berharga untuk menyembunyikan pesan teks sensitif; ini adalah periode aplikasi SMS yang hebat.

Di permukaan, itu benar-benar terlihat seperti hanya aplikasi SMS tanpa indikasi langsung bahwa ada sesuatu yang istimewa tentang aplikasi.

Tetapi jika Anda membuka tab di sebelah kanan layar aplikasi, Anda akan dapat mengakses apa yang disebut Kotak Pribadi.

Pada saat pertama kali membuka Kotak Pribadi, Anda harus mengatur kata sandi untuk mencegah mata-mata yang tidak terduga. Anda harus melalui proses biasa menambahkan kontak ke daftar pribadi Anda, dan pesan apa pun dari mereka akan dikirim ke Kotak Pribadi.

Anda juga akan menemukan pemblokir SMS bawaan sebagai fitur yang berguna. Ini secara otomatis menyaring spam pesan teks.
Vault

Vault adalah aplikasi keamanan yang selain melindungi pesan teks Anda dari pengintaian, juga dapat melindungi foto, video, aplikasi, dan bookmark Anda.

Untuk menyembunyikan pesan teks Anda, Anda harus memilih SMS dan Contacts.

Dari sana, Anda dapat menambahkan kontak yang pesan teksnya ingin Anda lindungi.

Kontak yang telah ditambahkan ke daftar pribadi Anda juga akan menyembunyikan log panggilannya di dalam Vault.

Final Thoughts

Aplikasi yang disebutkan di atas semuanya efektif untuk menyembunyikan sensitif Anda pesan teks. Message Locker mengunci semua aplikasi perpesanan Anda, seperti Whatsapp, yang sangat bagus, sementara Go SMS Pro menyembunyikan pesan pribadi di dalam aplikasi SMS yang disatukan dengan baik.

Akhirnya, Vault memungkinkan penguncian aplikasi, pesan teks, gambar, video, dan bookmark, umumnya mengambil pendekatan yang mencakup semua sebagai aplikasi privasi lengkap.

Jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan atau pemikiran di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: